27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Nyatakan Serius Menata Kota Tua Untuk Pariwisata
W

Kategori -

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyatakan sangat serius mengembangkan potensi pariwisata. Khususnya kawasan Gunung Padang, Kota Tua Muaro, dan Pantai Padang yang akan dijadikan kawasan wisata terpadu Gunung Padang.

”Saat ini Pemko Padang tengah melaksanakan sayembara perencanaan kawasan wisata terpadu tersebut. Sedangkan kawasan heritage Kota Tua Muaro adalah bagian dari pengembangan itu yang masih dicarikan konsep pelestariannya yang ideal,” ujar Walikota Mahyeldi saat membuka ”Workshop on the rehabilitation of historical district in Padang” di Hotel Grand Inna Muara, Ahad (2/11).

Menurutnya, kegiatan workshop yang diinisiasi oleh tim pakar dari National Research Institute for Cultural Heritage (NRICH) Japan ini sangat tepat momennya. Karena saat ini, Pemerintah Kota Padang sendiri tengah serius menggarap pariwisata dan pelestarian kota pusaka (heritage city).

”Kota Padang adalah gerbang kawasan Indonesia Barat yang banyak dikunjungi sejak zaman dahulu. Keberadaan heritage city di kawasan wisata akan lebih menjadi daya tarik bagi pengunjung,” sebutnya.

Adapun dengan workshop ini, menurut Mahyeldi lagi, Pemko Padang akan mendapatkan masukan dari para pakar yang tergabung dalam tim peneliti dari Jepang. Sehingga dalam merekonstruksi dan merehabilitasi bangunan – bangunan tua langkah Pemko semakin jelas.

”Kita berharap, langkah – langkah kita dalam mengembangkan Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang akan mendapat kepastian, termasuk pendanaan. Yang tak kalah pentingnya, perumusan pola partisipasi masyarakat, baik yang tinggal di kawasan ini maupun warga Kota Padang secara keseluruhan,” pungkas Wako.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Burhasman Boer menilai pelestarian kota tua ini sangat sinergis dengan program pengembangan pariwisata di Sumatera Barat. Pihak provinsi akan memberikan dukungan, baik di aspek teknis maupun dalam penganggarannya.

”Hanya saja dalam mempertahankannya ada menjadi kendala ketika masyarakat yang menempati atau pemilik bangunan tua ini membangun dan merubah menurut kemauan sendiri,” kata Burhasman.

Ia berharap Walikota Padang memiliki kebijakan melalui regulasi – regulasi yang dibuat untuk mempertahankan keaslian bentuk dari bangunan tua tersebut.

Dari aspek penganggaran dalam pengembangan destinasi wisata ini, Burhasman menyebut, Pemko Padang sudah menjalin MoU dengan Provinsi dan beberapa daerah lain. ”Kita tentu menunggu pihak Pemko untuk menentukan bagian mana yang akan dikerjasamakan. Kerjasamanya berupa sharing 60 persen dadi Pemko dan 40 persen provinsi,”ulasnya.

Adapun para tenaga ahli dari NIRCH ini Prof.Kamei (Pimpinan NRICP), Prof. Takeuchi ( Dosen Arsitektur Miyagi University), Prof. Wakita dari Kinki University, Prof. Abuku (Dosen Lingkungan Teknologi dari Kinki University).

Tujuan proyek penelitian yang dilakukan sejak 2010 ini, menurut Prof. Kamei, memberikan rekomendasi arah pelestarian dan pembangunan kawasan bersejarah di Padang, agar terlaksananya penataan kota yang khas dan penghuni dapat hidup dengan tenang dalam proses rekonstruksi kota lama Padang.

Tim tenaga ahli dari Jepang ini dibentuk saat melaksanakan survey dampak bencana gempa 2009 yang diminta UNESCO. Lalu, tim tersebut bekerjasama dengan pemerintah pusat Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah setempat.(humas padang/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -