Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Peringatan HUT ke 50 BPJS diperingati serentak di seluruh daerah di Indonesia. Dikota Payakumbuh diperingati dengan kegiatan yang diberi nama senam Kolosal 18.8.18 yang diadakan di halaman kantor Balaikota Payakumbuh eks Poliko pada Minggu 18/8.

Untuk Nasional acara ini dipusatkan di Tugu Monas Jakarta.Di Payakumbuh senam kolosal, diikuti ratusan warga Payakumbuh dipusatkan di halaman Balai Kota Lapangan Poliko Bunian Kelurahan Kapalo Koto Dibalai Kec. Payakumbuh Utara yang dibuka langsung Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman didampingi Kepala BPJS Payakumbuh Ryan Abdullah Putra

Dilaporkan Kepala BPJS Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra, senam kolosal 18.8.18 serentak di nasional merupakan rangkaian HUT BPJS ke 50 tahun 2018.

” Dinamai senam kolosal 18.8.18 adalah karena peserta senam di lapangan Monas pagi ini diikuti sebanyak 1. 818 orang serta dilaksanakan serentak di wilayah kerja BPJS hingga daerah,” Ryan mengawali kata sambutannya.

Diterangkan, “Senam kolosal di Payakumbuh kita isi dengan senam Prolanis yang diikuti 16 Fasilitator Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) binaan Dinkes Payakumbuh, baik puskesmas dan klinik kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Payakumbuh. Kegiatan ini kita rangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah disamping sosialisasi JKN mobile. Bagi peserta senam dan pendonor kita siapkan reward menarik,” terang pemuda sukses Ryan Abdullah Putra.

“Kita menargetkan, bulan Januari 2019, masyarakat Payakumbuh miliki kartu BPJS secara keseluruhan, yaitu 100 %,” Ryan sebut target.

Sementara itu, Kadinkes Elzadaswarman menyebutkan, untuk sehat mesti CERDIK. C=Cek kesehatan secara berkala, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktifitas fisik, D=Diet sehat dengan kalori seimbang, I=Istirahat cukup dan K= Kelola stress. Perilaku CERDIK ini dapat diterapkan melalui kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) yang acap kali digelar oleh Puskesmas se-Payakumbuh rutin tiap bulan.

Sementara itu Wakil Walikota Erwin Yunaz saat menyampaikan kata sambutan diacara senam kolosal ini ingatkan peserta untuk meningkatkan mutu kesehatan keluarga.
” Milikilah kartu BPJS sebagai fasilitas kesehatan yang disiapkan pemerintah dengan semangat dan azaz gotong royong. Sehat dan sakit adalah kuasa Allah Yang Maha Berkehendak. Dikala sehat kita semuanya bahagia, itulah nikmat. Persiapkan diri sebelum sakit. Dan tak ada manusia yang luput dari sakit. Agar keluarga tidak terlalu cemas, salah satu cara adalah memiliki fasilitas kesehatan yakni, BPJS,” pesan Erwin Yunaz sambil membuka senam kolosal pagi itu.

Sebelum senam prolanis yang dipandu instruktur senam Adi dimulai, kegiatan diawali dengan doa dan penyampaian arahan oleh dr. Mardhiati.

Sementara itu salah seorang panitia kegiatan senam Kolosal 18.0818 Rahmat Kurniawan staf komunikasi publik BPJS Kesehatan cabang Payakumbuh, menambahkan “Dengan mengajak masyarakat untuk membiasakan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia,” ujar Rahmat Kurniawan.
Selain senam klosal 18.08.18, kata Rahmat, BPJS Kesehatan kota Payakumbuh juga mengadakan kegiatan senam sehat, donor darah, Fun Game, pemeriksaan kesehatan gratis dan Anjungan Mobile JKN. Serta penyerahan piagam penghargaan kepada badan usaha yang telah membantu mensukseskan program BPJS. Juga penyerahan Plakat kepada Pemko Payakumbuh dari BPJS Yang diterima lansung Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz(*)

loading...