23 C
Padang
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Penyampaian Nota Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Umum Fraksi Tentang Ranperda Perubahan RPJMD 2016-2021
P

- Advertisement -

Kedelapan, menanggapi pertanyaan saudara dari Fraksi Partai Gerindra terkait dengan arah pengembangan dan tujuan yang dicapai dalam 2,5 tahun mendatang serta langkah-langkah strategis apa yang perlu dilakukan Pemerintah Daerah agar tujuan tercapai, dapat kami jelaskan bahwa arah pengembangan dan tujuan yang hendak dicapai dalam sisa masa RPJMD perubahan diarahkan kepada pencapaian 27 Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah. Cara mencapai hal tersebut yaitu dengan menyusun program dan kegiatan masing-masing OPD dengan target yang terukur.
Kesembilan, terima kasih atas saran dan dukungan saudara terkait dengan perlunya rencana program secara sistematis, terukur, terarah dan metodologi yang jelas agar program bisa terealisasi dengan baik.
Kesepuluh, terima kasih atas saran saudara terkait dengan pentingnya untuk menentukan arah kebijakan dalam semua sektor pembangunan untuk memenuhi target pembangunan berdasarkan visi misi Kepala Daerah dan tentunya dibutuhkan keseriusan serta dukungan pihak legislatif sehingga tujuan agar visi dan misi ini tercapai.
Kesebelas, selanjutnya menanggapi pertanyaan saudara dari Fraksi Partai Golkar terkait upaya yang akan dilakukan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Lima Puluh Kota, dapat kami jelaskan bahwa dalam waktu yang tersisa dari periode RPJMD ini Pemerintah Daerah akan lebih fokus terhadap pembinaan dan pemberdayaan perekonomian masyarakat baik disektor pertanian, industri, usaha kecil menengah, koperasi dan pariwisata dengan meningkatkan skill pelaku usaha pada sektor-sektor tersebut dan meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk unggulan daerah yang sudah ditetapkan berdasarkan potensi wilayah. Sehingga diharapkan dampaknya akan dirasakan langsung oleh masyarakat pada wilayah tersebut, seperti terjadinya penurunan pengangguran dan peningkatan pendapatan masyarakat.
Kita merasa bersyukur karena angka pengangguran kita turun dari tahun 2016 sebesar 3,78 persen menjadi 2,60 persen pada tahun 2017. Sedangkan angka kemiskinan turun dari tahun 2016 sebesar 7,59 persen menjadi 7,15 persen pada tahun 2017. Dan kita bertekad untuk menjaga trend positif tersebut. Sementara itu untuk mendorong masyarakat agar memiliki kekuatan moral serta kekuatan iman dan taqwa, maka kita menerapkan langkah langkah yang cukup massif bersama masyarakat, dengan cara meningkatkan peran lembaga keagamaan melalui pemberian bantuan untuk Masjid/Mushala/TPA/TPQ,, Guru MDA, Garim, dan Imam, disamping dilakukan melalui pembinaan dan pemberdayaan dengan kegiatan pelatihan Sholat Jenazah, pelatihan Khatib dan didikan subuh.
Menyinggung kerangka kebijakan nasional terkait Reformasi Birokrasi, sesungguhnya hal tersebut sudah menjadi perhatian utama pemerintah dalam rangka mewujudkan akuntabilitas dan kinerja yang tinggi dalam melaksanakan pelayanan publik, hal ini telah kita tetapkan menjadi salah satu prioritas pembangunan dengan indikator indeks reformasi birokrasi yang akan memberikan gambaran terhadap capaian kinerja perencanaan, kinerja keuangan, profesionalitas ASN, akuntabilitas kinerja pemerintah dan kinerja pengendalian interen pemerintah daerah.
Terkait saran fraksi Golkar agar pemerintah daerah dapat mengakomodir program program pemerintah pusat, dorongan agar setiap individu yang bekerja dalam pemerintahan daerah dapat mendukung visi pembangunan daerah, serta perhatian kita semua terhadap pemerataan pembangunan, kami ucapkan terimakasih dan akan menjadi perhatian dalam penyusunan perubahan RPJMD ini.
Keduabelas, terima kasih atas saran saudara dari Fraksi PDIP-PKB dan kami sependapat dimana agar nantinya perubahan RPJMD menjadi petunjuk arah kebijakan Pembangunan Kabupaten Lima Puluh Kota disisa masa jabatan kedepan serta target indikator kinerja dan kinerja sasaran supaya terukur dan realistis sehingga memudahkan OPD dalam menyusun program kerja.
Ketigabelas, terkait dengan pertanyaan saudara sejauh mana perhatian pemerintah daerah terhadap pembangunan dari wilayah pinggiran dan nagari dan bagaimana mengukur indikator kinerja sasaran dan indikator programnya, dapat kami jelaskan bahwa ada dua sasaran yang dirumuskan dalam RPJMD Perubahan ini, yang pertama sasaran meningkatnya tata kelola pemerintahan nagari, sasaran kedua infrastruktur dasar yang berkualitas berdasarkan kebutuhan pengembangan wilayah, dari dua sasaran ini indikator yang menjadi ukurannya yaitu jumlah nagari yang berstatus berkembang dan maju, persentase jalan dan jembatan berkondisi baik, persentase luar irigasi yang berkondisi baik yang semua ini memperhatikan keseimbangan dari wilayah pinggiran dan nagari.
Keempatbelas, menjawab pertanyaan saudara terkait dengan pelaksanaan semua prioritas pembangunan daerah yang tertuang dala lampiran Ranperda Perubahan RPJMD Tahun 2016-2021 diperlukan perubahan Renstra, dapat kami jelaskan bahwa proses penyusunan perubahan Renstra OPD dilakukan secara bersamaan dengan proses penyusunan Perubahan RPJMD yang didasarkan kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.
Bersambung kehalaman 4

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img