29 C
Padang
Selasa, Mei 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

PMOG TKIT Adzkia V Gelar Edukasi Memasak Baksi Yang Sehat
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Dr. Silvia Permata Sari, SP., MP.
Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Andalas

Ketua Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG) TKIT Adzkia V Tahun 2023/2024

Padang,BeritaSumbar.com,- Perkembangan otak anak dapat optimal apabila anak mendapatkan ransangan pendidikan, kesehatan, dan gizi yang optimal dari orang tuanya. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan otak anak adalah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan untuk tubuh untuk tumbuh dan kembang anak.

Asupan-asupan berupa makanan yang sehat dan bergizi tersebut juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik dan motorik anak. Anak usia dini belum mampu membedakan mana makanan yang sehat, dan mana makanan yang tidak sehat ataupun tidak bergizi, maka dari itu peran orang tua serta guru sangat berpengaruh dalam hal tersebut. Oleh karena itu, kegiatan kedua Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG) TKIT Adzkia V Padang Tahun 2023/2024 adalah edukasi masak bakso sehat, higenis dan sedap tanpa micin.

Narasumber dalam kegiatan kedua POMG tersebut adalah Ibu Rifni Novitasari, STP., MP. yang merupakan dosen tetap Departemen Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Indragiri-Indragiri Hilir yang lagi mengambil program Doktor di Fakultas Pertanian Universitas Andalas saat ini.

Narasumber yang didatangkan tersebut merupakan dosen fakultas pertanian yang sudah kompeten dalam mengolah berbagai hasil pertanian menjadi menu yang sehat, lezat dan menarik untuk dilihat dan disantap. Pada kegiatan kedua POMG ini wali murid mendapatkan transfer ilmu, keterampilan, dan pengalaman dari narasumber tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat bakso sehat, yaitu terdiri dari daging sapi, daging ayam, pakcoy, tepung bakso, caisin, tepung tapioka, telur, wortel, bawang daun, selederi, dan rempah-rempah. Kegiatan kedua POMG TKIT Adzkia V Padang tersebut diawali dengan persiapan bahan dan alat yang diperlukan oleh ibu-ibu pengurus POMG TKIT V tahun ajaran 2023/2024 beserta ustadzah. Kemudian pemaparan materi oleh narasumber sekaligus praktek langsung pembuatan bakso sehat yang melibatkan langsung orang tua murid TKIT Adzkia V.

Menurut Ketua POMG TKIT Adzkia V Tahun 2023/2024, Dr. Silvia Permata Sari, SP.,P yang berprofesi sebagai dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas, kegiatan POMG yang kedua ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan keterampilan kepada orang tua murid TKIT Adzkia V tentang bagaimana tips membuat bakso yang sehat, higenis dan sedap tanpa micin.

Bakso yang dibuat ini tidak saja mengandung gizi protein saja (daging), tetapi juga mengandung vitamin yang berasal dari sayuran hijau pakcoy, wortel, dan caisin sehingga bakso sehat ini bisa menjadi salah satu solusi bagi orang tua untuk mengatasi anak susah atau tidak suka makan sayur. Sayur tersebut kita ramu alias kita masukkan ke dalam campuran daging dan tepung yang dibentuk menjadi bakso bulat tanpa merubah rasa. Selain itu kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga dapat menjadi peluang usaha orang tua murid TKIT Adzkia V Tahun 2023/2024.

Adapun respon dari kegiatan kedua POMG TKIT Adzkia V Padang ini sangat luar biasa. Murid-murid beserta orang tua murid TKIT Adzkia V Padang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, mulai dari awal kegiatan sampai selesai menu baksonya dihidangkan.

Kegiatan yang diadakan POMG TKIT Azkia ini sekaligus dalam rangka memupuk rasa gotong royong sesama wali murid di taman kanak kanak tersebut. Usai kegiatan memasak, Bu Silvi yang akrab disapa Mami Alfi sebagai ketua POMG mengajak seluruh ibu ibu wali murid TKIT Adzia yang hadir untuk menghidangkan bakso yang akan di santap bersama.

Hasil akhir dari kegiatan ini yaitu menu bakso yang sehat, higenis dan sedap tanpa micin. Semua murid dan wali murid yang hadir disuguhkan menu bakso sehat hasil kegiatan kedua POMG tersebut. #Bakso Sehat, Anak Suka.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img