27 C
Padang
Kamis, April 25, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pentingnya Pemanfaatan TOGA Untuk Penderita Hipertensi
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Ns. Yuanita Ananda, M.Kep
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

PENTINGNYA PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERKAIT TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS DADOK TUNGGUL HITAM PADANG

Padang,BeritaSumbar.com,- Tim dosen dari fakultas keperawatan universiras Andalas Padang lakukan kegiatan edukasi lebih mendalam kepada masyarakat. Kegiatan diadakan di puskesmas Dadok Tunggul Hitam Kota Padang Pada Sabtu 19/8/23 kemaren.

Tim dosen dari Fakultas Keperawatan Universitas Andalas yang terdiri dari Ns. Yuanita Ananda, M.Kep, Ns. Mulyanti Roberto Muliantino, M.Kep, Dr. Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep dan Ns. Muthmainnah, M.Kep serta Silvi Triana Helmi , Dinia Hendi Agesti melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Terkait Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Untuk Pencegahan Penyakit Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam Padang.

Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk penderita hipertensi Menjadi topik utama dalam kegiatan edukasi tersebut.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/ tenang.

Hipertensi sering disebut sebagai ‘the silent killer” karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi tetapi kemudian mendapatkan dirinya sudah terdapat penyakit penyulit atau komplikasi dari hipertensi.

Pengobatan atau pencegahan penyakit Hipertensi tidak hanya dilakukan secara medis tapi bisa dilakukan secara tradisional yaitu dengan memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tanaman TOGA adalah tanaman yang dapat dibudayakan di halaman rumah yang berkhasiat sebagai obat.

Tanaman ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah timbulnya penyakit, meningkatkan imunitas, serta memperlambat proses penuaan dan pengobatan berbagai penyakit. Penggunaan TOGA semakin disukai karena efek samping yang rendah lebih sesuai untuk berbagai penyakit metabolik dan degeneratif.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan salah satu program dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). GERMAS ini merupakan salah satu program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah.

Puskesmas merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dan merupakan perpanjangan tangan dari program pemerintah dalam bidang kesehatan.

Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan pre-test untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk pencegahan hipertensi dilanjutkan dengan pemberian edukasi atau materi dan pemberian tanaman obat keluarga (TOGA) kepada masyarakat setempat. Dan di akhir sesi dilakukan kembali post-test untuk mengukur pengetahuan masyarakat setelah diberikan edukasi.

Kegiatan ini merupakan Iptek Berbasis Dosen dan Masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Diharapkan masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dapat berbagi informasi (sharring) kepada masyarakat yang lain yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan ini sehingga tindakan angka kejadian hipertensi dapat menurun dan masyarakat dapat melakukan aplikasi langsung untuk pencegahan hipertensi dalam kehidupan sehari-hari.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img