25.2 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

P3A Sadar Payobasuang Kendalikan Hama Tikus

Puluhan petani yang tergabung kedalam Persatuan Petani Pemakai Air (P3A) Sadar Kelurahan Payobasung menggelar acara pengendalian hama tikus di sepanjang persemaian Bodi, Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur pada Senin (16/2). Kegiatan juga dihadiri oleh Babinkamtibmas Kecamatan Payakumbuh Timur, Bripka Reymond Scorpio, Lurah Payobasung Irwan Suwandi, Ketua LPM Erry S. Djarens serta PPL Zulkafri.

Kegiatan pengendalian hama tikus kali ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan posko pengendalian hama tikus Kelurahan Payobasung yang sudah dibentuk beberapa waktu yang lalu.

“Ini merupakan acara meracun tikus yang kedua setelah minggu lalu kami juga mengadakan hal yang sama sekaligus membersihkan tali bandar”, ujar Ketua P3A Sadar Kelurahan Payobasung, Almuhar Fahmi.

Dikatakan Almuhar, pihaknya menghindari penggunaan kata berburu dalam pengendalian hama tikus ini mengingat stigma negartif yang ada ditengah-tengah masyarakat terhadap kegiatan berburu tikus.

“Kami lebih memakai kata meracun ketimbang berburu dalam pengendalian hama tikus ini. Kalau istilah berburu, warga banyak menolak ikut karena menurut mereka, kalau tikus diburu maka dia akan semakin mengganas, tetapi kalau diracun, maka in shaa allah tidak”, ujar Almuhar yang juga menjadi pengurus P3A Kota Payakumbuh.

Sementara itu, Lurah Payobasung, Irwan Suwandi menyatakan bahwa luas lahan yang menjadi sasaran pengendalian tikus kali ini mencakup 34 hektar dari 83 hektar hamparan di lokasi tersebut.

“Total hamparan di Persemaian Bodi ini mencapai 83 hektar dari luas itu, luas wilayah yang hama tikusnya kita kendalikan hari ini sekitar 34 hektar, In Shaa Allah dua minggu lagi kita akan kembali melakukan kegiatan ini untuk mencakupi seluruh hamparan”, ujar Irwan diamini oleh Ketua LPM Erry S. Djarens.

Sementara Babinkamtibmas, Bripka Reymond Scorpio menyambut baik terlaksananya kegiatan pengendalian hama tikus tersebut. Pihaknya siap mendukung agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik.

“Saya mohon dilibatkan terus dalam kegiatan-kegiatan yang ada di kelurahan kita, termasuk kegiatan meracun tikus kali ini”, ujar Reymod yang sehari-hari tinggal di Nagari Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Terkait dengan ketersediaan sarana prasarana dalam pengendalian hama tikus, PPL Kelurahan Payobasung Zulkafri menyatakan Dinas Pertanian Kota Payakumbuh memiliki stok racun tikus yang cukup.

“Kami di dinas memiliki stok racun tikus yang cukup, jadi kapan bapak dan ibuk di kelompok tani membutuhkan racun tikus, maka silahkan kontak kami, kami akan menyediakannya”, ujar Zulkafri disela-sela memasukkan racun Tiran ke dalam lobang tikus.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

TMMD Ke-109 Kodim 0311 Pessel usai, Kampung Dilan tak lagi Terisolir

Pesisir Selatan,- Akses jalan menjadi momok besar bagi warga di Kampung Dilan, Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir...

Program Unggulan ASA, Niniak Mamak Bahagia

Ashelfine, SH, MH yang telah diberigelar oleh kaum atau suku dengan gelar Rajo Parpatiah dari Suku Chaniago Nagari Pematang Panjang. Kamanakan Datuak...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -