25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Tindak Lanjuti Arahan presiden, Wako Payakumbuh Gelar Rakor
T

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,– Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah, Wali Kota Payakumbuh langsung melaksanakan rapat koordinasi (rakor) di Aula Ngalau Indah, Kamis (29/04).

Rakor tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Asisten I, II dan III Setdako Payakumbuh, seluruh Kepala Perangkat Daerah (KPD), Camat se-Kota Payakumbuh, Lurah se-Kota Payakumbuh dan kepala Puskesmas se-Kota Payakumhuh.

Berdasarkan arahan presiden tersebut, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan agar kembali memperketat penerapan protokol kesehatan, mengingat saat ini Payakumbuh berada di zona orange. Jangan sampai Payakumbuh menjadi zona merah, karena kalau itu terjadi semua kegiatan akan kembali ditutup.

“Jadi kita minta semuanya untuk tetap hati-hati dan waspada, ingatkan dan sosialisasikan kembali kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Karena kita lihat sekarang masyarakat sudah mulai kurang disiplin,” kata Wako Riza Falepi saat memimpin rakor.

Riza menyebut, Sampai saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh tidak ada melakukan pembatasan kegiatan masyarakat, tapi tolong protokol kesehatan dilaksanakan dan jangan lupa terapkan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) dikehidupan sehari-hari.

“Tapi ini yang mulai diabaikan masyarakat kita, dan kita minta kepada tim tujuh supaya gencar melakukan razia, mulailah menyisir tempat-tempat yang mengundang keramaian, kalau masih ada yang membandel dan tidak menerapakan protkes tindak saja,” ucap Riza tegas.

Wako Riza Falepi meminta agar seluruh kelurahan mengaktifkan posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro untuk memantau kegiatan masyarakat baik itu kegiatan yang mengundang keramaian maupun masyarakat yang pulang kampung.

Dalam rangka menerapkan PPKM ini, Kelurahan, Babinsa, Babinkantibmas dan Puskesmas harus sering berkoordinasi, kalau perlu ajak juga tokoh masyarakat dan pemuda setempat untuk menggiatkan kegiatan tersebut.

“Tolong dipantau hal-hal tersebut jangan sampai lengah, kalau ada masyarakat kita yang pulang kampung supaya dirapit antigen dulu dan isolasi mandiri,” ujarnya.

Ditambahkan, “Untuk vaksinasi covid, saya minta agar dipercepat, supaya seluruh masyarakat Payakumbuh aman dari ancaman covid-19,” tukuknya.

Menanggapi arahan Wali Kota, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan pihaknya telah menyiapkan rapittes antigen untuk pelaku perjalanan yang masuk ke Payakumbuh.

“Kita minta peran aktif lurah dan RT untuk medata warganya yang pulang kampung dan melaporkannya ke puskesmas untuk dilakukan rapit antigen,” katanya.

Untuk rapit antigen tersebut Kadinkes menjelaskan akan dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama dilakukan saat kedatangan kemudian disuruh istirahat lima hari kemudian baru dilakukan yang kedua.

“Kalau didapati hasilnya positif baik itu di rapit antigen yang pertama atau kedua akan dilakukan tes swab, kalau ternyata hasilnya positif maka akan kita bawa ke tempat isolasi yang telah disediakan,” ungkapnya.

Dan untuk lebaran tahun ini Pemko Payakumbuh juga tidak memfasilitasi acara openhouse baik itu di rumah wali kota, wakil wali kota, ketua DPRD dan Sekda. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).
- Advertisement -