26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

BAZNAS Salirkan Bantuan Kuliah Kepada 83 Mahasiswa/i
B

Kategori -

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh, kembali menyalurkan dana zakat sebanyak Rp.83.000.000 untuk bantuan kuliah kepada 80 orang mahasiswa/I kurang mampu yang tersebar di lima Kecamatan se Kota Payakumbuh.

Penyerahan bantuan itu diberikan langsung kepada seluruh mustahik yang diawali secara simbolois kepada Lima orang perwakilan berasal dilima kecamatan dalam suatu acara di Sekretariat Baznas setempat Jl.Pahlawan Sawah Padang Payakumbuh Selasa (17/2).

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kabid Dikdas Zetriwardi, Kepala Kantor Kemenag Asra Faber, Ketua Baznas H.Mismardi,BA, Pengurus Baznas, Syafruddin, Syofyan.S, Erimiati dan sejumlah pejabat Kemenag lainnya.

Ketua Baznas H.Mismardi menjelaskan beberapa program Baznas yaitu dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera dengan program Payakumbuh sehat, membantu keluarga miskin untuk berobat kemudian Payakumbuh cerdas dengan memberikan bantuan pendidikan buat siswa baru mulai dari tingkat SD, SMP,SMA hingga mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi, ujar MIsmardi.

Dikatakan Mismardi sampai saat ini diakui bahwa masih banyak permohonan mahasiswa yang masuk ke Baznas, namun karena keterbatasan dana baru dapat dipenuhi sebanyak 83 orang mahasiswa

Lebih jauh disebutkannya sepanjang tahun 2015 ini Baznas akan menyalurkan bantuan zakat dengan berbagai program kegiatan seperti dana pendidikan , dana konsumtif, dana produktif dan rehap rumah miskin dengan total Anggaran sebanyak Rp.1,998.500,000 dan sekarang baru tahap awal,simpul Buya Mismardi..

Diharapkan bantuan Baznas yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya, gunakan lah buat keperluan kuliah dan jangan sampai dipergunakan buat keperluan yang konsumtif, ujarnya.

Kabid Dikdas Zetriwardi dan Kakemenag Asra Faber ketika memberikan sambutan sam-sama mengucapkan terima kasih pada Baznas yang telah memberikan bantuan buat mahasiswa, mudah-mudahan akan dapat meringankan beban biaya dan semakin termotivasi hendahnya dalam menyelesaikan pendidikannya.

Dibagian lain Kakemenag Asra Faber menyebutkan saat ini baru 10 % yang terkelola melalui zakat PNS di Kota ini sebanyak Rp.2 M, sementara potensi zakat mencapai Rp.20 M kedepan kita berharap potensi zakat yang belum terkelola akan dikembangkan dengan melibatkan stakeholder dan dibutuhkan juga dukungan Pemko nantinya.

Kepada para muzaki atau wajib zakat lainya yang belum termasuk zakat PNS, untuk dapat membayar zakatnya melalui Baznas Kota Payakumbuh, pungkasnya.

 

Humas Kota Payakumbuh
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.
- Advertisement -

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -