32 C
Padang
Selasa, Mei 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

130 Siswa SMP Se Limapuluh Kota Ikuti Kemah Budaya di Balubuih
1

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,– Sebanyak 130 siswa utusan dari masing masing SMP yang ada di Limapuluh Kota ikuti kemah budaya di Komplek Menhir Balubuih Nagari Sungai Talang kecamatan Guguak. Kegitan kemah budaya ini diadakan selama dua hari dari tanggal 7 sampai 8 November 2023.

Kegiatan yang diadakan Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Limapuluh Kota melalui bidang kebudayan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para siswa tentang situs cagar budaya. Sekaligus juga melatih para siswa untuk bisa beradaptasi dengan masyarakat.

Kegiatan kemah budaya ini diisi dengan pemberian materi tentang cagar budaya dengan narasumbar dari Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah III Sumbar.

Juga ada penampilan Warisan Budaya Tak benda Indonesia yaitu Sijobang. Pemutaran film edukasi, Penampilan Randai Saedar Janelah dari Jorong Balubuih.

Juga diadakan lomba menulis salah satu cagar budaya yang ada di Limapuluh Kota. Pada kegiatan tersebut juga diadakan permainan tradisional engrang dan Lomba Pidato berbahasa Minang. Tidak lupa juga diadakan kegiatan gotong royong di area menhir Batu Palano dan Masjid yang ada dekat lokasi kemah budaya tersebut.

Wakapolsek Guguk Ipda Hendi SH sangat menyambut positif kegiatan kemah budaya tersebut. Kegiatan ini sangat penting untuk melatih para siswa mengenal situs sejarah dan beradaptasi sosial ditengah masyarakat. Kata Ipda Hendi saat membuka kemah budaya tersebut.

Sementara itu Deni Davit, Wali Nagari Sungai Talang sangat berterima kasih atas dipilihnya nagari mereka sebagai lokasi kemah budaya ini. Ini suatu pernghargaan bagi kami masyarakat Nagari Sungai Talang, Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan kedepan terus ada kegiatan seperti ini. Kata Deni Davit.

Kadis Pendidikan dan kebudayaan Limapuluh Kota melalui Kabid Kebudayaan Drs M.Yusuf Lubis kepada media ini usai kegiatan mengucapkan terima kasih kepada segala pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan kemah budaya tersebut. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan bagi peserta, Ujar Bang Lubis Panggilan akrab kabid ini sama awak media.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img