Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Tahapan pemilu serentak 2019 sudah memasuki pemutakhiran data pemilih. KPU Limapuluh Kota dari tanggal 17 April kemaren sampai 17 mei mendatang melaksakan pendataan di setiap rumah warga. Panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) diturunkan untuk memastikan setiap warga yang memiliki hak pilih terdaftar nantinya.

staff KPU, PPK, PPS dan ketua Panwaslu Yoriza Asra setelah melakukan coklit di rumah warga

Apalagi pemilu 2019 memakai sistem data KTP-el,Terkait sistem ini KPU dalam menetapkan DPT Nantinya akan bekerjasama dengan dinas Dukcapil.

Pantarlih yang sudah ditunjuk KPU Limapuluh Kota setiap hari di wajibkan mampu mendata minimal 5 rumah. Dan didampingi oleh panwaslih. dalam pendataan pantarlih harus mendatangi rumah masyarakat. Tidak dibenarkan memainkan data tebak tebakan rekayasa karena merasa kenal dekat dengan masyarakat.

Jika hal ini terjadi sangsi akan diberikan, ujar Yoriza Asra didampingi Budi Febriandi dan Zumaira dari panwaslu Kabupaten Limapuluh Kota Selasa 17/4 pagi sebelum Coklit serentak dilakukan hari tersebut. Ketua KPU Lima Puluh Kota Ismet Aljannata melalui Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Lima Puluh Kota Ilham Yusardi juga membenarkan akan ada sanksi bagi pantarlih yang melakukan pendataan rekayasa.

Budi Febriandi bersama KPU Limapuluh Kota melakukan monitoring Coklit ke Kecamatan Gunuang Omeh dan Bukik Barisan kepada beritasumbar mengatakan “Panwaslu akan mengawasi semaksimal mungkin pelaksanaan pemutakhiran data pemilih ini. Kita tidak ingin ada masyarakat Limapuluh Kota yang mempunyai hak pilih tapi tidak terdaftar sebagai pemilih pada pemilu serentak 2019 nanti” Ujar Budi Febriandi.

Selasa 17/4 serentak di 79 Nagari dalam 13 Kecamatan yang ada di Limapuluh Kota dilakukan Pencocokan dan Penelitian data pemilih untuk pemilu serentak 2019.( kpu-limapuluh-kota-gelar-coklit-serentak-di-79-nagari ) Selain mengerahkan tim Pantarlih, KPU juga berharap partisipasi pengurus partai politik dan masyarakat dalam mensukseskan pendataan pemilih untuk pemilu 2019 nanti.

Sebelum turun kelapangan Pantarlih melakukan apel bersama di Kantor KPU Limapuluh Kota dan yang jauh dikantor kecamatan masing masing.(*)

loading...