26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Tahun Berganti Musim Bertukar, Kenangan Itu Selalu Terbawa
T

Kategori -

Walau tahun berganti musim bertukar, kenangan masa lalu itu tidak gampang dilupakan. Apalagi masa kanak kanak sampai masa remaja. Dari awal kenal dunia pendidikan alias masuk sekolah sampai sudah beranak cucu memori itu akan selalu dikenang.

Kita coba ambil sepenggal cerita dari anak anak generasi tahun 1970-an hingga tahun 1990-an. Generasi ini membawa beban kenangan yang cukup berat. Dulu mereka terbiasa bermain pasir dan berenang di sungai kali yang dangkal. Dan pada masa pendidikan SD pun mereka juga tidak luput untuk selalu bermain dore, cak bur, kelereng, gambar, ataupun bermain kasti di jam pelajaran olahraga.

Sepulang sekolah pun mereka ada yang mengembalakan sapi atau kambing, menyabit rumput, memelihara ayam, dan lalu sore harinya bermain bola di sebuah lapangan kecil di halaman atau di sebuah kebun yang sudah lama tak diolah. Tak perlu ada wasit dalam permainan itu. Gawangnya cukup mumbang kelapa atau sepasang sandal yang direlakan untuk sementara waktu demi kesuksesan permainan itu. Bagi yang sudah merasa lelah maka dengan tahu diri akan menggantikan dirinya kepada temannya yang sudah antri. Dan memang begitulah, tanpa dikomando, permainan itu akan berhenti sendiri ketika adzan magrib sudah berkumandang.

Kenangan selanjutnya yang mereka simpan dan dibawa ke mana pun sepanjang hidupnya yaitu masa-masa sekolah menengah. Pagi hari mereka ke sekolah berjalan kaki dan pulang sesekali naik angkot. Perjalanan pulang pergi sepanjang 3 km ke sekolah suatu hal yang biasa di jaman dulu. Dan memang, memori tentang menunggu dan naik angkot punya porsi yang khusus bagi setiap orang.

Bisa saja angkot-angkot semakin jarang di kota ini, namun di dalam memori mereka, di dalam perasaan yang paling dalam, angkot-angkot senantiasa terus hidup di dalam pikiran mereka. Dan setelah itu, mereka hidup di dalam dunia yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Satu orang dengan orang yang lain bisa saling berbicara dengan video call di tempat berbeda.

Komputer yang dulu di gadang-gadangkan di bangku sekolah, sekarang sudah menjadi barang dan kebutuhan yang biasa. Mereka telah hidup dan berjalan di zaman instan. Satu-satu teman mereka sudah pergi. Dan satu-satu berangsur-angsur pula gedung-gedung berdiri. Di sisi lain mereka menjadi manusia baru dan di sisi lainnya mereka tak pernah henti membawa beban kenangan yang tak mungkin kembali lagi.


Penulis: Feni Efendi, pencatat memori kolektif.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

20 Pasang Catin Ikuti Bimwin di Aula KUA Padang Panjang Timur

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Aula KUA Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa (14/09/2021)
- Advertisement -

Ikut Prihatin Atas Kebakaran Pasar Bawah, Partai Gerindra Bantu 200 Nasi Bungkus

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kebakaran menghanguskan ratusan los tempat menjual berbagai macam kebutuhan harian di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sabtu (11/9/2021) dini hari, telah menimbulkan...

Bukittinggi Dukung Pemprov Sumbar Melakukan Perluasan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mendukung penuh rencana Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumatera Barat untuk melakukan perluasan "Sell Landfill" Tempat Pembuangan Akhir (TPA)...
- Advertisement -

Cara Bijak Memaksimalkan Marketplace Online Dibahas di Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Pandemi membuat masyarakat membeli seluruh kebutuhannya melalui online di marketplace. Barang yang paling banyak dicari di e-commerce ialah, pakaian dan produk kecantikan, elektronik, serta travel dan akomodasi.

Di Acara Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ini Harapan Bupati

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan acara pisah sambut Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota dari Letkol Kav Ferry Stevanus Lahe, S.A.P., M.H kepada Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyono, S.H. bertempat di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Minggu (12/09/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jabatan Itu Amanah, Jangan Kau Minta Apalagi Beli

Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis melarang umatnya untuk meminta jabatan. Rasulullah juga enggan memberikan jabatan kepada orang yang meminta jabatan dan rakus.

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Manajemen Kesehatan Diri Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemik merupakan penyebaran luas (mendunia) penyakit baru yang disebabkan agen biologis. Pandemik memiliki beberapa karakteristik yaitu merupakan penyakit baru (paling sering: zoonosis, penyakit akibat virus), penyebaran tingkat global dan sebagian besar mayarakat tidak memiliki kekebalan tubuh.

Gorengan Politik

Pernah mencoba makan goreng pisang? Bagaimana, enak bukan? Apalagi dimakan saat hari hujan ditemani segelas kopi bersama kawan, sensasinya sungguh nikmat sekali. Momen indah, yang ingin terus terulang.

Yang Heboh Sudah Terbiasa Bikin Heboh

Tadi malam agak beda pula informasinya. Pemberitaan di salah satu media online menyebutkan KPK sedang OTT di Sumbar. Bahkan langsung mengarah kepada Pemprov Sumbar. “Bakalisiak” pula semua orang dibuatnya. Sehingga yang tenang jadi heboh.

Buya Mahyeldi Profesional Lantik Pejabat

Agaknya dua puluh empat jam gerak-gerik Buya Mahyeldi selalu di pantau. Diperhatikan betul, tak berkedip mata dibuatnya. Kebijakanya selalu di sorot dan di preteli satu persatu. Sepertinya terlalu berlebihan akan tetapi diambil saja sisi positifnya. Banyak yang perhatian kepada Buya Mahyeldi

Era Industri 4.0 Dikhawatirkan Menggerus Nilai-Nilai Kemanusiaan

Jakarta,BeritaSumbar.com. – Dunia pendidikan saat ini sedang mengalami masalah yang serius. Dengan perubahan Ilmu Pendidikan dan Teknologi (Iptek) yang sangat cepat dan kompleks.

Pemberdayaan PKK Dalam Meningkatkan Self Management Terkait Pandemik Covid-19 Di Jorong Bansa

Pandemik Covid 19 berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan baik dimensi bio, psiko, sosio, ekonomi, spiritual dan kultural. Infeksi virus SARS-CoV-2 (coronavirus) sebagai penyakit infeksi baru yang belum diketahui obatnya, menyerang secara tiba-tiba dengan penularan dan penyebaran progresif yang cepat mengakibatkan kecemasan dan ketakutan hampir diseluruh lapisan masyarakat.

Surat Untuk Pejabat Daerah Kabupaten Solok

Bismillahirrohmanirrahim. Dengan segala ketulusan ketulusan dan kecintaan kepada Kabupaten Solok, demi kesetiaan serta pengabdian kepada Ibu Pertiwi. Semuanya berlalu begitu saja tanpa rasa berdosa merayakan kemerdekaan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Solok 18 Agustus 2021.

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.
- Advertisement -