26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko Padang, TNI, Polri dan Ormas Tanam Pohon Bersama Di Lanud
P

Kategori -
- Advertisement -

Untuk mempertahankan kualitas air dan udara agar tetap baik di Kota Padang, Pemko bersama unsur dari TNI, Polri, Ormas dan Organisasi Kepemudaan melakukan aksi penanaman 16.600 pohon di Lanud Tabing, Jumat (14/11).

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah menyambut baik kegiatan menanam pohon bersama ini. Menurut Walikota, saat ini Pemerintah Kota Padang sedang menggiatkan penanaman pohon untuk mewujudkan hutan kota yang berfungsi untuk penghijauan serta menciptakan lingkungan yang sejuk.

“Kita memang berupaya memperbanyak hutan kota untuk memperbaiki tata air dan penataan lingkungan. Upaya itu dibarengi pula dengan mencegah kerusakan hutan yang sudah ada,” ujar Mahyeldi kepada wartawan di sela – sela kegiatan tersebut.

Walikota mengakui, kerusakan hutan di Kota Padang memang sudah terjadi meskipun tak signifikan. Kerusakan tersebut disebabkan penebangan pohon yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak menyadari akibat yang ditimbulkan.

“Bukti kerusakan itu dapat kita lihat sendiri. Keruhnya air sungai ketika hujan. Itu bukti hutan tidak mampu lagi menyerap air. Untuk menyeimbangkan ini kembali perlu diperbanyak penanaman pohon,” kata Mahyeldi.

Sedangkan Danlanud Padang Letkol Pnb Mohammad Apon, ST, MPA mengatakan, dipilihnya kawasan Lanud atau eks Bandara Tabing itu karena masih terdapat lahan terbuka. “Sementara kawasan ini belum termanfaatkan, maka akan lebih baik jika ditanami dengan pepohonan sehingga menambah asri lingkungan,” kata Danlanud.

Selain itu, kawasan hutan ini nanti akan menjadi tempat singgah aneka jenis burung serta margasatwa lainnya. Dengan demikian kawasan Lanud akan menjadi bagian dari hutan kota yang memberi manfaat bagi makhluk hidup.

“Kawasan Lanud nantinya akan lebih asri sebagai bagian dari hutan kota dan menjadi tempat singgah burung – burung dan satwa lainnya,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kota Padang Haryanto Rustam menyebutkan, Kota Padang mendapat penghargaan terbaik I tingkat Sumatera Barat untuk menanam 1 milyar pohon yang dilombakan. Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 400 ribu batang dan penanaman bibit kebun rakyat sebanyak 250 ribu batang.

“Sedangkan dalam kesempatan ini kita melakukan penanaman sebanyak 16.600 pohon aneka jenis yang berasal dari satker BP DAS Agam Kuantan,” imbuhnya.(rel/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img