27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Perantau Gonjong Limo Bandung Kembali Gelar Sunatan Gratis
P

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Perantau Gonjong Limo Kota Bandung kembali menggelar bakti sosial bagi masyarakat kampung halamannya. Kali ini para perantau asal Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh itu menggelar sunatan massal dan bantuan bagi masyarakat Kenagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan.
Khitan gratis tersebut diperoleh 15 orang anak yatim dan duafa. Setiap peserta sunatan juga mendapatkan bantuan bibit Manggis, alat shalat, alquran dan bantuan sejumlah uang.
Selain itu, Gonjong Limo bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Besar Baruah Gunuang (Ikbar) juga membagikan bantuan bibit, alat shalat, alquran dan uang bagi 30 anak dan keluarga duafa.
Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitma Indrayani, SH dalam sambutannya pada acara sunatan massal dan bakti sosial di Nagari Baruah Gunuang, Sabtu (15/8) mengakui selama ini Gonjong Limo Bandung telah banyak berbuat dan memberikan sumbangsih bagi masyarakat di kampung halaman.
“Kita sangat mengapresiasi Gonjong Limo Bandung. Tidak dipungkiri, selama ini sudah cukup banyak bantuan dari Gonjong Limo Bandung. Kita berharap kegiatan bakti sosial dan jalinan silaturahmi ini terus terjalin dan semakin meningkat pada tahun-tahun berikutnya,” papar Fitma.
Fitma juga mengakui, kampun halaman sangat membutuhkan kontribusi dan sokongan para perantau. Apalagi dengan kondisi keuangan daerah yang terbatas.
“Pemerintah daerah sangat berterimakasih atas perhatian perantau selama ini. Tanpa keikutsertaan perantau, sulit bagi daerah kita untuk mengejar ketertinggalan dan memposisikan diri sejajar dengan daerah maju lainnya. Sokongan itu tidak saja dalam bentuk materi, namun juga sumbang saran dan masukan buat kemajuan daerah ini,” papar Fitma yang ikut didampingi Kadisdiknas Indrawati, S.Pd, M.Pd, Kabag Kerjasama Ir. Ice Yuliani, serta Kabag Humas dan Protokol Hendra, S.Pd, M.M.
Sebelumnya pengurus Gonjong Limo Bandung M Aziz dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan sunatan massal bagi anak yatim dan anak dari keluarga kurang mampu ini merupakan wujud kepedulian perantau di Kota Bandung terhadap masyarakat di kampung halaman.
Dikatakan, kegiatan bakti sosial itu merupakan tahun ke 16 digelar Gonjong Limo Kota Bandung. Tahun-tahun sebelumnya perantau ini juga telah melaksanakan sunatan massal gratis bagi 52 anak di Kenagarian Durian Tinggi Kecamatan Kapur 9, berikutnya buat 62 anak di Harau, serta di Kecamatan Situjuah dan kecamatan lainnya.
“Untuk tahun 2021 mendatang, kami juga telah menyiapkan kegiatan bakti sosialnya di salahsatu kecamatan,” tutur Aziz yang didampingi sesepuh Gonjong Limo Bandung Prof. Erman Mawardi.
Sementara itu serta pengurus Ikatan Keluarga Besar Baruah Gunuang (Ikbar) Ramlis kepada wartawan juga menyebut sangat berterimakasih kepada Gonjong Limo Bandung. Dikatakan, bakti sosial ini tentu menjadi motivasi bagi Ikbar untuk lebih antusias lagi berkontribusi terhadap Nagari Baruah Gunuang ke depannya.
“Ikbar selama ini juga telah berkontribusi terhadap nagari. Salahsatunya dalam bentuk pembebasan lahan untuk tempat pemakaman umum dan sumbang pikiran serta lainnya,” simpul Ramlis.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.
- Advertisement -

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.
- Advertisement -

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -