32 C
Padang
Senin, April 15, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Siapkan Generasi Milineal Tangguh Dalam Dunia Entrepreneur, Politani Payakumbuh Adakan Seminar Kewirausahaan
S

- Advertisement -

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Dalam rangka mempersiapkan generasi milineal yang tangguh dalam dunia entrepreneur, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (politani) menyelenggarakan seminar kewirausahaan.  Acara yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Budidaya Tanaman Pangan (Hima Pangan) mengangkat tajuk industrional seminar dan kompetisi (INDISKO), Minggu (28/10) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Politani dan dirancang hingga sore hari ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Ir. Setya Dharma, M.Si. Acara diawali dengan penampilan tari pasambahan sebagai pembuka seminar dan penyerahan sirih pada para tamu kehormatan.

Adi Putra Mulatama selaku Ketua Pelaksana dan Wahyuni Siregar selaku Sekretaris serta seluruh kepanitiaan menyampaikan tujuan Indisko untuk membangkitkan serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.  Ia menyampaikan acara tersebut dapat berdampak jangka panjang terhadap para peserta dalam berwirausaha.

”sesudah menamatkan pendidikan di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh diharapkan mampu melahirkan pemuda-pemudi wirausahawan yang dapat mengurangi penggangguran dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat” ungkap Adi Putra Mulatama selaku Ketua Pelaksana.
Tampak Mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Pangan antusias menghadiri seminar ini, disamping peserta umum turut mengikuti materi entrepreneur yang disajikan.  Selain itu turut hadir tamu undangan, diantaranya Presiden BEM Politani Payakumbuh, Ketua DLM, serta Ketua  HMJ selingkungan kampus.
INDISKO menghadirkan satu pemateri utama, yakni bapak sujadmiko selaku salah satu pendiri CV ARPINDO PERKASA yang sudah berdiri dari tahun 2013.  CV ARPINDO PERKASA adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pertanian, salah satu produk terbaiknya adalah pupuk organik angkasa.  Peserta acara seminar ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berada dibawah naungan Jurusan Budidaya Tanaman Pangan yaitu 6 program studi diantarannya Pengelolaan Agribisnis, Budidaya Tanaman Hortikultura, Budidaya Ternak, Agribisnis, Budidaya Tanaman Pangan dan Paramedik Veteriner.

Pemaparan berlangsung dengan baik dan kumunikatif antara peserta dan para pembicara. Tak hanya bertanya, beberapa dari peserta juga aktif berbagi pengalaman mereka yang sudah mencoba membuka bisnis sendiri sembari kuliah.  Seminar terasa lebih hidup saat para pemateri menyelingi penyampaian dengan permainan ringan yang interaktif.

Acara mendapatkan apresiasi yang sangat bagus dari pihak peserta dan dosen yang mengikuti acara. Dari semua ketua program studi menaruh harapan agar acara seperti ini terus diadakan setiap tahunnya oleh Hima Pangan, karena merupakan acara yang sangat bagus dan memotivasi bagi mahasiswa untuk terus berwirausaha setelah tamat kuliah. Kita ikut antusias melihat semangat para peserta ujar para dosen dan ketua jurusan yang hadir di acara ini.
Tak tanggung-tanggung dengan jumlah mahasiswa sebanyak 811 orang yang ikut hadir dalam acara tersebut.  Ini menandakan tak hanya potensi, tapi minat untuk berwirausaha di kalangan mahasiswa juga tengah bangkit. Ini harus kita rangkul, lewat INDISKO ini juga kita bisa melakukan pembinaan berkelanjutan kepada para  calon pengusaha muda ini, ungkap bapak sujadmiko.

Di akhir acara, diserahkan penghargaan kepada para peserta terbaik dari kompetisi rancangan usaha di seminar INDISCO ini.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img