25.1 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan
U

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pelaksanaan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Asisten II Elzadaswarman, Asisten III Amriul Datuak Karayiang, Waka Polres Payakumbuh Kompol Jerry Syahrim serta menghadirkan narasumber berkompeten dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh dan Kabag Dalbang Maizon Satria.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting diikuti ASN dan Pihak-pihak terkait yang sangat rentan agar tidak terjerat dalam tindak pidana korupsi, Pungutan liar maupun gratifikasi.

“Banyak pengadaan maupun pembangunan yang bila tidak dilaksanakan dengan baik dan penuh amanah berpotensi terjadi Pungutan liar dan gratifikasi,” ujarnya

Rida menjelaskan sebagai salah satu upaya pencegahan, dilakukan dengan menjalin kerja sama antar instansi terkait dengan penguatan Saber Pungli di lintas sektoral dan Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintah, dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Payakumbuh yang siap mengawal proses pembangunan untuk kepentingan umum.

“Melalui pengawasan dan transparansi pengelolaan anggaran, diharapkan tipikor, Pungli dan gratifikasi bisa dicegah. Kemudian, penyerapan anggaran dapat terlaksana maksimal,” Pungkas Rida.

Wakapolres Payakumbuh Jerry Syahrim yang juga merupakan Ketua UPP Saber Pungli Kota Payakumbuh mengatakan banyak area yang berpotensi pungli pada pemerintah daerah seperti perizinan, hibah dan bansos, kepegawaian, pendidikan, pelayanan publik, serta pengadaan barang dan jasa.

“Tentu harus ada upaya pencegahan yakni dengan pembinaan seperti membangun budaya anti pungli di aparatur maupun pengusaha. Kemudian meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dalam gerakan nasional pemberantasan pungli,” terangnya

Diungkapkan Jerry strategi preventif atau pencegahan pungli yakni dengan melakukan pemetaan rawan pungli, mengoptimalkan fungsi satuan pengawasan internal, dan mengoptimalkan sistem pelayanan publik yang prima berbasis teknologi dan informasi.

“Untuk strategi penegakan hukum juga harus ditekankan yakni dengan menjatuhkan sanksi administratif sampai dengan pemberhentian tidak hormat terhadap oknum aparat, penyelenggara negara atau pegawai negeri, dan masyarakat yang terlibat dalam pemungutan liar sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Pungli dan Gratifikasi menimbulkan kerugian di masyarakat sedangkan korupsi menimbulkan kerugian negara. Hal ini tentu harus kita cegah bersama, mari berantas Pungli dan Gratifikasi” tegas Jerry. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...
- Advertisement -

Kepsek SMAN 1 Harau Beberkan Dampak Negatif Media Sosial

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Harau Afrizal menyebut media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialiasi dan berinteraksi, media untuk bermain game, media untuk saling memfasilitasi berbagi file, serta media untuk menuliskan artikel.

Kakankemenag Narasumber Bimtek Kepramukaan Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menjadi Narasumber dalam kegiatan Bimtek Kepramukaan bagi Kamabigus dan Pembina Pramuka se Kota Padang Panjang di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, Senin (27/09/2021).
- Advertisement -

Indo Jelito Bantu Korban Kebakaran Pasar Bawah, Dua Kader Terbaik PKS Ikut Hadir

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Dua kader terbaik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghadiri acara penyerahan bantuan uang Rp1 juta, yang diberikan Indo Jelito kepada korban kebakaran...

Kiat Melawan Hoaks Dikupas Tajam di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com — Machroni Kusuma, Founder Berita Indonesia Link menjelaskan cara membedakan hoaks atau bukan diantaranya sumber berita yang tidak jelas, disain yang aneh, bahasa yang provokatif, diminta untuk viralkan dan banyak tanda seru dan huruf besar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kasus Covid 19 Terus Melandai, Tidak Ada Penambahan Positif dan 1 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Minggu (26/09) kasus aktif virus corona tinggal 24 kasus.

1 Bulan Magang Di Kehumasan Diskominfo Payakumbuh, Ini Kata 4 Mahasiswa UPI YPTK Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sudah sebulan lamanya mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang melaksanakan magang di Bidang Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh sejak 23 Agustus silam.

Usung Program Fullfilment, JNE Jalin Kerjasama Dengan Pemko Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berlangsung setelah ibadah sholat Jumat sembari sambil makan siang, Wakil Walikota Erwin Yunaz bertemu dengan pimpinan JNE Provinsi Sumbar dan kota Payakumbuh. Pertemuan yang mengagendakan membahas program dari pihak JNE yang mana bertujuan untuk memudahkan aktivitas distribusi barang bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) di kota Payakumbuh.

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.

Hadiri Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ketua DPRD Hamdi Agus : Selamat Jalan Letkol Ferry, Selamat Datang Letkol Denny

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus hadir dalam malam pisah sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota yang baru dengan yang lama yang diselenggarakan di Balaikota Payakumbuh, Senin (14/9) malam.

Perda APBD Perubahan Kota Payakumbuh TA 2021 Disahkan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2021 disahkan menjadi Peraturan Daerah dalam rapat paripurna di ruang sidang rapat paripurna DPRD setempat, Sabtu (11/9).

Lomba Penilaian Kelurahan Tingkat Payakumbuh Tahun 2021 Telah Ditabuh

Payakumbuh — Merujuk atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015, Pemerintah Kota Payakumbuh laksanakan kegiatan evaluasi perkembangan kelurahan (lomba kelurahan) tingkat kota Payakumbuh tahun 2021. Digelar di aula pertemuan ngalau indah lantai III kantor walikota Payakumbuh, lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh diikuti lima kelurahan yang mewakili setiap kecamatan kota Payakumbuh.

Kasus Aktif Covid-19 Di Payakumbuh Terus Melandai

Payakumbuh - Perkembangan Covid-19 di Kota Payakumbuh terus menunjukkan tren positif beberapa hari terakhir ini. Angka kasus aktif terus melandai menjadi 75 kasus, dimana beberapa minggu yang lalu menembus angka lebih dari 350 kasus.

Kesbangpol Kota Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pakem

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh menggelar sosialisi pengawasan aliran kepercayaan masyarakat (Pakem) di Aula SMA Negeri 2 Payakumbuh, Rabu (08/09).

Kabid PAUD Dan PNFI Syafni Hasni : Upaya Peningkatan Kualitas PAUD Di Kota Payakumbuh, Dibantu Kemendikbud

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pemerintah Kota Payakumbuh menerima bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan untuk anak usia dini. Pemerintah pusat tentu saja melihat komitmen daerah untuk itu, sehingga tidak semua daerah mendapatkan bantuan pada tahun 2021, apalagi di tengah pandemi setiap bantuan memang dipilah-pilah oleh pusat, mana yang menjadi prioritas.
- Advertisement -