24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pasar Simabur Butuh Renovasi
P

Kategori -
- Advertisement -

Pasar Simabur kecamatan Pariangan merupakan pasar etalase kabupaten Tanah Datar, saat ini kondisinya memprihatinkan dan sangat membutuhkan renovasi karena pasar Simabur sudah tertinggal dari pasar lainnya di Tanah Datar.

Hal ini disampaikan Wali Nagari Simabur Muhammad pada acara Rapat Kerja Pemkab Tanah Datar dengan Pemerintah kecamatan Pariangan di Balirong Sari Tabek Nagari Tabek, Senen (15-9). Raker ini dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, pimpinan SKPD kabupaten, Muspika kecamatan Pariangan, Wali Nagari, BPRN, KAN, Wali Jorong, kepala sekolah se kecamatan Pariangan dan undangan lainnya.

Dalam acara diskusi yang dipimpin Asisten Pemerintahan Altri Suandi muncul berbagai saran dan pertanyaan seputar pembangunan di kecamatan Pariangan, menurut Muhammad, pasar Simabur yang merupakan pintu gerbang kabupaten Tanah Datar sangat dibutuhkan renovasi sesegera mungkin, karena pasar ini ketika hari Senen sangat ramai dan membuat arus lalu lintas macet, disamping itu bangunan los dan kios sudah banyak yang rusak.

Sementara itu Kepala UPT Pertanian Erdawati menjelaskan program Padi salibu yang sudah menjadi percontohan dan sudah banyak dikunjungi oleh daerah lain diluar Sumatera Barat, program padi salibu ini perlu dipatenkan, karena program padi salibu dimulai di Nagari Tabek kecamatan Pariangan baru berkembang kedaerah lain. Untuk itu minta kepada Pemkab Tanah Datar agar dapat mematenkan asal program padi salibu ini.

Banyak lagi usul dan saran yang disampaikan peserta Raker, seperti kurangnya honor KAN, honor guru Paud dan TK, semua usul dan saran itu merupakan masukan yang sangat berharga bagi Pemkab Tanah Datar untuk menyusun dan merencanakan program pembangunan kedepan.

Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutan dan menjawab berbagai usul dan saran dari peserta Raker menjelaskan, pembangunan pasar tradisional sudah merupakan program nasional, untuk itu pasar simabur ini tentunya juga merupakan salah satu prioritas untuk direnovasi, pada perobahan APBD 2014 ini dianggarkan untuk membuat DID pasar Simabur dan pada tahun 2015 juga akan dianggarkan renovbasi pasar simabur tersebut, untuk itu masyarakat diminta bersabar karena memang segera akan dibangun.

Pasar simabur merupakan pasar serikat tiga nagari, untuk itu kesepakatan tiga nagari itu (Simabur, Pariangan dan Batubasa) harus ada secara tertulis karena kesepakatan itu merupakan salah satu syarat untuk pengajuan anggarannya ke pemerintah pusat. Kepada nagari yang berserikat diminta segera membuat kesepakatan agar pembangunan pasar ini berjalan dengan lancar.

Sementara itu Kepala Koperindagpastam Abdul Hakim menjelaskan, salah satu persyaratan juga dalam membangun pasar ini adalah untuk membentuk koperasi pasar, nantinya pengelolaan pasar akan ditangani oleh koperasi, maka dari itu juga diminta agar segera membentuk koperasi pasar di Pasar Simabur.

Sebelum Raker Wabup Irdinansyah juga melakukan apel bersama dengan siswa/siswi serta majelis guru SMAN Pariangan, pada apel bersama ini Wabup Irdinansyah memberikan motivasi kepasa siswa/siswi untuk rajin belajar agar nantinya juga mendapatkan prestasi yang baik dan setelah lulus nanti dapat diterima di Perguruan Tinggi yang diinginkan. Jangan ragu tidak ada biaya, sebab bagi keluarga tidak mampu yang lulus di PT negeri dibantu Pemkab Tanah Datar.

Selanjutnya Wabup Irdinansyah Tarmizi juga berkenan meletakan batu pertama pembangunan gedung baru MTSs Tabek kecamatan Pariangan, kegiatan ini juga dihadiri Kemenag, kepala SKPD kabupaten, Muspika Pariangan dan undangan lainnya. (humas tanah datar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img