29 C
Padang
Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tari “Anggun Nantongga” Pukau Pengunjung Pembukaan Porprov XV Padang Pariaman.
T

- Advertisement -

Padang Pariaman,Beritasumbar.com. Spektakuler…….!!!, Dipenghujung kegiatan pembukaan ivent olahraga terbesar di Sumatera Barat XV Tahun 2018 yang di laksanakan di Kabupaten Padang Pariaman, Ratusan ribu pasang mata terpesona menyaksikan rangkaian acara yang sudah disusun panitia.

Masyarakat pada Senin 19/11 malam itu padati lapangan hijau Sungai Sariak untuk menyaksikan pembukaan Pekan Olah Raga Provinsi Sumatera Barat ke 15 Tahun 2018. Apalagi cuaca cukup mendukung pada malam itu. Acara dikemas dengan nuansa Asean Games oleh panitia pelaksana.
Gemerlap lampu hias memukau masyarakat yang hadir di pembukaan acara Porprov XV tersebut. Ivent Pembukaan kali ini memang dirancang beda dengan sebelumnya, Mulai dari persiapan Panggung, , tribun, serta menampilkan kegiatan kesenian yang spektakuler.

Penyajian Silek Galombang yang diiringi dengan hidangan Tambua Tasa, Permaianan Anak Nagari seperti Engrang, sepak rago, paduan suara yang disesuaikan dengan Kontingen masing- masing Kota/ Kabupaten peserta Porprov XV yang hadir malam itu.
Pembukaan Porprov XV tahun 2018 ditandai dengan pemukulan Gandang Tasa oleh Irwan Prayitno Gubernur Sumatera Barat.

Pada acara pembukaan ini hampir seluruh Kontingan dari 19 Kota/Kabupaten Se Sumatera Barat didampingi kepala daerah masing masing. Juga Ketua dan pengurus KONI daerah mereka. Sementara dari pusat hadir Tono Suratman Ketua KONI Pusat.
Diakhir pidato Irwan Prayitno, lansung disambut dengan pagelaran tari kolosal yang mengisahkan Hikayat Minangkabau. Hikayat terbut bernama Anggun Nan Tongga
Tari Anggun Nan Tongga ini melibatkan 200 orang penari yang berasal dari siswa siswa sekolah lanjutan tingkat menengah atas di Kabupaten Padang Pariaman.

Butuh waktu sekitar 2 bulan untuk melatih para siswa ini agar bisa tampil maksimal dan menguasai materi tari tersebut. Pelatihan lansung dibawah komando Kepala Bidang Promosi dan Ekonomi Kreatif di Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga.
Tari kolosal ini berdurasi sekitar 1,5 jam. Kostum anak tari yang cukup kemilau dan ditambah lighting acara yang sangat bagus menjadi daya tarik tersendiri bagi ratusan ribu penonton dan rombongan kontingen Porprov malam itu.

Begitu penampilan tari kolosal Anggun Nan Tongga selesai, Kembang apipun di lepas ke udara. Sekitar 1 jam pesta kembang api menghiasi langit Sungai Sariak menambah meriahnya penbukaan acara Poprov XV Tahun 2018 di Padang Pariaman tersebut. Dan dilanjut dengan penampilan Band Drive dalam nuansa hiburan warga.
Sukses dan meriahnya acara pembukaan alek Olahraga Tingkat Provinsi Sumatera Barat tersebut tidak terlepas dari sentuhan tangan Ade Novalia sang kabid yang membidangi kegiatan tersebut.
“Ada sekitar dua bulan kami mempersiapkan acara ini, Mulai dari mencari bibit, sampai melatih anak anak tersebut untuk bisa tampil maksimal di pembukaan acara ini. Sebagai tuan rumah Padang Pariaman harus sukses dalam segala bidang di Porprov ini. Terutama acara pembukaan yang menjadi tanggung jawab saya” ujar Ade Novalia.
Selama mempersiapkan penampilan tari kolosal ini, mulai dari mencari bibit ke sekolah sekolah dan melatih mereka yang sudah dipilih, Ade panggilan akrab kabid satu ini mengatakan berusaha memaksimalkan hasil dengan dana yang minim.
Dengan biaya minim kita bisa tampil maksimal meskipun kita harus bersusah mendidik, melatih, merancang, sampai penyajian tampilan yang terbaik” Cetus Ade.
Sementara itu Diskominfo Padang Pariaman yang dikepalai oleh Zahirman Kadar membuat inovasi baru di Porprov XV tahun 2018 ini. Sesuai bidang yang dipimpinnya Zahirman menghadirkan Website resmi untuk Pekan olahraga Provinsi ini. Agar segala informasi akan pelaksanaan acara 2 tahunan ini bisa diakses secara umum.
Masyarakat bisa mengakses informasi tentang Porprov Padang pariaman melalui link : http://porprov.padangpariamankab.go.id/
Untuk bisa seluruh kegiatan terakses secara keseluruhan cabor, Zahirman menempatkan tenaga terlatih di 37 Venue yang tersebar di Padang Pariaman dan Kota Pariaman.
Mereka yang ditempatkan di setiap venue dengan tugas melaporkan setiap pertandingan untuk di update di website  :http://porprov.padangpariamankab.go.id/  dikenal dengan relawan “SIMEHA” .(syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img