31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemprov Sumbar Fasilitasi KKN Tematik Mahasiswa UNAND
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Perkebunan memfasilitasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang yang digelar pada 1 hingga 17 mei mendatang.

“Fasilitas ini dalam bentuk pemberian bibit Kakao, Kopi, dan Kelapa serta peralatan yang menunjang kepada mahasiswa yang akan melakukan KKN di 6 kabupaten dan kota se-Sumbar,” kata Ketua BP-KKN Unand, Ujang Khairul, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan selain pemberian bibit dan peralatan lainnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga telah memberikan pengarahan secara langsung kepada 150 mahasiswa peserta KKN beberapa waktu lalu.

Salah satu arahan gubernur kata Ujang, yakni pengajaran tentang cara memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada petani Kakao, Kopi dan Kelapa di tempat KKN berlangsung.

Selain itu katanya, Gubernur juga mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausahawan baru dalam bidang pertanian.

Dia berharap dengan adanya pemberian fasilitas dan arahan gubernur tersebut, sasaran mahasiswa dalam KKN dapat tercapai.

“Upaya pemberian fasilitas oleh pemerintah bukan kali ini saja, sebelumnya pemkot Padang juga memberikan sarana untuk mahasiswa KKN Tematik Unand tersebut,” katanya.

Dengan adanya campur tangan pemerintah ini katanya, KKN Tematik Unand dapat semakin berkembang menjadi salah satu upaya prioritas pengabdian kepada masnyarakat.

Dengan harapan peserta nantinya tidak hanya berasal dari Unand saja, namun juga dari kampus lain di Indonesia, ucapnya.

Sementara itu sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan bahwa KKN Tematik ini dapat menjadi salah satu batu loncatan mahasiswa dalam meraih kesuksesan.

Menurutnya pengalaman yang didapat selama berinteraksi dengan masyarakat akan menjadi modal mahasiswa untuk mengembangkan karir dan prestasinya.

Dia mencontohkan mahasiswa KKN Tematik Perkebunan ini dapat berupaya menjadi wirausahawan muda yang mampu memproduksi beragam hasil pertanian dan perkebunan. (Antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img