31 C
Padang
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko Tambah Jalan Tembus Menuju Terminal Agrobisnis
P

Kategori -
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh membangun tambahan jalan tembus menuju Terminal Agrobisnis (TA) sepanjang lebih kurang 120 meter, di Kelurahan Kotopanjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, tahun anggaran 2014 ini. Tambahan jalan itu, untuk memperlancar akses keluar masuk, mengingat kendaraan yang melintas umumnya bertonase besar.

Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar bersama Sekdako H. Benni Warlis, Asisten I Yoherman, Asisten II H. Amriul, Staf Ahli Walikota Edvianus dan sejumlah kepala bagian, meninjau gedung TA tersebut, Rabu (12/2). Kadis Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh, diwakili Donalson, melaporkan, TA yang dibangun dengan dana APBN sebesar Rp3 M itu, sudah diap dioperasikan.

Hanya saja, katanya, akses jalan masih terbatas. Karena jalan yang ada belum beraspal, masih jalan tanah, dan lebar badan jalan cukup kecil. Selain itu, TA masih belum dialiri listrik PLN dan air PDAM. Donalson, meminta, SKPD terkait, segera membangun jalan baru dari jalan lingkar menuju TA sepanjang lebih kurang 150 meter dengan lebar badan jalan 6 meter. Selain, mengaspal jalan tanah yang sudah ada. Dana pembebasan tanah untuk itu, sudah tersedia pada DPA Dinas Tanaman Pangan, jelasnya.

Wakil Walikota Suwandel Muchtar, menegaskan, agar SKPD terkait memfungsikan TA sesegeranya, meski pembangunan jalan belum dikerjakan. “Manfaatkan saja jalan yang dulu dan langsung melakukan operasional,” tegas Suwandel.

Menurut Suwandel, dalam pengoperasian TA, seyogianya melibatkan sub terminal agrobisnis (STA) yang ada di kecamatan. Produksi pertanian milik STA masuk ke TA, untuk selanjutnya dikeluarkan lagi dengan registrasi TA. Sehingga, seluruh hasil pertanian yang keluar dari Payakumbuh akan terdata lengkap di TA, katanya.

Dikatakan, pegawai TA yang ditunjuk, tambah Suwandel, diharapkan punya jiwa bisnis dan yang tinggi dan network luas. Ia bertanggung jawab dalam mencari pangsa pasar ke berbagai kota/kabupaten provinsi luar Sumbar. Kalau perlu punya akses ke negara tetangga. Produksi pertanian berlebel TA, adalah kualitas eskpor dan punya nilai tinggi di berbagai pasar modern atau di mal-mal, katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img