23 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Payakumbuh Bersama PT Taspen Gelar Sosialisasi Ketaspenan
P

Payakumbuh.BeritaSumbar.com,-Sebagai aparatur sipil negara,tentu mempunyai batas waktu usia dalam kedinasan. Pensiun itu menanti di ujung masa dinas.Memasuki masa pensiun tersebut tentu mesti dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Sebagai wujud persiapan tersebut, pemerintah kota Payakumbuh melalui badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM)  bekerjasama dengan PT Taspen (Persero) dan anak perusahaannya Bank Mandiri Taspen Pos menggelar kegiatan sosialisasi ketaspenan, program jaminan kecelakaan kerja (JKK)  dan jaminan kematian (JKM)  di Aula Lantai III Balaikota Bukik Sibaluik, Rabu (25/10).

Walikota yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi dihadapan kepala kantor cabang PT Taspen Bukittinggi, Furqon, kepala cabang Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap)  Bukittinggi, Frans Susanto, Kepala BKPSDM, Dafrul Pasi, kasubag kepegawaian serta peserta sosialisasi menginformasikan bahwa setiap tahun terdapat 2%-2,5% PNS kota Payakumbuh memasuki usia pensiun setiap tahunnya.

“Jumlah PNS di lingkungan kota Payakumbuh per tanggal 1 Oktober adalah sebanyak 3196 orang yang terdiri dari tenaga guru 2036 orang, tenaga kesehatan 435 orang dan 1725 orang tenaga teknis,” kata Iqbal

“Adapun jumlah pensiun/purna tugas sampai 2021 adalah sebanyak 345 orang dari tahun 2017 sebanyak 84 orang, kemudian 63 orang, 70 orang, 63 orang dan 65 orang di tahun-tahun berikutnya. Jadi terdapat 2%-2,5% PNS kota Payakumbuh memasuki usia pensiun setiap tahunnya, ” ungkap Iqbal menambahkan.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, walikota berharap peserta dapat memahami hak dan kewajiban PNS di masa pensiun.

” Terimakasih kepada Taspen dan BKPSM atas terselenggaranya kegiatan ini. Melalui sosialisasi ini kami mengharapkan kepada PT Taspen untuk memberikan pemahaman mengenai hak dan kewajiban PNS tentang program Ketaspenan yang ada, program jaminan hari tua (JKT), jaminan kecelakaan kerja (JKK)  dan lain sebagainya, ” harap Iqbal mengakhiri sambutan Walikota.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Mufri Han selaku relatioship officer Bank Mantap melaporkan bahwa kegiatan serupa sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya di tahun 2017.

“Kegiatan sosialisasi ini sudah 2 kali kami selenggarakan atas kerjasama dengan BKPSDM yang sebelumnya digelar di Hotel Kolivera ,” ungkap Mufri Han.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produk ketaspenan pada PNS yang memasuki batas usia pensiun (BUP), pengenalan layanan perbankan sebagai juru bayar pensiun dan sebagai mitra layanan taspen, ” imbuh Mufri.

Secara terpisah, Dafrul Pasi selaku Plt. kepala BKPSDM melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 130 orang PNS.

“Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari 100 orang PNS yang akan memasuki BUP tahun 2018-2019 dan 30 orang kasubag kepegawaian di seluruh perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota Payakumbuh, ” lapor Dafrul Pasi.

PT Taspen (Persero)  atau Tabungan dan Asuransi Pensiun adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun PNS.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rolly Ferdinan Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Harian Pengcab Perbakin Pessel

Ketua Umum Pengurus Cabang Persatuan Menembak Indonesia ( Pengcab – Perbakin), Kabupaten Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK ( Kapolres Pessel) mengapresiasi, rapat koordinasi pengurus cabang Perbakin ini penting dalam meningkatkan silahturahmi, dalam menjaga kekompakan. Diadakan gedung Endra Dharmalaksana Polres Pessel, Rabu (27/1).
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -