28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh
T

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Disambut langsung Asisten 1,2 dan 3 bersama jajaran kepala OPD kota Payakumbuh dan camat serta lurah dari Payakumbuh Barat di kantor lurah Tanjung Pauh, tim penilai dari Provinsi Sumbar yang dipimpin oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Syafrizal datang dengan melibatkan tim penilai dari PKK, Dinas Kesehatan, Pakar Pemerintahan, Kesbang-Pol, dan DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Sumbar.

Diawal sambutannya, Asisten 1 Yufnani Away mengatakan jika kota Payakumbuh saat ini terus berbenah, baik di bidang infrastruktur maupun dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

“Di bidang infrastruktur saat ini ada beberapa pembangunan di Tanjung Pauh, seperti pembangunan BWS Batang Agam yang saat ini menjadi objek wisata baru yang bukan hanya bagi warga kota Payakumbuh, tapi juga dari luar kota Payakumbuh”, ungkap Pak Aci sapaan akrab Asisten 1 tersebut, Senin (14/6).

Turut disampaikan juga oleh Asisten 1 itu bahwa dalam sektor Ekonomi, masyarakat Payakumbuh lebih banyak bekerja pada sektor perdagangan dan jasa, pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan.

“Dan dalam hal ini, ada salah satu yang sangat menarik di kelurahan Tanjung Pauh, yakni dengan telah berkembangnya budidaya ikan, yang khususnya ikan lele dengan jumlah produksi yang sangat fantastis yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Tanjung Pauh”, kata Pak Aci.

Tidak hanya sampai disitu, Asisten 1 itu kembali memuji masyarakat kelurahan Tanjung Pauh, dimana dalam budidaya ikan lele, masyarakat kelurahan Tanjung Pauh juga turut mendirikan dan mengembangkan program Mina Eduwisata (wisata pembelajaran pertanian dan perikanan).

Lebih lanjut, dimasa pandemi wabah virus Covid-19 yang sedang terjadi, kota Payakumbuh sangat komit dalam penanganan untuk memutus penularannya. Terbukti dengan telah didirikannya posko di setiap kelurahan dengan melibatkan LPM, RT/RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan PKK”, ujarnya.

Sementara itu lurah Tanjung Pauh Lidya Nugrahmi tidak hanya membacakan ekspos yang sudah ada, melainkan Lidya Nugrahmi mempresentasikan program kegiatan yang telah dilaksanakan serta menyampaikan prestasi-prestasi dan inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan oleh kelurahan Tanjung Pauh.

Dalam penyampaian ekspos tersebut, banyak hal-hal baru berupa prestasi-prestasi dan inovasi-inovasi yang terungkap. Pertama, kelurahan Tanjung Pauh merupakan Juara 3 Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada PHBS tahun 2019. Kemudian, lurah Tanjung Pauh Lidya Nugrahmi mengatakan bahwa kelurahan Tanjung Pauh komit dalam mengentas permasalahan ekonomi.

Lurah Lydia mengatakan jika dari pihak Kelurahan Tanjung Pauh selalu dan terus mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Tanjung Pauh yang terdiri dari Home Industri, barang dan jasa.

“Terbukti dengan adanya UMKM di Tanjung Pauh sebanyak 58 UMKM yang terus berkembang dan sangat berpengaruh dalam hal penyerapan tenaga kerja khususnya bagi masyarakat Tanjung Pauh. Pemberdayaan masyarakat juga terlaksana melalui gerakan PKK dan LPM”, ungkapnya.

Disisi lain saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Lidya Nugrahmi menyampaikan bahwa penilaian kelurahan berprestasi tahun 2021 ini dilakukan untuk memilih kelurahan terbaik untuk mewakili Provinsi Sumbar, untuk itu ada tujuh kriteria dalam penilaian yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang PKK, bidang kesejahteraan rakyat dan bidang ekonomi pembangunan.

“Mudah-mudahan Kelurahan Tanjung Pauh dapat mewakili Provinsi Sumatra Barat ditingkat Nasional nantinya.” tutup Lidya mengakhiri. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.
- Advertisement -

Ny.Nevi Syafaruddin Dt Bandaro Rajo Lantik Ketua PKK Kecamatan Kapur IX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Senin 2/8 Ketua PKK Kecamatan Kapur IX dilantik. Pelantikan tersebut dilansungkan di gedung UDKP Kecamatan Kapur IX.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).
- Advertisement -