25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Peran Aktif Warga Sangat Penting Dalam Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020
P

Kategori -

Payakumbuh, Tahapan Pilkada Serentak tahun 2020 sudah masuk ke tahap pelaksanaan kampanye para calon kepala daerah. Peran pengawasan sudah semakin dibutuhkan demi berjalannya pemilihan kepala daerah sesuai aturan yang berlaku. Apalagi tahun ini negeri ini sedang dilanda pandemi covid-19.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen menyebutkan bahwa Rakyat/masyarakat merupakan pelaku utama dalam Pengawasan Pilkada tahun 2020, untuk itu peran serta masyarakat dari berbagai unsur untuk ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan Pengawasan Partisipatif sangat penting diberikan, sehingga nantinya Pilkada dapat mewujudkan Pilkada yang bersih, transparan dan berintegritas.

Hal tersebut diungkapkan Surya Efitrimen saat menghadiri Rapat Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 yang digelar di Aula pertemuan salah satu Hotel di Kawasan Sicincim Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu 26 September 2020.

” Masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan pengawasan Pilkada. Bisa dalam bentuk pengawasan maupun dalam pencegahan, sehingga tidak ada yang kena sanksi. Sebab selain pemberi, penerima uang (Money Politik) juga bisa di sanksi. Bahkan ancaman nya bisa mencapai 6 tahun dan denda”. Ucapnya.

Ia juga menambahkan, meski secara Hirarkis yang melakukan pengawasan adalah Bawaslu, namun secara hakekat Demokrasi, adalah rakyat sebagai pelaku utama dalam Pemilu. Peran Masyarakat dalam Pilkada untuk memastikan terlindunginya hak poliitk Masyarakat, memastikan terwujudnya Pilkada bersih, transparan, dan integritas dari sisi penyelenggara dan penyelenggaraan.

” Dalam pengawasan Partisipasipatif, Masyarakat kalau lihat ada pelanggaran, bisa melapor kepada pengawas pemilu dengan memberikan berikan informasi awal. Masyarakat juga bisa berperan dalam melakukan pencegahan Pelanggaran, dengan cara menyebarluaskan informasi yg didapat terkait Pengawasan Pilkada Kepada masyarakat.” Tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Payakumbuh, M. Khadafi terus mengajak masyarakat Kota Payakumbuh untuk meningkatkan Pengawasan Partisipatif dalam Pilkada tahun 2020, masyarakat harus ikut ambil bagian dalam mewujudkan Pilkada yang bersih dan tanpa pelanggaran. Meski pada Pilkada tahun 2020 ini di Payakumbuh hanya mengikuti pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat.

” Kita terus mengajak dan mengingatkan masyarakat di Kota Payakumbuh untuk terus aktif dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya berbagai tahapan Pilkada, selain melakukan pengawasan, masyarakat juga bisa menjadi bagian dalam pencegahan terhadap terjadinya berbagai Pelanggaran.” Sebut Mantan Ketua KPU Kota Payakumbuh itu.

Khadafi juga terus mengingatkan jajarannya hingga ke tingkat Kelurahan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19, sehingga Pilkada tidak menjadi kluster baru Penyebaran Covid-19 di Payakumbuh.

” Tetap lakukan pengawasan dan selalu patuhi protokol kesehatan.”ucapnya.

Kegiatan Sosialisasi yang dihadiri langsung ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat tersebut, merupakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pilkads yang kesekian kalinya digelar Bawaslu sebagai Wasit Pemilu. Selain dihadiri Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan Karang Tarauna, Bawaslu juga mengajak peran serta media. (*).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -