24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Tahun Berganti Musim Bertukar, Kenangan Itu Selalu Terbawa
T

Kategori -

Walau tahun berganti musim bertukar, kenangan masa lalu itu tidak gampang dilupakan. Apalagi masa kanak kanak sampai masa remaja. Dari awal kenal dunia pendidikan alias masuk sekolah sampai sudah beranak cucu memori itu akan selalu dikenang.

Kita coba ambil sepenggal cerita dari anak anak generasi tahun 1970-an hingga tahun 1990-an. Generasi ini membawa beban kenangan yang cukup berat. Dulu mereka terbiasa bermain pasir dan berenang di sungai kali yang dangkal. Dan pada masa pendidikan SD pun mereka juga tidak luput untuk selalu bermain dore, cak bur, kelereng, gambar, ataupun bermain kasti di jam pelajaran olahraga.

Sepulang sekolah pun mereka ada yang mengembalakan sapi atau kambing, menyabit rumput, memelihara ayam, dan lalu sore harinya bermain bola di sebuah lapangan kecil di halaman atau di sebuah kebun yang sudah lama tak diolah. Tak perlu ada wasit dalam permainan itu. Gawangnya cukup mumbang kelapa atau sepasang sandal yang direlakan untuk sementara waktu demi kesuksesan permainan itu. Bagi yang sudah merasa lelah maka dengan tahu diri akan menggantikan dirinya kepada temannya yang sudah antri. Dan memang begitulah, tanpa dikomando, permainan itu akan berhenti sendiri ketika adzan magrib sudah berkumandang.

Kenangan selanjutnya yang mereka simpan dan dibawa ke mana pun sepanjang hidupnya yaitu masa-masa sekolah menengah. Pagi hari mereka ke sekolah berjalan kaki dan pulang sesekali naik angkot. Perjalanan pulang pergi sepanjang 3 km ke sekolah suatu hal yang biasa di jaman dulu. Dan memang, memori tentang menunggu dan naik angkot punya porsi yang khusus bagi setiap orang.

Bisa saja angkot-angkot semakin jarang di kota ini, namun di dalam memori mereka, di dalam perasaan yang paling dalam, angkot-angkot senantiasa terus hidup di dalam pikiran mereka. Dan setelah itu, mereka hidup di dalam dunia yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Satu orang dengan orang yang lain bisa saling berbicara dengan video call di tempat berbeda.

Komputer yang dulu di gadang-gadangkan di bangku sekolah, sekarang sudah menjadi barang dan kebutuhan yang biasa. Mereka telah hidup dan berjalan di zaman instan. Satu-satu teman mereka sudah pergi. Dan satu-satu berangsur-angsur pula gedung-gedung berdiri. Di sisi lain mereka menjadi manusia baru dan di sisi lainnya mereka tak pernah henti membawa beban kenangan yang tak mungkin kembali lagi.


Penulis: Feni Efendi, pencatat memori kolektif.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pulang Kampung, Gonjong Limo Bandung Salurkan Bansos Di Kecamatan Luhak Dan Payakumbuh Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gonjong Limo (G5) merupakan salah satu Perkumpulan perantau asal Luak Limopuluah di berbagai kota di Luar Sumbar. Salah satunya di Kota Bandung Jawa Barat. Gonjong Limo yang ada di Bandung ini selain wadah berkumpul dan menjalin silaturahmi sesama perantau asal Luak Limo puluah juga menggalang dana sosial untuk warga tidak mampu. Penggalangan dana melalu bidang Rumah Zakat Gonjong Limo.
- Advertisement -

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...
- Advertisement -

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Kabag Opsnalev Baharkam Polri Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM bersama Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan pejabat utama Polres mengunjungi kawasan wisata Geopark Silokek, Sabtu (12/6). Kunjungan Jendral Hendi beserta jajaran Polres Sijunjung Dalam rangka mewujudkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes, di kawasan wisata geopark ranah minang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.

Strategi Humas Yang Efektif Di Era Pandemi Covid 19

Hubungan masyarakat (public relation) adalah sebuah proses komunikasi strategis yang digunakan oleh pihak baik individu, perusahaan, atau organisasi guna membangun suatu hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

Pengaruh Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Konsep Manajemen

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata perencanaan berasal dari kata rencana yang berarti rancangan atau rangka dari sesuatu yang akan dilakukan atau dikerjakan pada masa yang akan datang. Perencanaan merupakan rancangan awal suatu kegiatan karena semata-mata untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mencapai keberhasilan. Jadi, perencanaan adalah suatu usaha untuk memilah pengetahuan, fakta, dan imajinasi untuk menghilangkan kesenjangan dengan melakukan perubahan untuk membawa masa depan kepada masa sekarang.

Guru Sebagai Pengarah Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan

Guru harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. Kata ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri teladan bagi semua muridnya.

Pengaruh Lingkungan Pendidikan Dalam Perencanaan Kurikulum

endidikan merupakan salah satu aspek penentu bagi kemajuan bangsa, dengan pendidikan manusia dituntut untuk memperoleh kepandaian dan ilmu, sehingga akan mampu menguasai bidang yang dipelajari sesuai tujuan dari pelaksanaan pendidikan.

Pengaruh Pendidikan Terhadap Pola Pikir Masyarakat

Pendidikan adalah unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa berkreasi dan menghasilkan sesuatu tanpa ada dasar pendidikan. Pendidikan tidak hanya bersifat formal, namun juga bisa bersifat informal. Sayangnya, yang terjadi saat ini adalah banyaknya kerancuan yang terjadi di dalam sistem pendidikan negara kita.

Kecanduan Game Online dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Peserta Didik

Game online adalah game yang terbaru yang mulai muncul di Indonesia. Seiring bertambahnya tahun pembaharuan game online ini semakin maju mulai dari fitur-fitur terbaru dan yang jumlah pemainya sangat beragam pula. Di era sekarang koneksi internet sangat mudah yang membuat semakin maraknya pengguna game online di Indonesia terutama di kota-kota.
- Advertisement -