27 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Waspada Penipuan Akun Facebook Baru, Wako Riza Falepi Jadi Korban
W

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Membunuh waktu dan mengusir penat dengan media sosial tentu sering kita lakukan. Salah satunya adalah lewat Facebook di mana kita bisa menonton video lucu, bermain game, atau menuliskan keluh kesah di halamannya.
Namun, tahukah anda bahwa penjahat juga menggunakannya untuk mencuri uang dan informasi dari kita?
Bersikaplah skeptis jika menerima permintaan pertemanan baru dari seseorang yang sebelumnya sudah berteman dengan anda lewat Facebook. Beberapa orang memang suka membersihkan akun lama mereka dengan membuat akun baru.
Namun, tidak semua permintaan pertemanan itu jujur, karena cara serupa juga dipakai para penipu dengan berpura-pura menjadi teman anda. Penipu akan mengkloning seluruh profil facebook seseorang dan menciptakan akun palsu yang mengatasnamakan orang tersebut.
Akun palsu pun bisa jadi bahaya tersendiri, contohnya bila akun tersebut digunakan untuk penipuan.
Hal ini dialami oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, dimana pada 10 Agustus 2020, beberapa teman facebook Riza menerima permintaan pertemanan oleh akun bernama Riza Falepi, betul-betul mirip dengan akun asli milik Riza, bahkan informasi pribadi Riza di tiru oleh sang akun baru itu.
Siapapun yang merasa kenal tentu menerima permintaan pertemanan tersebut, secara Riza adalah seorang kepala daerah yang media sosialnya cukup aktif, tak hanya facebook saja.
Modusnya, akun baru yang mengaku Riza Falepi ini akan mengirim pesan via messenger kepada teman facebooknya dan meminta nomor HP/W.A, lalu menyuruh kembali si penerima mengirim nomor kode verifikasi yang dikirim whatsapp melalui pesan SMS ke HP pengguna.
Menurut beberapa sumber di internet, penipuan seperti ini bakal berujung kepada penyadapan/penggandaan (cloning) aplikasi Whatsapp (WA).
Nomor whatsapp dapat digandakan oleh orang tidak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan. Pelaku akan menghubungi beberapa kontak teman WA pemilik nomor dan meminta sejumlah uang.
Modus yang dilakukan pelaku adalah dengan mengambil nomor kontak WA-nya melalui media sosial.
Menyikapi hal ini, Wali Kota menyebut tengah melacak oknum ini, perbuatan ini tentu melanggar undang-undang yang berlaku di Indonesia. Pengikut Riza Falepi yang mendesak Wali Kota dua periode itu melaporkannya ke pihak berwajib, namun Riza masih berpikir-pikir dahulu.
“Kita masih melacaknya, kalau barang bukti sudah jelas, maka dalam hal ini tidak tertutup kemungkinan kita akan mengambil tindakan hukum kepada oknum tersebut,” kata Riza.
Sekedar informasi, akun facebook asli Riza Falepi dapat dicari dengan username riza.falepi.52.
Sedangkan akun palsu yang mengatasnamakan Riza Falepi usernamenya badar.kusnandar.7
Saat dicari tahu, nama badar.kusnandar ini adalah seorang kepala desa di salahsatu kabupaten di Jawa Barat, dilihat dari Laman Facebooknya Badar Kusnandar juga menjadi korban dari sang pelaku.
Saat ini, akun facebook penipu tersebut tidak bisa dicari lagi, kemungkinan sudah dihapus yang bersangkutan, namun bukti percakapannya meminta nomor HP lewat messenger tersebut dapat dilihat dari screenshot (tangkapan layar) beberapa teman Riza Falepi. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -