32 C
Padang
Kamis, Maret 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

The Wall Street Journal: Hamas Berhasil Membuat Takut Zionis ‘Israel’
T

Kategori -
- Advertisement -

Tiga juta orang ‘Israel’ menghabiskan Sabtu (12/7/2014) malam mereka dalam kepanikan karena takut akan serangan balik yang akan dilancarkan oleh Hamas. Hamas sebelumnya telah memperingatkan akan menembakkan roket ke wilayah metropolitan Tel Aviv dalam menanggapi serangan udara mematikan penjajah ‘Israel’ di Gaza, demikian lansir MEMO.

Seorang analis militer di Saluran 2 TV ‘Israel’, Roni Daniel, mengatakan bahwa dalam sejarah ‘Israel’, “Tidak ada yang berani mengancam untuk menyerang ‘Israel’, apalagi kota besar dan bekas ibukota seperti Tel Aviv.”

Media lokal mengeluhkan ketidakberdayaan ‘Israel’ dalam menghadapi ancaman roket Hamas yang mengatakan akan menargetkan Tel Aviv dan Gush Dan pukul 9:00 malam pada Sabtu (12/7). Analis politik Saluran 2 ‘Israel’ Amnon Abromovitch menyatakan apa yang menimpa mereka sebagai sesuatu yang “belum pernah terjadi sebelumnya”. Hal ini menunjukkan keberhasilan perang psikologis Hamas. “Tampaknya (Hamas) telah mencapai tujuannya,” tambahnya.

Demikian pula, The Wall Street Journal, harian internasional berpengaruh yang terbit di New York City, mengatakan bahwa Hamas “berhasil membuat takut warga ‘Israel’ di Tel Aviv dan meraih perhatian nasional dengan perang psikologis.”

Selama roket-roket ditembakkan oleh Hamas pada Sabtu (12/7) malam, ‘Israel’ mencoba menghibur diri dengan menyiarkan berita tentang keberhasilan pesawat tempur mereka menghancurkan basis dari mana roket-roket itu diluncurkan.

Respon Hamas telah mengguncang ‘Israel’. Klaim pemerintah mereka yang menyatakan bahwa ‘Israel’ memiliki keamanan yang kuat telah runtuh; warga ‘Israel’ dibuat tak berdaya menunggu-nunggu dalam ketakutan.

Analis menafsirkan roket pada Sabtu (12/7) sebagai pesan yang merupakan pukulan serius bagi keamanan ‘Israel’ dan militer mereka. Mereka mengatakan bahwa itu dapat menyebabkan fase baru dalam konflik, termasuk operasi darat, karena ‘Israel’ akan berusaha untuk terus menyerang.

Di tengah ketakutan warga Tel Aviv terhadap roket-roket perlawanan pejuang Palestina, kepanikan di ‘Israel’ juga dikabarkan muncul setelah pesan dari sayap militer Hamas Brigade Al-Qassam disebarkan oleh intelijen ‘Israel’, Shabak. Pesan itu memperingatkan akan kemungkinan dilancarkannya operasi istisyhadiyah (operasi syahid) oleh para pejuang Palestina. (arrahmah.com)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img