26 C
Padang
Kamis, September 16, 2021
Beritasumbar.com

Walikota, Dandim, dan Kapolresta, Jasa Pahlawan Itu Tak Terbalaskan
W

Kategori -

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Dandim 0306/50 Kota Letkol. Inf. Trisno Widodo dan Kapolresta Payakumbuh AKBP Yuliani, SH,   tampak berkaca-kaca matanya. Keempatnya, tampak sedih, ketika diminta  mendampingi walikota menyerahkan  bingkisan berupa amplop berisi uang kepada  dua   mantan pejuang Payakumbuh, yang telah berusia lanjut, usai menjadi Irup pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014, di halaman Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (10/11).

“Jasa pejuang itu tak akan terbalaskan oleh siapaupun juga. Hanya bisa dibayar dengan memelihara semangat pengorbanan dan perjuangan mereka, untuk melanjutkan cita-cita kemerdekaan ini, dengan berbagai kegiatan pembangunan. Memperingati hari pahlawan 10 November, akan lebih bermakna, dengan menghormati jasa pejuang itu untuk negeri ini. Kalau air mata ini jatuh ke bumi, karena  kita  belum banyak berbuat untuk negeri ini, seperti dilakukan para pejuang kemerdekaan itu,” sebut Riza mewakili anggota Muspida Payakumbuh itu.

Untuk itu, walikota mengajak warga kota, untuk menghormati jasa pahlawan serta mewarisi nilai-nilai perjuangan dalam melanjutkan pembangunan kota ini. Payakumbuh butuh warga yang punya semangat juang yang tinggi dalam membangun kota ini, tegasnya.

Kedua mantan pejuang yang berusia lanjut itu, sengaja dihadirkan dalam upacara memperingati Hari Pahlawan didampingi keluarganya.  Keduanya Jarki dan Yunir A yang telah berusia di atas 80 tahun.

Peringatan Hari Pahlawan di Payakumbuh, selain diikuti PNS, TNI/Polri, ratusan pelajar SLTP/SLTA, mahasiswa, KNPI, Ormas dan OKP, juga diikuti anggota Muspida lainnya, seperti Kajari diwakili Kasi Intel Mursal, SH, Ketua Pengadilan Negeri Yudissilen, SH,    Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, Kepala Kantor Kementerian Agama, sejumlah pimpinan SKPD dan kepala sekolah. Pada upacara ini, Walikota Riza membacakan amanat tertulis Mensos RI.

Usai upacara, Walikota Riza Falepi bersama anggota Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, anggota Muspida, perwira TNI/Polri dan pimpinan SKPD,  ziarah, dan tabur bunga di Jembatan Ratapan Ibu di Jalan A. Yani Payakumbuh serta di Taman Makam Pejuang di Kelurahan Balai Jariang Koto nan Gadang, Payakumbuh Utara.

Kapolresta Payakumbuh Yuliani memimpin acara tabur bunga di Jembatan Ratapan Ibu. Sedangkan,  Dandim 0306/50 Kota Trisno Widodo memimpin  acara tabur bunga di Taman Makam Pejuang di Kelurahan Balai Jariang Koto nan Gadang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.
- Advertisement -

Rumah Tidak Layak Huni tertimpa Pohon,Pj Walinagari Tigo Jangko Respon Cepat.

Rumah Tidak Layak Huni tertimpa Pohon,Pj Walinagari Tigo Jangko Respon Cepat. Tanah Datar,Beritasumbar.com - Rumah tidak layak huni di Guguak Tinggi Jorong Cendrawasi Nagari Tigo Jangko Kabupaten Tanah Datar tertimpa pohon Selasa pagi 14/09/2021.Pj Walinagari Tigo Jangko merespon cepat kejadian dengan langsung meninjau lokasi beserta BPBD dan pihak Kepolisian. Dra.Nita Jandru,Pj Nagari Tigo Jangko mengatakan,"kami dari aparatur pemerintahan nagari,cukup prihatin dengan adanya kejadian rumah warga tertimpa pohon rambutan yang tumbang tadi pagi. "Angin kencang dari Senin sore,mengakibatkan beberapa pohon disekitar tempat kejadian tumbang dan salah satunya menimpa rumah Yusneli (37) janda dengan tiga orang anak. "Rumah yang ditempati Yusneli tersebut memang tidak layak huni,hanya satu kamar dan sebagian ruang tamu bisa didiami."kebetulan ruangan itu yang ditimpa pohon. "Kita bersama BPBD dan Kepolisian Kabupaten Tanah Datar telah membersihkan lokasi bencana,"korban juga sudah diungsikan sementara sambil menunggu bantuan RTLH yang telah diajukan dan mencari bantuan lainnya untuk korban. "Kerugian ditafsir mencapai Rp.30 Juta dan Allhamdulillah tidak ada korban jiwa serta luka - luka serius katanya."(haries)

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.
- Advertisement -

Partai Gerindra Gelar Vaksinasi Massal, Reki: Dosis untuk 5.000 Orang

Bukittinggi, beritasumbar.com - Menindaklanjuti intruksi DPD Gerindra Provinsi dan pemerintah, DPC Gerindra Bukittinggi gelar vaksinasi massal. Vaksinasi tersebut dipusatkan di kantor Gerindra jl by...

Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman Tangkap Pelaku Curanmor

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Gagak Hitam Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Padang Pariaman menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor). Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman,...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.

Proyek Fisik di SMPN 1 Bukittinggi Terkesan Dikerjakan Secara Diam-diam

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Di tengah pendemi covid19, sejumlah kegiatan fisik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi tetap berjalan, seperti yang terjadi di SMP...

Tiga Tantangan Besar Hambat Gerakan Perburuhan di Indonesia

Jakarta,- DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 menyebutkan Tiga tantangan besar tengah menghambat pergerakan Serikat Buruh saat ini di Indonesia.
- Advertisement -