30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Nyatakan Serius Menata Kota Tua Untuk Pariwisata
W

Kategori -

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyatakan sangat serius mengembangkan potensi pariwisata. Khususnya kawasan Gunung Padang, Kota Tua Muaro, dan Pantai Padang yang akan dijadikan kawasan wisata terpadu Gunung Padang.

”Saat ini Pemko Padang tengah melaksanakan sayembara perencanaan kawasan wisata terpadu tersebut. Sedangkan kawasan heritage Kota Tua Muaro adalah bagian dari pengembangan itu yang masih dicarikan konsep pelestariannya yang ideal,” ujar Walikota Mahyeldi saat membuka ”Workshop on the rehabilitation of historical district in Padang” di Hotel Grand Inna Muara, Ahad (2/11).

Menurutnya, kegiatan workshop yang diinisiasi oleh tim pakar dari National Research Institute for Cultural Heritage (NRICH) Japan ini sangat tepat momennya. Karena saat ini, Pemerintah Kota Padang sendiri tengah serius menggarap pariwisata dan pelestarian kota pusaka (heritage city).

”Kota Padang adalah gerbang kawasan Indonesia Barat yang banyak dikunjungi sejak zaman dahulu. Keberadaan heritage city di kawasan wisata akan lebih menjadi daya tarik bagi pengunjung,” sebutnya.

Adapun dengan workshop ini, menurut Mahyeldi lagi, Pemko Padang akan mendapatkan masukan dari para pakar yang tergabung dalam tim peneliti dari Jepang. Sehingga dalam merekonstruksi dan merehabilitasi bangunan – bangunan tua langkah Pemko semakin jelas.

”Kita berharap, langkah – langkah kita dalam mengembangkan Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang akan mendapat kepastian, termasuk pendanaan. Yang tak kalah pentingnya, perumusan pola partisipasi masyarakat, baik yang tinggal di kawasan ini maupun warga Kota Padang secara keseluruhan,” pungkas Wako.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Burhasman Boer menilai pelestarian kota tua ini sangat sinergis dengan program pengembangan pariwisata di Sumatera Barat. Pihak provinsi akan memberikan dukungan, baik di aspek teknis maupun dalam penganggarannya.

”Hanya saja dalam mempertahankannya ada menjadi kendala ketika masyarakat yang menempati atau pemilik bangunan tua ini membangun dan merubah menurut kemauan sendiri,” kata Burhasman.

Ia berharap Walikota Padang memiliki kebijakan melalui regulasi – regulasi yang dibuat untuk mempertahankan keaslian bentuk dari bangunan tua tersebut.

Dari aspek penganggaran dalam pengembangan destinasi wisata ini, Burhasman menyebut, Pemko Padang sudah menjalin MoU dengan Provinsi dan beberapa daerah lain. ”Kita tentu menunggu pihak Pemko untuk menentukan bagian mana yang akan dikerjasamakan. Kerjasamanya berupa sharing 60 persen dadi Pemko dan 40 persen provinsi,”ulasnya.

Adapun para tenaga ahli dari NIRCH ini Prof.Kamei (Pimpinan NRICP), Prof. Takeuchi ( Dosen Arsitektur Miyagi University), Prof. Wakita dari Kinki University, Prof. Abuku (Dosen Lingkungan Teknologi dari Kinki University).

Tujuan proyek penelitian yang dilakukan sejak 2010 ini, menurut Prof. Kamei, memberikan rekomendasi arah pelestarian dan pembangunan kawasan bersejarah di Padang, agar terlaksananya penataan kota yang khas dan penghuni dapat hidup dengan tenang dalam proses rekonstruksi kota lama Padang.

Tim tenaga ahli dari Jepang ini dibentuk saat melaksanakan survey dampak bencana gempa 2009 yang diminta UNESCO. Lalu, tim tersebut bekerjasama dengan pemerintah pusat Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah setempat.(humas padang/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -