Payakumbuh – Presiden Joko Widodo meninjau peternakan sapi di Balai Pembibitan Peternakan Sapi Padang Mengatas, Kecamatan Luwak, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.

“Jadi saya ke sini untuk melihat dan memastikan bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang berkaitan dengan peternakan sapi dengan jumlah yang besar,” kata Presiden saat meninjau Peternakan sapi Padang Mengatas, Kamis.

Jokowi mengungkapkan bahwa Balai pembibitan Ternak Unggul ini memiliki 1250 ekor sapi, dengan tiga jenis, yakni si mental, limosin dan sapi pesisir (sapi lokal).

“Ini adalah sebuah contoh yang ke depan akan kita ‘copy’, setiap daerah kalau mempunyai kurang lebih 280 ha ditanemi rumput yang bisa dipakai untuk pakan sapi itu, dan tidak dikandangkan,” katanya.

Menurut Presiden, peternakan sapi Padang Mengatas ini sebuah contoh peternakan dengan biaya yang murah sehingga bisa ditiru daerah lain.

Presiden yakin jika setiap daerah memiliki peternakan seperti ini, maka kebutuhan daging dalam negeri akan terselesaikan.

“Setiap provinsi ada, setiap kabupaten ada, sudah rampung,” katanya.

Presiden juga berniat mengundang Ketua Balai Pembibitan Ternak Sapi Padang Mengetas, Sugiono, untuk mempresentasikannya dalam rapat kabinet.

“Nanti saya undang ke rapat Istana dengan Mentan, mungkin secepatnya kita akan membangun ini,” kata Jokowi. (Ant/Joko Susilo)

- Advertisement -