Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Usai perhelatan ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XV 2018 tepatnya di Kabupaten Padang Pariaman, beberapa waktu yang lalu. Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota menyerahkan bonus kepada para atlet, official dan pelatih Porprov XV Kontingen Limapuluh Kota yang telah berjuang membawa nama Kabupaten Limapuluh Kota pada ajang olahraga dua tahunan tersebut.

Penyerahan bonus tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Limapuluh Kota, H.Irfendi Arbi didampingi oleh unsur Forkopimda Limapuluh Kota, diaula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, baru-baru ini.

Dalam sambutannya, Bupati Irfendi mengatakan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota sangat bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya perjuangan para atlet Porprov Limapuluh Kota yang sudah berjuang dalam mengharumkan nama daerah.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota saya merasa bangga dan berterimakasih kepada seluruh tim Porprov Kabupaten Limapuluh Kota yang meraih peringkat lima besar di Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya.

Dikatakannya, penyerahan bonus untuk atlet berprestasi ini disiapkan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui APBD, hal itu bertujuan untukemberikan apresiasi kepada para atlet yang teleh berjuang membawa dan mengharumkan nama daerah serta agar dapat memacu semangat atlet sehingga mampu meraih prestasi diajang Porprov tersebut.

Selanjutnya, Bupati berharap dengan keberhasilan kontingen Limapuluh Kota dalam mempertahankan posisi lima besar di ajang Porprov ini agar dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya.

“Untuk itu, seluruh atlet, pelatih, pengurus KONI dan Cabang Olahraga serta seluruh pemangku kepentingan terkait harus terus menumbuhkembangkan tekad dan semangat dalam diri untuk selalu tampil menjadi dan memberikan prestasi terbaik untuk masyarakat dan daerah ini, semoga diajang porprov selanjutnya kita bisa menembus tiga besar,” harap Irfendi.

Di bagian lain Irfendi juga mengingatkan kepada para atlet, pelatih dan official untuk tidak berpuas diri serta terus fokus dalam mempersiapkan diri diajang selanjutnya, selain itu Bupati juga menghimbau KONI Limapuluh Kota untuk terus meningkatkan pembinaan kepada para atlet Limapuluh Kota sehingga kedepan prestasi atlet Kabupaten Limapuluh Kota terus berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Nengsih melaporkan Kabupaten Limapuluh Kota berhasil meraih posisi kelima dalam ajang Porprov XV Padang Pariaman 2018, dengan perolehan 50 medali emas, 49 medali perak dan 79 medali perunggu.

Dikatakannya, total bonus yang diserahkan kepada atlet yang berprestasi di ajang Proprov tahun 2018 ini berjumlah 3 miliar rupiah, dengan besaran bonus: kategori perorangan, peraih medali emas menerima bonus sebesar 20 juta rupiah, medali perak 7 juta rupiah, sementara medali perunggu mendapatkan 3,5 juta rupiah.

Selanjutnya untuk kategori beregu para atlet peraih medali emas mendapat bonus 10juta rupiah, medali perak 3,5 juta rupiah, sedangkan medali perunggu sebanyak 1,7 juta rupiah.

Untuk kategori pelatih atlit, para pelatih atlet perorangan yang atletnya berhasil meraih medali sebanyak 1 sampai 4 keping medali emas berhak mendapat bonus sebesar 6 juta rupiah, sedangkan yang berhasil meraih 5 sampai 8 keping medali emas berhak mendapat bonus sebanyak 9 juta rupiah, sementara yang berhasil meraih medali emas sebanyak 9 keping keatas mendapat bonus 13 juta rupiah.

Selanjutnya untuk pelatih yang atletnya berhasil meraih medali perak sebanyak 1sampai 4 keping medapat bonus 2,5 juta rupiah, sedangkan yang berhasil meraih 5 sampai 8 keping medali perak mendapat 3 juta rupiah, dan yang berhasil mengumpulkan medali perak sebanyak 9 keatas mendapat bonus sebesar 7 juta rupiah.

Untuk pelatih perorangan yang atlitnya meraih medali perunggu 1sampai 4 keping mendapat bonus 1,2 juta rupiah, sedangkan yang berhasil mengumpulkan medali perunggu sebanyak 5 sampai 8 keping mendapat bonus 1,5 juta rupiah dan yang mengumpulkan medali perunggu sebanyak 9 keatas mendapat bonus 3,5 juta rupiah.

Sementara itu, untuk pelatih atlit beregu yang berhasil meraih medali emas sebanyak 1 sampai 2 keping medali emas, perak maupun perunggu berhak mendapatkan bonus sebesar 5 juta rupiah untuk medali emas, medali perak 3 juta rupiah, 1,5 juta rupiah untuk perunggu.

Untuk pelatih yang atletnya berhasil meraih medali 3 keping keatas mendapat bonus sebesar, medali emas 10 juta, perak 5 juta rupiah, sedangkan medali perunggu 2,5 juta rupiah.

“Sedangkan untuk juara umum, alhamdulillah kita berhasil juara ditiga cabang yaitu atletik, balap sepeda dan terakhir menembak dan masing-masing cabang olahraga tersebut berhak mendapatkan bonus sebesar 12 juta rupiah,”lapor negsih.

Ditempat yang sama Ketua KONI, Limapuluh Kota mengungkapkan kedepan KONI akan lebih mengenjot dan meningkatkan pengawasan serta pembinaan kepada para atlet agar raihan prestasi kedepannya lebih dapat ditingkatkan.

“Untuk Porprov yang akan datang nantinya akan digelar di Kabupaten Pasaman Barat, kita akan meningkatkan peringkat,InsyaAllah target tiga besar, untuk itu kita akan lebih serius dalam mempersiapkan diri dan membina para atlet di Kabupaten Limapuluh Kota agar lebih maju lagi,” kata Ketua KONI.(rel)