24 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

BAZNAS Salirkan Bantuan Kuliah Kepada 83 Mahasiswa/i
B

Kategori -

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh, kembali menyalurkan dana zakat sebanyak Rp.83.000.000 untuk bantuan kuliah kepada 80 orang mahasiswa/I kurang mampu yang tersebar di lima Kecamatan se Kota Payakumbuh.

Penyerahan bantuan itu diberikan langsung kepada seluruh mustahik yang diawali secara simbolois kepada Lima orang perwakilan berasal dilima kecamatan dalam suatu acara di Sekretariat Baznas setempat Jl.Pahlawan Sawah Padang Payakumbuh Selasa (17/2).

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kabid Dikdas Zetriwardi, Kepala Kantor Kemenag Asra Faber, Ketua Baznas H.Mismardi,BA, Pengurus Baznas, Syafruddin, Syofyan.S, Erimiati dan sejumlah pejabat Kemenag lainnya.

Ketua Baznas H.Mismardi menjelaskan beberapa program Baznas yaitu dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera dengan program Payakumbuh sehat, membantu keluarga miskin untuk berobat kemudian Payakumbuh cerdas dengan memberikan bantuan pendidikan buat siswa baru mulai dari tingkat SD, SMP,SMA hingga mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi, ujar MIsmardi.

Dikatakan Mismardi sampai saat ini diakui bahwa masih banyak permohonan mahasiswa yang masuk ke Baznas, namun karena keterbatasan dana baru dapat dipenuhi sebanyak 83 orang mahasiswa

Lebih jauh disebutkannya sepanjang tahun 2015 ini Baznas akan menyalurkan bantuan zakat dengan berbagai program kegiatan seperti dana pendidikan , dana konsumtif, dana produktif dan rehap rumah miskin dengan total Anggaran sebanyak Rp.1,998.500,000 dan sekarang baru tahap awal,simpul Buya Mismardi..

Diharapkan bantuan Baznas yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya, gunakan lah buat keperluan kuliah dan jangan sampai dipergunakan buat keperluan yang konsumtif, ujarnya.

Kabid Dikdas Zetriwardi dan Kakemenag Asra Faber ketika memberikan sambutan sam-sama mengucapkan terima kasih pada Baznas yang telah memberikan bantuan buat mahasiswa, mudah-mudahan akan dapat meringankan beban biaya dan semakin termotivasi hendahnya dalam menyelesaikan pendidikannya.

Dibagian lain Kakemenag Asra Faber menyebutkan saat ini baru 10 % yang terkelola melalui zakat PNS di Kota ini sebanyak Rp.2 M, sementara potensi zakat mencapai Rp.20 M kedepan kita berharap potensi zakat yang belum terkelola akan dikembangkan dengan melibatkan stakeholder dan dibutuhkan juga dukungan Pemko nantinya.

Kepada para muzaki atau wajib zakat lainya yang belum termasuk zakat PNS, untuk dapat membayar zakatnya melalui Baznas Kota Payakumbuh, pungkasnya.

 

Humas Kota Payakumbuh
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Percepat Pembangunan Infrastruktur, DPRD Sumbar Raker Bersama Pemkab Pasaman-Pasbar

Padang, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Daerah Pemilihan (Dapil) IV Pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, melakukan Rapat Kerja Usaha Percepatan Penanganan dan...

Terlibat Kasus Narkoba, Dua Personel Polres Sijunjung Dipecat

Sijunjung, beritasumbar.com - Dua personil Polres Sijunjung dipecat dari Anggota Kepolisian Republik Indonesia karena terlibat kasus narkoba. Upacara pemberhentian tidak hormat untuk Brigadir  Andres Ofiyandra sesuai...
- Advertisement -