25 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Rapat Forum Disdukcapil Sesumatera Barat Diadakan Di Lembah Harau
R

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Sarasah Bunta lembah Harau,Rapat ForumDisdukcapil Sesumatera Barat di gelar selama tiga hari dimulai dari kamis 25/1 sampai Sabtu 28/1.
Ikut Hadir, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Kepala Kantor Kemenag, Asra Faber, ketua KPU Limapuluh Kota, Ismed Ajinata, beserta seluruh Kepala Dinas Disdukcapil se Sumatera Barat.
Ketua Panitia penyelenggara pada acara pembukaan Kamis 25/1 malam , Afrizal Azis mengatakan rapat Forum ini di ikuti seluruh Dinas catatan Sipil di Provinsi Sumbar. “Kita merasa tersanjung atas dipilihnya Kabupaten Limapuluh Kota sebagai tuan rumah perdana di tahun 2018, semoga dalam forum ini menambah pengetahuan dan pengalaman kita dalam pencapaian target cakupan kepemilikan akta kelahiran dan akurasi data,”ujarnya.
Dikatakannya, selama ini kabupaten Limapuluh Kota dibawah komando Disdukcapil telah berhasil melakukan perekaman data penduduk mencapai angka 94 persen diatas rata-rata Provinsi Sumatera Barat.
Begitupun terhadap perekaman akta kelahiran juga mencapai 84 persen perekaman. “Tentunya, target ini akan terus kita tingkatkan sehingga mencapai angka 100 persen,” tambahnya.
Senada juga diungkapkan kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Barat, Novrial. Menurutnya, Disdukcapil di seluruh Provinsi Sumbar menargetkan angka perekaman mencapai 100 persen.
“Sebagai perekam data, tugas kita bagaimana bisa merekam data mencapai anggka 100 persen, saat ini rata-rata 92 persen perekaman data penduduk dan 90 persen akta kelahiran. Hal ini ini yang akan menjadi target kita,”sebutnya.
 Menurutnya data kependudukan tersebut adalah dasar dari sebuah pembangunan di masing-masing kota. Tidak hanya itu, data kependudukan juga digunakan sebagai alokasi anggaran. ” Data inj juga bisa menjadi data administrasi, dialogues berfungsi sebagai penegakan ham dan kriminalitas di tengah masyarakat. Untuk itu, kami mengadakan forum sekali dua bulan, yang bertujuan dalam peningkatan kinerja dan pencapaian target, cakupan kepemilikan akta kelahiran Nasional serta peningkatan akurasi data,”sebutnya.
Dirinya juga berharap forum tersebut juga berfungsi sebagai sarana tempat pertukaran informasi antara dinas ke dinas yang lainnnya.
Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, dalam sambutannya meminta dengan adanya forum antara dinas catatan sipil akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada dinas catatan sipil yang bersatu dan bekerjasama dalam menargetkan pelayanan kepada masyarakat kedepan. Kita yakin jika pekerjaan ini diisi dengan saling berbagi dan kerjasama yang baik,target ini akan bisa dicapai,”sebutnya.(rel)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...
- Advertisement -