25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

PTSP Kota Payakumbuh Peringkat I Nasional
P

Kategori -

Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Payakumbuh juara pertama nasional, untuk Indonesia. Atas prestasi itu Kota Payakumbuh menerima Investment Awards  dari pemerintah pusat. Penghargaan Investment Awards  itu diserahkan Wakil Presiden RI Boediono kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam acara di Istana Wapres Jalan Merdeka Selatan Jakarta, Selasa (19/11). Disaksikan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Kapolri Sutarman  dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal  RI, Mahendra Siregar.

Di Istana Wakil Presiden, Walikota Riza Falepi menerima Investment Awards didampingi Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Elzadaswarman, SKM, MPPT, Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos dan Kepala Koperasi Industri Perdagangan Indra Syofyan, SE, MM.

Penerima Investment Awards ini, hanya buat peringkat I, II dan III dari 10 kota yang masuk nominasi dalam penilaian  Investment Awards 2013 ini. Sedangkan,  pemenang kedua diraih Kota Tarakan, Kalimantan Timur. Sementara, pemenang ketiga direbut Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Untuk tingkat Kabupaten, pemenang I/II/III masing-masing milik Kabupaten Ogan Kemiring Ilir, Sumatera Selatan,  Lamongan, Jawa Timur dan Rokan Hulu, Riau. Sementara itu, untuk kabupaten ini tercatat 20 kabupaten yang masuk nominasi Investment Awards, termasuk di antaranya Kabupaten Agam. Sehari sebelumnya, ke-30 kota/kabupaten nominasi Investment Awards juga diberikan sertifikat  Investment Awards  oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal  RI, Mahendra Siregar, dalam acara di Stage Ballrom Hotel JW Marriot Jakarta.

Investment Awards yang diterima Payakumbuh itu, sebuah ukiran prestasi yang cukup membanggakan masyarakat Payakumbuh. Hanya dalam rentang waktu lima hari, dua gelar nasional sukses dipetik Kota Payakumbuh. Setelah dianugerahi penghargaan Kota Sehat Swastisaba Wistara (Tingkat Pengembangan), Kamis (14/11).

Di Sumatera Barat, tambah Riza Falepi, hanya Kota Payakumbuh yang memperoleh penghargaan bergengsi ini. “Sebuah catatan prestasi yang pantas disyukuri, dipertahankan dan ditingkatkan, Tapi, tantangan ke depan makin berat, karena akan banyak tamu dari berbagai kota dan kabupaten yang ingin belajar ke Payakumbuh dalam pelayanan/perizinan terhadap calon investor,” jelas   Riza didampingi Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Elzadaswarman.

Investment Awards,  Walikota Riza Falepi, diberikan pemerintah pusat dalam hal ini Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, kepada kota dan kabupaten yang punya komitmen tinggi dalam pengelola investasi dan perizinan. Dalam hal ini,  Pemko Payakumbuh lewat BPMPTSP sudah membuktikan kinerja terbaiknya kepada publik, terutama terhadap investor atau pemilik modal yang menanam modal di Payakumbuh.

Wakil Presiden Boediono berharap, agar seluruh walikota dan bupati serta gubernur di Indonesia, benar-benar mampu memberikan kepastian hukum yang jelas serta jaminan keamanan terhadap calon investor yang ingin menanam modal diseluruh daerah.  Penanaman modal di daerah yang pesat, akan mampu mempercepat peningkatan kesejahteraan diseluruh daerah, katanya.

Kepala BPMPTSP Elzadaswarman, mengemukakan,  kemudahan investasi di kota ini, bukan mengangkangi segala regulasi yang ada. Tapi, memberikan proses tak berbelit, sehingga ada jaminan atau kepastian  bagi pemilik modal membuka usaha di kota ini.

Dikatakan, secara nasional  pemerintah mengeluarkan paket kebijakan kemudahan berusaha bagi masyarakat yang ingin memulai kegiatan usaha baru agar prosesnya dapat lebih cepat dan mudah. Paket kebijakan itu, diaplikasikan Payakumbuh, untuk meningkatkan kondisi iklim usaha yang kondusif di kota ini. Di antaranya, pemangkasan perizinan, dan memperkuat koordinasi antar instansi terkait.

Menurut Elzadaswarman, pemberian  Investment Awards dilakukan pemerintah pusat cukup ketat. Diawali dengan verifikasi data yang dilakukan tim indenpenden, yaitu PT Surveyor Indonesia. Lolos verifikasi data,  presentasi Kepala BPMPTSP di depan 9 anggota tim penilai, di antaranya berasal BPKP/Bappenas, staf sekneg dan Komite Pemantau Pelaksana Otonomi Daerah. Berikutnya, uji petik ke Payakumbuh, dilakukan oleh tim berbeda.

Dikatakan, dengan segala keterbatasan yang dimiliki Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Payakumbuh, kita nyaris tak percaya jika Payakumbuh ditetapkan sebagai pemenang pertama. Tapi, karena tim penilainya benar-benar indenpenden dari PT Surveyor Indonesia,  penghargaan ini sebuah prestasi yang harus disyukuri dan iaplikasikan dengan kerja keras  yang lebih baik ke depan. “Kami siap memberikan yang terbaik buat seluruh public dan calon investor,” tegas  Elzadaswarman.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).
- Advertisement -

Peringati Hari Jadi Lalu Lintas, Satlantas Polres Padang Pariaman Gelar Baksos

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Padang Pariaman menggelar bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Jadi Lalu Lintas dan Operasi Patuh Singgalang...

Pelatih dan Pendamping Khafilah Padang Panjang Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan TC MTQ

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga pimpin Rapat Evaluasi bersama Pelatih dan Pendamping persiapan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Kamis siang menjelang sore (16/09/2021)
- Advertisement -

Di Padang Pariaman, Kemenkominfo Ulas Tips menjadi orangtua sukses mendidik generasi alpha

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Menjadi orang tua dari generasi alpha atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar abad ini, bukan hal yang mudah.

Wawako Bukittinggi Tinjau Pelaksanaan Seleksi PPPK

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, berkesempatan meninjau penyelenggaraan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bidang guru di SMAN 2 kota...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.
- Advertisement -