24.9 C
Padang
Jumat, Juni 18, 2021
Beritasumbar.com

Sisihkan Uang Gaji Ditambah Kemampuan Bertukang, Bripka Firman Z Bangun Mushola
S

Tanah Datar, BeritaSumbar.com,-Menjadi anak yatim sejak kelas 5 Sekolah Dasar, tak menyurutkan cita-cita Bripka Firman. Z untuk menjadi penegak hukum. Berdinas 15 tahun sebagai polisi, Firman berbekal skill “Batukang” (Tukang Bangunan) dan menyisihkan sebagian gajinya, Firman dibantu dana swadaya masyarakat Setangkai, membangun Musholla dengan luas 5×6 meter dan 2 ruang kamar mandi di pinggiran sungai Batang Tompo, Jorong Taruko, Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar, Sumbar .

Dari keterangan warga sekitar Bripka. Firmanlah yang mengerjakan Musholla tersebut dengan tangannya sendiri pada sekitar tahun 2009 lalu.

“Baik mengecor, mengaduk semen, merakit besi, memasang bata, dan semua pekerjaan kuli bangunan dilakukannya sampai Musholla “Nur Arifin” itu selesai dengan masa pengerjaan sekitar 1,5 tahun, “ungkap warga bernama Asnimar (58th), Minggu (24/2)

Dikatakan Firman, bahwa niat mendirikan musholla ini dan tempat mandi bagi warga Setangkai ini terinspirasi saat ia dinas sebagai Polantas PJR di daerah itu.

Dari keterangan warga sekitar Bripka. Firmanlah yang mengerjakan Musholla tersebut dengan tangannya sendiri pada sekitar tahun 2009 lalu.

“Baik mengecor, mengaduk semen, merakit besi, memasang bata, dan semua pekerjaan kuli bangunan dilakukannya sampai Musholla “Nur Arifin” itu selesai dengan masa pengerjaan sekitar 1,5 tahun, “ungkap warga bernama Asnimar (58th), Minggu (24/2)

Sementara dari keterangan Firman bahwa niat mendirikan musholla ini dan tempat mandi bagi warga Setangkai ini terinspirasi saat ia dinas sebagai Polantas PJR di daerah itu.

“Saat itu saya dinas setiap hari di Poslantas Setangkai, namun saya lihat tak ada satupun tempat mandi dan sholat yang tersedia. Setiap ingin mandi, saya melihat warga sekitar, baik pagi dan sore mandi dan melakukan aktifitas semuanya di pinggiran sungai Batang Tampo ini, baik laki-laki atau perempuan ” ungkap pria kelahiran Lima Puluh KOta, 13 maret 1981 ini .

Alasan tersebut membuat Firman bertekad mewujudkan keinginannya agar disekitar tempat ia berdinas ada Musholla dan tempat mandi bagi warga. Memberanikan diri minta ijin dengan pemilik tanah ( Etek Asnimar) dan dengan sedikit mendam tanah aliran sungai, akhirnya pemilik tanah menghibahkan untuk dibangun Musholla, tempat mandi dan MCK bagi masyarakat yang sebelumnya areal itu hanya tebing bersemak belukar.

Diakui Firman biaya awal pembangunan Musholla itu ia dapatkan dengan cara berhutang ke salah satu toko bangunan disekitar daerah Lintau Buo.

“Selama 1,5 tahun saya mendirikan Musholla ini, saya meninggalkan istri dan anak-anak saya, dan tidur setiap hari di Pos Lantas yang berada di depan, “ujar Firman sembari menunjuk Pos Lantas yang terlihat saat berada di lingkungan Musholla Nur Arifin.

Dikatakan Firman bahwa istrinya bernama Helvi Desyanti yang saat itu hanya guru honor di Payakumbuh ikut memberi support dan ijin padanya untuk pulang hanya sekali seminggu , agar pengerjaan Musholla dan Kamar mandi warga tersebut dapat fokus ia selesaikan.

Ijin mendirikan Musholla bagi warga itu juga harus di dapatkannya dari komandan Satlantasnya waktu itu, yaitu Arifin Daulay yang saat itu berpangkat AKP.

“Akhirnya Sprint tugas saya dapatkan agar tetap stanby di daerah Setangkai ini, sampai Musholla ini selesai. Alhamdulillah saat bekerja saya, untuk makan dan minum “Pak Tukangnya” (red *saat itu Firman) disediakan oleh masyarakat sekitar, “tutur Firman sembari tersenyum.

Sementara itu Wali Nagari Taluak, Pendi Aswir mengakui bahwa Musholla Nur Arifin itu dibangun atas inisiatif awal dan kerja keras pak tukangnya yang tak lain adalah Bripka Firman. Z.

“Musholla ini sangat besar manfaatnya bagi warga sekitar dan masyarakat yang menunggu kendaraan dan berhenti di simpang Setangkai. Musholla dan kamar mandi ini telah dimanfaatkan Ratusan warga kami dan masyarakat sekitar untuk sholat, sesekali untuk mengaji anak – anak saat magrib, “ucap Pendi Aswir.

Disampaikan Pendi bahwa Nagarinya tahun lalu mendapat dana bantuan dari pemerintah sebesar 150 juta untuk merenovasi Musholla dan membangun jalan menuju ke Musholla dan kelengkapan sarana listrik, dan kamar mandi.

“Musholla Nur Arifin akan diganti nama menjadi Musholla Nur firman untuk mengingat tetes keringat dan inisiatif Bripka Firman hingga akhirnya kami memiliki satu-satunya Musholla di pinggiran Sungai Batang Tampo Setangkai ini. Saat ini sedang dalam proses surat menyurat di kantor wali nagari “ujarnya.

Berdasarkan rekam jejak, Bripka Firman. Z tidak kali ini saja membangun dan menyelesaikan pembangunan tempat ibadah (Musholla). Keahliannya “Tukangnya” juga ikut ambil bagian dalam pengerjaan Musholla di Mapolres Tanah Datar pada tahun 2004 dan Musholla di SLB Lintau tahun 2010 lalu.(*/romeo)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.

MAN 1 Padang Panjang Terima Pendidikan Kependudukan dari BKKBN Propinsi Sumatera Barat

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tenaga Pendidik MAN 1 Kota Padangpanjang mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembentukan Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan ( Satuan Pendidikan Formal Melalui Sekolah Siaga Kependudukan). Kegiatan ini terlaksana setelah diadakannya komunikasi antara Pihak Madrasah melalui Pembina Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) yang dilanjutkan kepada Julpiadi Hutabarat, S.Ag.,M.S.I selaku Kepala MAN 1 Kota Padang Panjang melalui Wakil Bidang Kesiswaan Lainah, S.Ag., M.Pd.I dengan Dinas Sosial PPKBP3A Kota Padang Panjang yang diteruskan ke BKKN Propinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021).
- Advertisement -

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)

Terkendala Akses Jalan, Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Jalan Setapak

Kisah Pilu seorang ibu di desa Sigalabur Kab Pasaman, Melahirkan Anak di Tengah Hutan karena akses infrastruktur jalan hanya jalan setapak
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Tim Pengabdian Masyarakat Dari Kampus Unand Gelar Perlatihan Optimalisasi Berkoperasi Di Nagari Pariangan

Tanah Datar,BeritaSumbar.com,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas, Padang yang diketuai oleh Ns. Boby Febri Krisdianto, S.Kep., M.Kep., menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan dengan tema "Optimalisasi Potensi Desa Wisata Nagari Pariangan

Pimpin Apel Sinergi Dua Lembaga, TNI-Polri Siap Ciptakan Kamtibmas di Wilayah Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan memimpin Apel Sinergitas TNI-POLRI, Kodim 0310 SSD dan Polres Sijunjung, di Mapolres Sijunjung, Kamis (27/5). Ia mengatakan dalam...

Kemendikbud Ristek Puji Inovasi Sekolah Padang Panjang pada Masa Pandemi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Masa pandemi Covid-19 justru mendorong lahirnya berbagai inovasi dan kreativitas di sejumlah sekolah di Kota Padang Panjang.  Proses belajar mengajar berbasis digital...

Pengusaha Ikan salai Galuang Yang Belum Tersentuh Bantuan Pemda Tanah Datar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pengusaha mikro ikan salai atau yang dikenal juga dengan ikan asap di Dusun Galuang Jorong Melur Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara hingga kini belum tersentuh bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar dalam menghadapi pandemi Covid- 19.

Kampung Adat Terpopuler Versi API Itu Berasal Dari Kabupaten Limapuluh Kota

Labuan Bajo, beritasumbar.com - Kementerian Pariwisata RI anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yakni juara dua kategori Kampung...
- Advertisement -