28.9 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Dua Rumah Terbakar, !! Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Dua bangunan rumah semi parmanen di Kelurahan Balai Batimah, Kecamatan Payakumbuh Timur, ludes terbakar, Kamis (13/2), sekitar pukul 08.00 WIB. Akibatnya, 4 kepala keluarga dengan 11 jiwa kehilangan tempat tinggal. Untuk sementara, keempat KK tersebut terpaksa berteduh di tenda bantuan Dinas Sosial Payakumbuh. Tak ada korban jiwa, dan kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

Keempat korban, masing-masing keluarga Ahmad Yanis, 34 th, nenek Nurjanah, 64 th, Sumardi, 40 th dan Yudi Marta, 40 th. Kecuali nenek Nurjanah, ketiga korban lainnya adalah buruh tani dan satu diantaranya tukang tamban benen. “Kami sangat terpukul dengan kehilangan tempat tinggal ini pak,” kata Ahmad Yanis kepada Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, saat melihat korban kebakaran, Kamis siang.

Kedatangan Wawako Suwandel Muchtar bersama Sekdako H. Benni Warlis, Asisten I Yoherman, Kadis Sosial Naker Yummardius, Kadisduk Capil Mediar Indra dan Camat Payakumbuh Timur, Herlina itu, sedikit mengobati duka keempat korban. Hari itu juga, Wawako Suwandel dan Sekdako Benni Warlis menyerahkan bantuan tanggap darurat yang disaksikan pengurus LPM dan kelurahan.

Bantuan tanggap darurat yang diberikan berupa, tenda, pakaian, selimut, alat-alat keperluan dapur, beras, makanan dan minuman siap saji, seperti mi instan, ikan kaleng sertt minuman kemasan. Bantuan makanan dan minuman, cukup untuk beberapa hari ke depan.

Keempat korban yang dihubungi tak dapat menceritakan penyebab kebakaran dimaksud. Soalnya, waktu kejadian hanya nenek Nurjanah yang tinggal di rumah tersebut. Seluruh kepala keluarga pergi ke sawah dan membuka usaha tambal benennya di Jalan Rky. Rasuna Said. Sedangkan, anak-anak usia sekolah juga sudah berada di sekolah masing-masing. Sementara, dua dari isteri korban, juga ikut ke sawah.

Seorang isteri korban lagi, dengan anaknya yang masih balita, pergi ke warung untuk membeli keperluan memasak. Nenek Nurjanah yang tengah menyapu di halaman, tiba-tiba sudah melihat api membesar di atas rumah yang ditempatinya. Teriakan nenek, membuat tetangga berhamburan ke TKP untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

Sekitar 10 menit kemudian, tiga unit mobil BPK Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota datang ke lokasi. Tapi, hanya mampu memblokir api agar tak menjalar ke bangunan lain. Tidak satupun barang-barang perabotan yang keluar. “Hanya pakaian di badan saja,” kata Ahmad Yanis.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bersama Mahasiswa, Dedi Rahmanto Putra, gelar Tanya Jawab dan Diskusi

Pesisir Selatan ,- Tokoh muda Pesisir Selata, Dedi Rahmanto Putra juga calon bupati Pesisir Selatan no urut 3, melakukan silahturahmi dengan Mahasiswa asal...

Irfendi Arbi inginkan masyarakat taati Aturan Protokol Kesehatan

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi terus berupaya mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pakai masker bila keluar rumah,...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -