27 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Pasar Simabur Butuh Renovasi
P

Kategori -

Pasar Simabur kecamatan Pariangan merupakan pasar etalase kabupaten Tanah Datar, saat ini kondisinya memprihatinkan dan sangat membutuhkan renovasi karena pasar Simabur sudah tertinggal dari pasar lainnya di Tanah Datar.

Hal ini disampaikan Wali Nagari Simabur Muhammad pada acara Rapat Kerja Pemkab Tanah Datar dengan Pemerintah kecamatan Pariangan di Balirong Sari Tabek Nagari Tabek, Senen (15-9). Raker ini dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, pimpinan SKPD kabupaten, Muspika kecamatan Pariangan, Wali Nagari, BPRN, KAN, Wali Jorong, kepala sekolah se kecamatan Pariangan dan undangan lainnya.

Dalam acara diskusi yang dipimpin Asisten Pemerintahan Altri Suandi muncul berbagai saran dan pertanyaan seputar pembangunan di kecamatan Pariangan, menurut Muhammad, pasar Simabur yang merupakan pintu gerbang kabupaten Tanah Datar sangat dibutuhkan renovasi sesegera mungkin, karena pasar ini ketika hari Senen sangat ramai dan membuat arus lalu lintas macet, disamping itu bangunan los dan kios sudah banyak yang rusak.

Sementara itu Kepala UPT Pertanian Erdawati menjelaskan program Padi salibu yang sudah menjadi percontohan dan sudah banyak dikunjungi oleh daerah lain diluar Sumatera Barat, program padi salibu ini perlu dipatenkan, karena program padi salibu dimulai di Nagari Tabek kecamatan Pariangan baru berkembang kedaerah lain. Untuk itu minta kepada Pemkab Tanah Datar agar dapat mematenkan asal program padi salibu ini.

Banyak lagi usul dan saran yang disampaikan peserta Raker, seperti kurangnya honor KAN, honor guru Paud dan TK, semua usul dan saran itu merupakan masukan yang sangat berharga bagi Pemkab Tanah Datar untuk menyusun dan merencanakan program pembangunan kedepan.

Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutan dan menjawab berbagai usul dan saran dari peserta Raker menjelaskan, pembangunan pasar tradisional sudah merupakan program nasional, untuk itu pasar simabur ini tentunya juga merupakan salah satu prioritas untuk direnovasi, pada perobahan APBD 2014 ini dianggarkan untuk membuat DID pasar Simabur dan pada tahun 2015 juga akan dianggarkan renovbasi pasar simabur tersebut, untuk itu masyarakat diminta bersabar karena memang segera akan dibangun.

Pasar simabur merupakan pasar serikat tiga nagari, untuk itu kesepakatan tiga nagari itu (Simabur, Pariangan dan Batubasa) harus ada secara tertulis karena kesepakatan itu merupakan salah satu syarat untuk pengajuan anggarannya ke pemerintah pusat. Kepada nagari yang berserikat diminta segera membuat kesepakatan agar pembangunan pasar ini berjalan dengan lancar.

Sementara itu Kepala Koperindagpastam Abdul Hakim menjelaskan, salah satu persyaratan juga dalam membangun pasar ini adalah untuk membentuk koperasi pasar, nantinya pengelolaan pasar akan ditangani oleh koperasi, maka dari itu juga diminta agar segera membentuk koperasi pasar di Pasar Simabur.

Sebelum Raker Wabup Irdinansyah juga melakukan apel bersama dengan siswa/siswi serta majelis guru SMAN Pariangan, pada apel bersama ini Wabup Irdinansyah memberikan motivasi kepasa siswa/siswi untuk rajin belajar agar nantinya juga mendapatkan prestasi yang baik dan setelah lulus nanti dapat diterima di Perguruan Tinggi yang diinginkan. Jangan ragu tidak ada biaya, sebab bagi keluarga tidak mampu yang lulus di PT negeri dibantu Pemkab Tanah Datar.

Selanjutnya Wabup Irdinansyah Tarmizi juga berkenan meletakan batu pertama pembangunan gedung baru MTSs Tabek kecamatan Pariangan, kegiatan ini juga dihadiri Kemenag, kepala SKPD kabupaten, Muspika Pariangan dan undangan lainnya. (humas tanah datar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.
- Advertisement -

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -