29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Pengecoran Lantai Saluran saat Air Tergenang, Kualitas Coran PT. MRN Dicurigai
P

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Pekerjaan pengecoran saluran drainase di kawasan Aur Tanjungkang Tangah Sawah, Pakan Kurai, Kota Bukittinggi dilakukan di saat air dalam keadaan tergenang. Patut dicurigai dapat mempengaruhi kualitas corannya.

Proyek peningkatan kualitas permukiman kumuh Kota Bukittinggi, senilai Rp8,6 miliar dengan nomor kontrak HK. 02.3/05-NSUP/PKP/PPP-SB/X-2020, perlu mendapat perhatian dari pihak terkait, bisa saja dari Kejaksaan Negeri Bukittinggi atau penyidik Tipikor Polres Bukittinggi.

Hal itu lantaran adanya dugaan diragukannya ketebalan lantai coran saluran, tidak tercapai 12 cm, serta pengecoran dikerjakan di saat air tergenang oleh pelaksana PT. Mutiara Rezeki Nusantara itu.

Site Manager, Reza Lesmana saat dikonfirmasi, Sabtu (27/2/2021), membantah pekerjaan pengecoran lantai saluran dikerjakan saat kondisi air sedang tergenang.

Mudaman, sebagai pengawas pekerjaan proyek, yang mendampingi Reza Lesmana menyebutkan, pekerjaan pengecoran saat air tergenang, waktu itu dilakukan tukang, sudah ditegur dan diperintahkan untuk menghentikannya.

Mudaman mengatakan, ia memastikan tebal lantai pekerjaan coran saluran 12 cm tercapai, dan siap untuk diperiksa. Sementara seorang masyarakat sekitar meminta namanya tidak ditulis, mengatakan kalau tebal coran lantai saluran tipis.

Menurut Mudaman, pekerjaan masih sedang berjalan. Jika terdapat kekurangan akan disempurnakan.

Reza menyampaikan, pekerjaan yang bersumber dari dana ISDB tahun anggaran 2020 – 2021 itu, setiap apa yang dikerjakan mendapat pengawasan dari konsultan pengawas.

“Jadi, jika ada yang tidak sesuai tentu sudah ditegur pihak pengawas,” tegas Reza seraya mengatakan bobot dari volume pekerjaan sudah mencapai 15 persen.

Di lapangan, saluran dibuat terkesan air tidak mengalir. Air di saluran tampak tergenang. Jika dibiarkan, sasaran pekerjaan pada program National Slum Upgrading Program (NSUP)/ Kotaku ini berpotensi tak tepat sasaran.

Artinya, tujuan pembuatan saluran di sebanyak 7 titik di kawasan Aur Tanjungkang Tangah Sawah, guna terciptanya kawasan permukiman bersih, bisa saja tidak terealisasi.

Mudaman membantah adanya air tergenang di saluran sudah dicor itu. Karena kemiringan dari saluran telah sesuai.

Kontrak pekerjaan dimulai sejak November 2020 dan berakhir Juni 2021, diharapkan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Parkim) Bukittinggi sebagai tim monitoring, agar menjalankan fungsinya.

Jika tidak, bisa saja paket pekerjaan sudah selesai dan serah terima telah dilakukan, bisa saja muncul kendala di kemudian harinya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dibolehkan di Masjid Dan Mushola Dengan Terapkan Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Menyikapi surat edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengizinkan Masjid dan Mushalla untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah selama Ramadhan 1442 Hijriyah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
- Advertisement -

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.
- Advertisement -

Sekda : Jangan Biarkan Warga Menunggu Di Jam Istirahat, Berikan Servis Optimal Kapanpun

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- "Jangan biarkan warga menunggu lama, berikan servis bahkan disaat jam istirahat, jangan biarkan meja pelayanan kosong".

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...

Pilih Bukittinggi Tempat Acara, Pemkot Apresiasi KPU Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Bukittinggi sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi...

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Andre Minta Kader Kerja Keras Untuk Hadapi Pemilu 2024

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Rabu 7/4 malam rakorda Gerindra Sumbar digelar. Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Daerah ini lansung langsung dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022, Berlandaskan ABS – SBK

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) akan memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui pengembangan potensi lokal, yang disesuaikan dengan visi - misi...

Pertahankan Heritage di Bukittinggi, Marfendi: Banyak yang Bisa Dipatenkan di Unesco

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi perlu mempertahankan heritage, dengan membuat pola dan sejarah tertulis sehingga nantinya dapat diusulkan ke Unesco. Demikian disampaikan Wali Kota...

Bukittinggi Rawan Longsor, Wawako Marfendi: Masyarakat agar Selalu Waspada

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kota Bukittinggi rawan longsor terutama di daerah tepi ngarai. Masyarakat berada di zona merah agar selalu waspada. Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi,...

RSUD Bukittinggi Sudah Bisa Terima Peserta JKN-KIS

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bukittinggi per 1 April 2021, telah bekerja sama dengan BPJS cabang kota Bukittinggi. Dengan telah ditandatangani...

Pasar Atas Bukittinggi Nol Pendapatan, Benarkah Gegara Belum Asetnya Pemkot…?

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah dibangun megah pasca kebakaran 30 Oktober 2017. Kini pasar atas di Kota Bukittinggi sudah beroperasi kembali, tetapi pemerintah kota (Pemkot)...
- Advertisement -