31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Peran Aktif Warga Sangat Penting Dalam Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020
P

Kategori -

Payakumbuh, Tahapan Pilkada Serentak tahun 2020 sudah masuk ke tahap pelaksanaan kampanye para calon kepala daerah. Peran pengawasan sudah semakin dibutuhkan demi berjalannya pemilihan kepala daerah sesuai aturan yang berlaku. Apalagi tahun ini negeri ini sedang dilanda pandemi covid-19.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen menyebutkan bahwa Rakyat/masyarakat merupakan pelaku utama dalam Pengawasan Pilkada tahun 2020, untuk itu peran serta masyarakat dari berbagai unsur untuk ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan Pengawasan Partisipatif sangat penting diberikan, sehingga nantinya Pilkada dapat mewujudkan Pilkada yang bersih, transparan dan berintegritas.

Hal tersebut diungkapkan Surya Efitrimen saat menghadiri Rapat Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 yang digelar di Aula pertemuan salah satu Hotel di Kawasan Sicincim Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu 26 September 2020.

” Masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan pengawasan Pilkada. Bisa dalam bentuk pengawasan maupun dalam pencegahan, sehingga tidak ada yang kena sanksi. Sebab selain pemberi, penerima uang (Money Politik) juga bisa di sanksi. Bahkan ancaman nya bisa mencapai 6 tahun dan denda”. Ucapnya.

Ia juga menambahkan, meski secara Hirarkis yang melakukan pengawasan adalah Bawaslu, namun secara hakekat Demokrasi, adalah rakyat sebagai pelaku utama dalam Pemilu. Peran Masyarakat dalam Pilkada untuk memastikan terlindunginya hak poliitk Masyarakat, memastikan terwujudnya Pilkada bersih, transparan, dan integritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraan.

” Dalam pengawasan Partisipasipatif, Masyarakat kalau lihat ada pelanggaran, bisa melapor kepada pengawas pemilu dengan memberikan berikan informasi awal. Masyarakat juga bisa berperan dalam melakukan pencegahan Pelanggaran, dengan cara menyebarluaskan informasi yg didapat terkait Pengawasan Pilkada Kepada masyarakat.” Tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Payakumbuh, M. Khadafi terus mengajak masyarakat Kota Payakumbuh untuk meningkatkan Pengawasan Partisipatif dalam Pilkada tahun 2020, masyarakat harus ikut ambil bagian dalam mewujudkan Pilkada yang bersih dan tanpa pelanggaran. Meski pada Pilkada tahun 2020 ini di Payakumbuh hanya mengikuti pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat.

” Kita terus mengajak dan mengingatkan masyarakat di Kota Payakumbuh untuk terus aktif dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya berbagai tahapan Pilkada, selain melakukan pengawasan, masyarakat juga bisa menjadi bagian dalam pencegahan terhadap terjadinya berbagai Pelanggaran.” Sebut Mantan Ketua KPU Kota Payakumbuh itu.

Khadafi juga terus mengingatkan jajarannya hingga ke tingkat Kelurahan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19, sehingga Pilkada tidak menjadi kluster baru Penyebaran Covid-19 di Payakumbuh.

” Tetap lakukan pengawasan dan selalu patuhi protokol kesehatan.”ucapnya.

Kegiatan Sosialisasi yang dihadiri langsung ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat tersebut, merupakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pilkads yang kesekian kalinya digelar Bawaslu sebagai Wasit Pemilu. Selain dihadiri Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan Karang Tarauna, Bawaslu juga mengajak peran serta media. (*).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.
- Advertisement -

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP
- Advertisement -