30 C
Padang
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Disparpora Agam Gelar Seleksi JPI 2018
D

Kategori -
- Advertisement -

Agam, BeritaSumbar.com,-Pemerintah kabupaten Agam, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), bakal menseleksi peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI), tingkat kabupaten, di aula Disparpora, Selasa (21/8).
Kepala Disparpora Agam, melalui Kabid Kepemudaan, Beni Sastra menjawab
Beritasumbar.com di ruang kerjanya, Senin (20/8) menyebutkan, bahwa sampai saat ini pemuda pemudi Agam baru mendaftar 10 orang.
“Pesertanya kita minta setiap kecamatan mengutus satu putra dan satu putri dengan usia mulai 18 sampai 25 tahun, namun yang mendaftar baru 10 orang, diharapkan jelang seleksi dimulai ada penambahan,” ujarnya.
Lebih lanjut Beni mengatakan, Agam tiap tahun menggelar kegiatan itu, bahkan pemuda pemudi Agam sempat mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional, ini membuktikan kalau pemuda Agam memiliki wawasan luas di bidang kepemudaan.
“Dimana, pada 2016 di Palangkaraya, pemuda Agam yang mewakili Sumbar ke nasional berasal dari Kecamatan Tilatang Kamang, sedangkan pemudi asal Matur,” jelasnya.
Pada 2017 di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, pemuda pemudi Agam wakili Sumbar ke nasional berasal dari Kecamatan Tanjung Mutiara.
Para peserta harus menempuh beberapa tahapan seleksi, diantaranya tes tertulis yang meliputi pengetahuan umum, agama, wawasan kebangsaan, pancasila, seni budaya, bakat, keperibadian dan kepemimpinan.
“Setelah itu, kita lakukan wawancara pada peserta sebagai pengembangan pengetahuan dari tes tertulis itu,” ujarnya.
Dijelaskan, bagi pemuda yang lolos seleksi tingkat kabupaten, maka mereka langsung mewakili daerah ke tingkat provinsi dengan mengutus satu putra satu putri pada 25 Agustus 2018.
JPI tingkat nasional tahun 2018 digelar di Bangka Belitung, bertepatan pada hari sumpah pemuda sekaligus pelaksanaan upacara.
Menurutnya, ini kesempatan bagi pemuda dan pemudi Agam untuk mengembangkan wawasan dengan pemuda pemudi lainnya.(fadil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img