30.1 C
Padang
Rabu, Mei 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Satpol-PP Limapuluh Kota Ambil Peran Amankan Gowes Situjuah Batua
S

Kategori -
- Advertisement -

Situjuah, beritasumbar.com – Dalam Peringatan Peristiwa Perjuangan Situjuah Batua ke-73, pada Minggu, (16/1) pihak panitia melaksanakan Gowes Sepeda keliling nagari dengan peserta dari Jambi, Riau, Sumbar, bahkan dari Malaysia.

Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutan pelepasan Gowes menjelaskan bahwa Nagari Situjuah Batua adalah nagari basis perjuangan NKRI dalam mempertahankan kemerdekaan. Ke depannya pemerintah daerah akan melaksanakan gowes itu sekali enam bulan, dan Pemkab Limapuluh Kota juga akan mengajak peserta dari Malaysia agar lebih banyak datang melancong ke daerah tersebut.

Ketua Panitia Gowes Situjua Batua Rusianto Dt Pado mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan itu lebih kurang 1000 orang.

“Dalam kegiatan gowes ini panitia menyediakan hadiah sepeda motor dan beragam hadiah berupa bingkisan lainnya yang menarik peminat gowes, serta menampilkan kesenian Talempong Pocik Bundo kanduang anak Nagari Situjua Batua,” ujarnya.

Sementara itu Satpol-PP Limapuluh Kota yang merupakan penegak perda, menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat ikut berperan aktif memberikan layanan terbaik bagi peserta dengan mengatur ketertiban masyarakat yang menyaksikan acara pelepasan gowes hingga finish.

Kasatpol-PP Limapuluh Kota Fiddria Fala menjelaskan bahwa Satpol-PP harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang hadir waktu pelaksanaan gowes itu dan tamu tamu yang menjadi peserta.

“Kami memerintahkan kepada anggota Satpol-PP untuk menjaga keamanan kepala daerah dan layanan terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Salah seorang peserta Gowes Firdaus yang juga Kepala SMAN di Kabupaten Solok mengatakan sangat senang ikut Gowes di Situjua Batua karna nagari tersebut adalah nagari bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Sebelumnya pada Sabtu (15/1) rangkaian Peringatan Peristiwa Perjuangan Situjuah Batua ke-73 sangat meriah dan merakyat. Gubernur Sunatrera Barat Mahyeldi Ansharullah bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo. Turut hadir Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia beserta Kepala OPD Pemrov, Ketua DPRD 50 Kota Deni Asra, Forkompimda dan Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten Limapuluh Kota. (Rel/Di)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img