24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sumbar Provinsi Terbaik Pengelolaan dan Pelestarian Hutan
S

Kategori -
- Advertisement -

Sumatera Barat berpotensi menjadi contoh pengelolaan hutan suaka dan hutan konservasi lewat program Pengawasan Hutan Berbasis Nagari (PHBN).

Berdasarkan penelusuran lembaga pelestarian hutan Redd+, Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi terbaik dalam hal pengelolaan dan pelestarian hutan.

“Pendekatan kebudayaan yang dilakukan oleh pemerintah setempat dan lembaga lainnya, Sumbar boleh dibilang berhasil dalam pengelolaan hutan. Hal itu menjadi referensi bagi kami untuk mengembangkannya di daerah lain,” kata Deputi Operasional Badan Pengelola REDD+, William Sabandar kepada KLIKPOSITIF.

Ia menyebut, pendekatan kebudayaan yang dilakukan ke masyarakat desa bisa membuat program pengelolaan dan pengawasan hutan bisa dilakukan dengan efektif. “Provinsi lain bisa belajar dengan Sumbar terkait pengelolaan hutan berbasis PHBN ini,” ujarnya.

Selain Sumbar, REDD+ juga melakukan kerja sama dengan 13 provinsi lainnya yang ada di Indonesia untuk langkah efektifitas pengelolaan hutan.

“Pada dasarnya program PHBN ini memberikan kewenangan bagi masyarakat untuk merawat dan menjaga hutan di nagari, sehingga pokok tujuan dari PHBN sendiri bisa tercapai,” kata William. (klikpositif)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img