30 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

P3A Sadar Payobasuang Kendalikan Hama Tikus
P

Kategori -

Puluhan petani yang tergabung kedalam Persatuan Petani Pemakai Air (P3A) Sadar Kelurahan Payobasung menggelar acara pengendalian hama tikus di sepanjang persemaian Bodi, Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur pada Senin (16/2). Kegiatan juga dihadiri oleh Babinkamtibmas Kecamatan Payakumbuh Timur, Bripka Reymond Scorpio, Lurah Payobasung Irwan Suwandi, Ketua LPM Erry S. Djarens serta PPL Zulkafri.

Kegiatan pengendalian hama tikus kali ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan posko pengendalian hama tikus Kelurahan Payobasung yang sudah dibentuk beberapa waktu yang lalu.

“Ini merupakan acara meracun tikus yang kedua setelah minggu lalu kami juga mengadakan hal yang sama sekaligus membersihkan tali bandar”, ujar Ketua P3A Sadar Kelurahan Payobasung, Almuhar Fahmi.

Dikatakan Almuhar, pihaknya menghindari penggunaan kata berburu dalam pengendalian hama tikus ini mengingat stigma negartif yang ada ditengah-tengah masyarakat terhadap kegiatan berburu tikus.

“Kami lebih memakai kata meracun ketimbang berburu dalam pengendalian hama tikus ini. Kalau istilah berburu, warga banyak menolak ikut karena menurut mereka, kalau tikus diburu maka dia akan semakin mengganas, tetapi kalau diracun, maka in shaa allah tidak”, ujar Almuhar yang juga menjadi pengurus P3A Kota Payakumbuh.

Sementara itu, Lurah Payobasung, Irwan Suwandi menyatakan bahwa luas lahan yang menjadi sasaran pengendalian tikus kali ini mencakup 34 hektar dari 83 hektar hamparan di lokasi tersebut.

“Total hamparan di Persemaian Bodi ini mencapai 83 hektar dari luas itu, luas wilayah yang hama tikusnya kita kendalikan hari ini sekitar 34 hektar, In Shaa Allah dua minggu lagi kita akan kembali melakukan kegiatan ini untuk mencakupi seluruh hamparan”, ujar Irwan diamini oleh Ketua LPM Erry S. Djarens.

Sementara Babinkamtibmas, Bripka Reymond Scorpio menyambut baik terlaksananya kegiatan pengendalian hama tikus tersebut. Pihaknya siap mendukung agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik.

“Saya mohon dilibatkan terus dalam kegiatan-kegiatan yang ada di kelurahan kita, termasuk kegiatan meracun tikus kali ini”, ujar Reymod yang sehari-hari tinggal di Nagari Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Terkait dengan ketersediaan sarana prasarana dalam pengendalian hama tikus, PPL Kelurahan Payobasung Zulkafri menyatakan Dinas Pertanian Kota Payakumbuh memiliki stok racun tikus yang cukup.

“Kami di dinas memiliki stok racun tikus yang cukup, jadi kapan bapak dan ibuk di kelompok tani membutuhkan racun tikus, maka silahkan kontak kami, kami akan menyediakannya”, ujar Zulkafri disela-sela memasukkan racun Tiran ke dalam lobang tikus.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.
- Advertisement -

Rolly Ferdinan Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Harian Pengcab Perbakin Pessel

Ketua Umum Pengurus Cabang Persatuan Menembak Indonesia ( Pengcab – Perbakin), Kabupaten Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK ( Kapolres Pessel) mengapresiasi, rapat koordinasi pengurus cabang Perbakin ini penting dalam meningkatkan silahturahmi, dalam menjaga kekompakan. Diadakan gedung Endra Dharmalaksana Polres Pessel, Rabu (27/1).

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).
- Advertisement -

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -