Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Wakil Bupati Ferizal Ridwan sampaikan apresiasi kemajuan pembangunan di segala bidang di Jorong Padang Rantang Kenagarian Koto Tuo Kec. Harau. Sekaligus Ferizal Ridwan mengapresiasi prestasi tahun 2018 yang diraih Jorong yang berbatasan langsung dengan wilayah hukum Pemko Payakumbuh ini

Apresiasi tersebut disampaikan Wabup Ferizal Ridwan pada Rabu (29/08/2018) malam, saat menghadiri Malam Syukuran atas prestasi Juara I yang diraih Jorong Padang Rantang dalam lomba Kader Yandu Terintegrasi PAUD dan KB tingkat Kab. 50 Kota dan Lomba Kader BKB Berprestasi tingkat kabupaten yang diraih kelompok BKB Syofia Susana Saidi .

Pada malam syukuran yang dirangkai dengan beberapa acara, masyarakat setempat menggelar malam ber KIM dengan ratusan hadiah menarik yang telah disiapkan panitia pelaksana. Tampak dihadiri Camat Harau Andriyasman didampingi Walinagari Koto Tuo, SY Dt. Sinaro Panjang.

Menurut Wabup Ferizal Ridwan, masyarakat Jorong Padang Rantang telah sukses menjalani serangkaian lomba yang membawa nama baik kabupaten ke tingkat provinsi. Prestasi ini tentunya atas kekompakan dan kerjasama warga.

“Selain itu, masyarakat Jorong Padang Rantang sukses menggelar peringatan HUT RI Ke 73 serta aktif mengikuti lomba di tingkat kabupaten. Sukses juga atas perayaan Idul Adha dan serangkaian ibadah qurban, ikut merangkai sukses tentunya,” sebut Ferizal Ridwan yang akrab disapa Buya.

Dikatakan Wabup Ferizal Ridwan, masyarakat Jorong Padang Rantang juga pandai mensyukuri dan menjaga hasil pembangunan, baik infrastruktur jalan dan pengairan. Mendatang pembagunan dan prestasi akan kita lanjutkan secara bertahap. Karena imbas pembangunan di Pemko Payakumbuh akan berdampak terhadap kemajuan daerah ini. Untuk itu mesti kita imbangi.

“Dalam mengeksplore daerah, tahun ini Kec. Harau yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ nasional tingkat kabupaten pada tanggal 22 s/d 27 Oktober 2018 mendatang, merupakan wadah membangkit batang tarandam, bagaimana adat basandi syarak syarak basandi kitabullah (ABS ABK) dapat terwujud optimal. Pembungan fisik sejalan dengan pembangunan sprituil. Mohon dukungan kita bersama,” imbau Wabup Ferizal Ridwan.

“Terkait pengembangan wisata Harau menuju dunia sebagai ikon Kab. 50 Kota yang kaya akan kawasan wisata alam, wisata budaya, religi dan wisata kuliner. Untuk itulah kita sengaja mendatangkan wartawan MNC TV yang akan meliput keunikan budaya Kab. 50 Kota, termasuk KIM yang mengiring malam syukuran ini.
Untuk mewujudkan Geopark Harau menuju dunia setidaknya ada 3 nilai kunci yang harus kita jalankan, yaitu menegakkan ABS ABK, menjaga budaya dan membangkit batang taramdam. Mari kita sarangkuah dayuang, saciok bak ayam sadanciang bak basi (bersatu-red),” imbuh Ferizal Ridwan, lagi.

Di tahun politik, Ferizal Ridwan mengingatkan warga, ” marilah kita laksanakan demokrasi aman dan tertib. Beda pilihan jangan menimbulkan perpecahan. Karena demokrasi hanya jembatan pemilihan pemimpin rakyat. Jangan sampai rusak persaudaraan kita. Utamakan persatuan dan kebersamaan,” tukuk Ferizal Ridwan sembari serahkan hadiah lomba.

Sementara itu Walinagari Koto Tuo, SY Dt. Sinaro Panjang didampingi Oktariyadi selaku Ketua Panitia Malam Syukuran, menyebutkan bahwa acara ini murni dari inisiasi warga Jorong Padang Rantang untuk meningkatkan persatuan dan kekompakan warga.

Menurut walinagari, suksesnya pembangunan ditentukan dukungan rakyat, saling tolong menolong dalam membangun kampung. Kami bangga, warga telah menerapkan pepatah nan tuo samo dihargai, samo gadang bao bakawan, nan ketek samo disayangi. Malam syukuran ini dari awak, oleh awak dan untuak awak. Mari kita jaga keamanan, ketertiban serta tetap waspada,” sebut tokoh masyarakat Koto Tuo kepada media.