32 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Polres Limapuluh Kota Gelar Rekonstruksi Minggu Berdarah Di Taram
P

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Setelah penetapan dua tersangka atas tragedi berdarah pengeroyokan yang melibatkan salah seorang Anggota DPRD Limapuluh Kota dan adiknya dengan Erwin Syahputra (35) warga Pilubang memasuki tahap rekonstruksi atau reka ulang. Erwin meninggal dunia sebelum sempat mendapat pertolongan medis usai kejadian tersebut.

Rekontruksi yang digelar di belakang kantor Polres Limapuluh Kota, Rabu (4/10) dimulai sekitar pukul 10.00 Wib itu, penyidik Satreskim Polres Limapuluh Kota sudah menghadirkan kedua tersangka Tedy Sutendi yang juga anggota DPRD Limapuluh Kota dari Partai Hanura dan adiknya Primsito panggilan Tito di Mapolres setempat, namun reka ulang yang dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU) Afdal, SH, Oktri, SH dan Salmadera,SH dan dua pengacara dari kedua tersangka yakni Faisal Munir, SH dan Mevrizal,SH itu, tidak diperankan langsung oleh tersangka Tedy Sutendi dengan alasan yang tidak jelas.

Kecuali tersangka Primsito panggilian Tito yang dihadirkan dalam peragaan reka ulang itu, menolak memerankan beberapa adengan dari 20 adegan yang di peragakan, dengan alasan berita acara rekontruksi yang dibacakan tim penyidik tidak sesuai dengan kejadian yang terjadi di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Namun, sesuai dengan jalannya reka ulang yang dihadiri langsung Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis dan Wakapolres Kompol Eridal serta sejumlah perwira yang ada di Mapolres setempat, terungkap bahwa kasus berdarah berujung maut yang terjadi di Nagari Taram pada hari Minggu tanggal 10 September sekira pukul 10.30 WIB itu, bermula dari orang-orang Nagari Pilubang sedang melakukan kegiatan pengarapan terhadap lahan yang berada di Aia Suci Jorong Tanjung Ateh, Nagari Taram, Kecamatan Harau, yang mana pada saat itu dihadiri oleh beberapa saksi Nurhaida, Husni, Burhanudin, Damirun, Muhardi, Radit, Hariadi dan korban Erwin Saputra.

Saat itu datanglah tersangka Tedy Sutendi berserta rombongan yang berjumlah lebih kurang 40 orang, yang mana saat itu diikuti oleh tersangka Primtito panggilan Tito, saksi Emi, Maifizal, Buyung, Endang Lestari (istri tersangka Tedy Sutendi) dan Nismala Dewi.

Ketika itu tersangka Tedy Sutendi menyampaikan kepada warga Nagari Pilubang untuk berhenti mengarap lahan. “Berhenti, berhenti semua” dan seorang wanita bernama Nuraidi (saksi) menjawab;Taruih..taruih..jaan namuah baranti. Dan, setelah itu Tedy mengatakan. “Baa kok ado sanjato bagai ko, kumpuaan sado sanjato tu,” kata tersangka Tedy Sutendi.

Ringkas cerita seperti terungkap dalam adengan ke 4, terjadilah perang mulut antara tersangka Primtito panggilan Tito dengan Damirun (saksi). Saat itu tersangka Primtito panggilan Tito mengatakan kepada Damirun, “Ang urang bagak Pilubang”. Namun Damirun tidak menanggapi, tapi tersangka Primtito panggilan Tito tetap menantang Damirun dengan kata; “ Ko ha, ang tinjulah kapalo den ko ha,” Meski tantangan tersangka Primtito panggilan Tito tidak ditanggapi, namun tersangka Primtito panggilan Tito langsung melayangkan pukulan ke bagian kepala Damirun dan akhirnya Damirun membalas dengan memukul balik kepada tersangka Primtito panggilan Tito.

Ketika terjadi perkelahian tersebut, datanglah teman tersangka Primtito panggilan Tito bernama Emi dan langsung memukul Damirun. Tidak berselang lama, datang pula tersangka Tedy Sutendi melakukan pemukulan terhadap Damirun sampai terjungkal ke dalam parit.

Ketika Damirun tidak berdaya setelah dikeroyok dua tersangka Tedy Sutendi dan Primtito panggilan Tido serta Emi, datanglah korban Erwin Saputra membawa sebilah parang dan langsung mendorong tersangka Primtito pangilan Tito hingga terjatuh.

Saat itu juga korban Erwin Saputra langsung mengejar tersangka Tedy Sutendi dan langsung melakukan penusukan ke arah rusuk sebelah kiri bagian belakang tersangka Tedy Sutendi.

Setelah korban Erwin Saputra melakukan penusukan terhadap tersangka Tedy Sutendi, dengan spontan tersangka Tedy Sutendi berhasil mengambil parang milik Damirin yang tergantung dipinggangnya dan lalu menghujamkan parang tersebut ke tubuh korban Erwin Saputra beberapakali tebasan.

Diakhir adengan, setelah tersangka Tedy Sutendi melakukan tindak penganiayaan dengan senjata tajam tersebut, akhirnya perkelahian itu reda dan tersangka Tedy Sutendi bersama tersangka Primtito panggilan Tito dan rombongannya termasuk warga Pilubang memisahkan diri.

Sedangkan korban Erwin Saputra yang menderita luka bacok cukup parah itu berjalan kaki dengan jarak cukup jauh, untuk kemudian korban dibawa dengan mobil menuju RSUD dr. WD Payakumbuh. Namun nyawa korban Erwin Saputra tak terselamatkan

Adegan reka ulang berjalan aman dan tertib di bawah pengawalan ketat anggota Polres Limapuluh Kota.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -