31 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

TP-PKK Payobasuang Gelar Seminar Kesehatan Reproduksi
T

Kategori -

Visi Indonesia Sehat 2020 harus dimulai dengan menjamin terawatnya kesehatan kaum perempuan. Perempuan sehat reproduksinya juga akan sehat. Reproduksi sehat melahirkan anak-anak yang sehat. Anak yang sehat akan menciptakan keluarga dan masyarakat yang sehat dan pada akhirnya akan terwujud Indonesia Sehat.

Demikian paparan dr. Efriza Naldi Sp.OG  dalam Seminar Kesehatan Reproduksi yang digelar  TP-PKK Kelurahan Payobasung,  Sabtu (31/1),  di ula kantor kelurahan setempat, di Jalan  Kaluek. Turut hadir Lurah Payobasuang beserta Ibu Ketua TP PKK Kelurahan Payobasung dr. Silvia Rosja yang juga Dokter Fungsional di Puskesmas Maek Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dalam paparannya, dr. Efriza Naldi, Sp.OG yang juga Direktur dari Klinik Bersalin Sukma Bunda Payakumbuh menyatakan bahwa kesehatan reproduksi perempuan tak hanya ditandai dengan sehat secara fisik saja, tetapi juga meliputi kesehatan secara mental dan sosial dari perempuan tersebut.

“Perempuan berhak dan wajib mendapatkan kehidupan seks yang aman, salah satunya dengan tidak bergonta ganti pasangan seks. Hal ini juga berlaku bagi pasangan hidup perempuan tersebut, kaum bapak juga dilarang jajan sembarangan, karena perilaku itu akan menularkan berbagai penyakit seksual bagi pasangannya dirumah,” terang dr. Efriza.

Dikatakan, dalam kultur sosial masyarakat kita, posisi kaum perempuan terkadang masih termarjinalkan dalam persoalan reproduksi.  “Sebagian masyarakat masih menganggap hak reproduksi adalah kuasanya kaum lelaki, perempuan hanya menampung saja. Anggapan itu tidak benar, sebab hak reproduksi itu  merupakan hak azasi seorang perempuan. Perempuan berhak menentukan bagaimana proses reproduksi, kapan, dan banyaknya”, tegas Alumnus FK Unand ini.

Menurut dr. Ef, panggilan akrab dr. Efriza Naldi Sp.OG, kesehatan reproduksi juga dipengaruhi oleh tingkat kesejahteraan mayarakat. Masyarakat yang lebih sejahtera cenderung memiliki reproduksi yang lebih sehat dari masyarakat yang kurang sejahtera.

“Kesejahteraan masyarakat juga mempengaruhi terciptanya reproduksi yang sehat, akan tetapi hal itu tidak mesti harus kaya dulu, sebab menjaga pribadi, keluarga, dan lingkungan yang sehat itu merupakan kewajiban masing-masing kita”, terangnya.

Dr. Ef  juga menyinggung tentang masih cukup tingginya angka kematian ibu (AKI) dalam melahirkan. Menurut catatannya, pada tahun 2014 lalu, di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh masih terdapat lima kasus kematian ibu yang terkait dengan proses reproduksi.

“Meski hanya lima kasus AKI pada tahun 2014 lalu, jumlah itu masih cukup tinggi mengingat rasio idealnya adalah 1 AKI dalam 10.000 kelahiran”, terang Putra Balai Jariang Payakumbuh ini.

Dijelaskan, setidaknya ada beberapa penyebab yang memicu masih tingginya AKI.

“Ada tiga terlambat yang memicu masih tingginya AKI di daerah kita, yaitu terlambat merujuk, terlambat transportasi, dan terlambat mendapatkan pertolongan profesional”, jelas dr.Ef.

Menurutnya, ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menekan tingginya AKI, disamping merubah sikap agar tidak mengalami tiga terlambat diatas, hal yang  paling penting adalah bagaimana seorang perempuan sedini mungkin memperhatikan kesehatan organ reproduksi.

“Bagi kaum ibu terutama remaja putri, beri perhatian lebih terhadap kesehatan organ reproduksi, Jika ada keluhan sekecil apapun, misalnya haid yang tidak teratur, segera konsultasi ke dokter. Karena bisa jadi itu merupakan sinyal adanya gejala gangguan organ reproduksi yang nantinya bisa membahayakan proses reproduksi dan meningkatkan jumlah AKI didaerah kita”, tutup dr. Ef.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -