26 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

PKM UNAND: Peningkatan Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat.
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Dr. Dedi Mardiansyah dan Tim Dosen Departemen Fisika Universitas Andalas

Perkembangan teknologi terus maju pesat, mendorong kita untuk meningkatkan kemampuan dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi para pelajar, peningkatan keterampilan pendidikan menjadi sangat penting, karena tanpa pendidikan, mereka akan mengalami keterbelakangan. Pendidikan juga memberikan peluang besar bagi siswa untuk menguasai teknologi. Pemerintah berupaya keras meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembaharuan kurikulum secara berkala, sehingga kurikulum dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Kurikulum menjadi landasan bagi guru dan siswa dalam mengelola proses belajar mengajar di kelas. Dengan adanya kurikulum yang baik, proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Dalam berbagai mata pelajaran, peningkatan pengetahuan siswa menjadi suatu kebutuhan yang penting. Pengayaan merupakan tambahan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa di luar jadwal pembelajaran reguler. Kegiatan pengayaan diharapkan memberikan manfaat signifikan terhadap pemahaman siswa secara keseluruhan. Umumnya, mata pelajaran yang dianggap sulit adalah yang mendapat program pengayaan.

Menindak lanjuti hal tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri dari Dosen Departemen Fisika diketuai oleh Dr. Dedi Mardiansyah melaksanakan pengabdian dengan Judul “Pengayaan Materi Fisika Di SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok Sumatera Barat”. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dari 10 Oktober – 28 November 2023. Melalui pelaksanaan Kegiatan Pengabdian ini, diharapkan minat dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran sains dapat mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa diharapkan mampu memperbarui pengetahuan mereka tentang perkembangan terkini dalam materi Hukum Newton, sekaligus meningkatkan motivasi dalam memahami konsep fisika. Pada akhirnya, diharapkan bahwa siswa akan lebih siap untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi sesuai dengan aspirasi mereka.

Adapun tahapan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah :

  1. Persiapan Pelaksanaan:
  2. Pelaksanaan Kegiatan:
  3. Monitoring dan Evaluasi:
  4. Pembuatan Laporan Akhir:
  5. Pembuatan Luaran Pengabdian:

Acara ini dimulai dengan rangkaian kegiatan, termasuk pembukaan resmi dan sambutan dari Kaprodi S1 Fisika Universitas Andalas, diikuti oleh sambutan dari kepala sekolah SMAN 2 Gunung Talang. Sebelum memasuki sesi utama, langkah selanjutnya melibatkan pre-test yang terdiri dari lima pertanyaan materi terkait Hukum Newton dan aplikasinya. Pre-test bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan siswa sebelum mereka menerima materi. Sesi utama kemudian melibatkan penyampaian materi oleh pemateri, yaitu Drs. Wildian, M.Si.

Gambar 1. Kegiatan Pembukaan dan Penyampaian Materi Hukum Newton

Penyampaian materi dilakukan dalam waktu 90 menit, dan seluruh siswa dengan penuh perhatian mendengarkan. Materi mencakup pemahaman tentang Hukum Newton, serta aplikasi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hukum Newton pertama membahas prinsip kelembaman, sementara Hukum Newton kedua mengulas kaitan antara percepatan dan gaya yang menyebabkannya.

Pre-test mencakup lima pertanyaan mengenai Hukum Newton dan aplikasinya. Berdasarkan hasil pre-test, secara keseluruhan siswa masih memiliki pemahaman terbatas mengenai Hukum Newton, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 49,8%. Setelah penyampaian materi, siswa menjawab pertanyaan post-test yang identik dengan pertanyaan pre-test. Pertanyaan tersebut tidak pernah dibahas oleh pemateri, sehingga hasilnya mencerminkan upaya siswa. Terlihat adanya peningkatan persentase rata-rata nilai pada post-test, mencapai 79,8%.

Terima kasih kepada Kepala Sekolah dan para guru di SMA N 2 Gunung Talang yang telah berkolaborasi sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Ucapan terima kasih kepada tim dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang turut serta membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan pengabdian ini mendapatkan dukungan finansial dari Dana PN-UNAND FMIPA Universitas Andalas sesuai dengan Kontrak Pengabdian Masyarakat Batch II Nomor: 08/UN.16.03.D/PP/FMIPA/2023 T.A. 2023.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img