Hadi Suhaimi memimpin Apel Kesiapan Coklit di kecamatan Pangkalan Koto Baru

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com,- KPU Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lima Puluh Kota, menurunkan 1255 orang panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Kegiatan tersebut, digelar secara serentak oleh KPU Limapuluh Kota, Selasa (17/04) di  79 nagari yang ada di Lima Puluh Kota.

pemasangan sticker coklit tanda rumah warga telah dikunjungi oleh Pantarlih

Seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih pada pemilu di negri ini harus terdaftar sebagai pemilih dalam pemilihan umum 2019 nanti. Hal inilah yang menjadi Target dari kegiatan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih ini. Apalagi Pemilu 2019 nanti memakai data KTP-el.

Untuk bisa lebih akurat dan tepat waktu dalam pelaksanan pendataan masing masing pantarlih di tekankan minimal mendata 5 rumah setiap hari. Dan pendataan ini harus dilakukan dari pintu ke pintu oleh petugas pendata ini. Jika ditemukan ada tebak tebak data atau membuat data rekayasa,panwaslu dan KPU akan berikan tindakan tegas.

Selain mengerahkan tim Pantarlih, KPU juga berharap partisipasi pengurus partai politik dan masyarakat dalam mensukseskan pendataan pemilih untuk pemilu 2019 nanti. Pemutakhiran data berlansung dari 17 April 2018 sampai 17 Mei 2018.

mencoklit dirumah kediaman Orang Tua Wakil Bupati Lima Puluh Kota,yang terdaftar pada model A KPU di TPS 03 Ampalu a/n M Ridwan.

Ketua KPU Lima Puluh Kota Ismet Aljannata melalui Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Lima Puluh Kota Ilham Yusardi, bersama Budi Mulya dan Hadi Suhaimi beserta Irfan Fathuri selaku sekretaris, turut melakukan monitoring cokilit terhadap Pantarlih.

Ilham Yusardi (KPU) dan Yoriza Asra (Panwaslu ) memimpin apel kesiapan coklit Pantarlih di halaman KPU Lima Puluh Kota

Apel Kesiapan Pencoklitan pantaralih dilaksanakan di halaman kantor KPU, dipimpin oleh Ilham Yusardi. Sementara itu masing-masing PPS di 79 nagari juga melakukan apel kesiapan coklit untuk pantarlih.

Sialang Coklit di rumah BPK Sunit dan Ilit , suami-istri penyandang disabilitas tuna netra

“ Kegiatan pencoklitan yang dilaksanakan merupakan bagian penting dari serangkaian besar tahapan pemutakhiran data pemilih. Pantarlih harus melakukan coklit dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Hasil kerja pantarlih menjadi titik tolak kualitas Daftar pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 nantinya,” Kata Ilham Yusardi dalam amanatnya
Setelah melakukan apel kesiapan coklit, komisioner KPU Lima Puluh Kota bersama Panwaslu langsung turun ke berbagi pelosok untuk memonitor pantarlih melakukan coklit.

KPU dan Panwas memonitoring Pantarlih melakukan Coklit ke rumah keluarga besar Pahlawan Tan Malaka di nagari Pandam Gadang

Ilham Yusardi dan Budi Febriandi dari Panwaslu mendamping Pantarlih nagari Pandam Gadang, kecamatan Gunuang Omeh, ke rumah keluarga Pahlawan nasional Tan Malaka.

Coklit ke rumah asal Chaidir anwar (ahli bahasa) Desi Anwar (wartawan nasional) Dewi Fortuna Anwar (peneliti LIPI)

Komisioner KPU Budi Mulya Bersama Irfan Fathuri melakukan coklit ke rumah Irfendi Arbi, Bupati Lima Puluh Kota di Jorong Tambun Ijuak, nagari Koto Tangah Simalanggang.

Komisioner KPU Budi Mulya dan Sekretaris Irfan Fathuri mendampingi pantarlih Coklit di rumah tinggal Bupati di nagari Koto tangah Simalanggang

Sedangkan Komisioner Hadi Suhaimi melakukan monitoring coklit di beberapa rumah tokoh kecamatan Pangkalan Koto Baru dan Kapur IX.

Usai coklit di rumah warga di depan tugu Khatulistiwa, Koto Alam pangkalan

Di kecamatan Akabiluru, ketua Panwaslu Yoriza Asra menyempatkan diri memonitoring Pantarlih setempat melakukan coklit ke rumah keluarga Ayahanda dari Drs Mohammad Hatta, Proklamator RI.

staff KPU, PPK, PPS dan ketua Panwaslu Yoriza Asra setelah melakukan coklit di rumah warga

Hari pertama Coklit Serentak di wilayah kerja KPU Lima Puluh Kota berjalan baik dan penuh semarak, berkat KPU Limapuluh Kota dan jajarannya didukung penuh oleh pesonel PPK di 13 kecamatan dan PPS di 79 nagari.(*adv)