30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Oknum Polisi Limapuluh Kota Ditetapkan Jadi Tersangka Penjabulan
O

Kategori -

Polres Lima­puluh Kota, akhirnya me­netapkan oknum polisi ber­inisial SR sebagai tersangka dalam kasus pencabulan terha­dap salah seorang pelajar SMP di Kecamatan Pangkalan. Pe­ne­tapan tersangka tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Limapuluh Kota bebe­rapa hari lalu.

“SR sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka ini dalam kasus pencabulan terhadap pelajar,” ujar AKBP Tri Wahyudi Ka­pol­res Limapuluh Kota serta Kasat Reskrim AKP Amral, Selasa (6/1) kemarin.

Dari keterangan sejumlah saksi dan korban pencabulan tersebut, menguatkan dugaan keterlibatan SR dalam asusila terhadap anak bawah umur, berinisial L (15) yang meru­pakan saksi kunci dalam kasus tersebut. L masih duduk di kelas IX di salah satu SMP di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Setelah L berhasil kita jemput paksa, dari sanalah keterlibatan SR terungkap. L mengakui, pernah berhu­bu­ngan badan dengan SR. Begitu juga keterangan dari saksi lainnya, sehingga me­nguat­kan dugaan kerterli­batan SR,”ujar AKBP Tri Wahyudi.

Keterangan L kepada pe­nyi­dik, setiap berhubungan badan, dirinya diberi uang oleh SR dengan jumlah bervariasi. Mulai dari Rp500 ribu hingga Rp600 ribu. “Meski suka sama suka, tetapi SR telah melang­gar undang-undang per­lin­dungan anak. L disetubuhi seba­nyak 2 kali oleh SR,” katanya lagi.

Mengapungnya kasus pen­­ca­bulan tersebut, berawal dari amukan warga di Nagari Mang­gilang hingga membakar rumah salah seorang pe­ngu­saha gam­bir di Kecamatan Pangkalan. Amukan warga tersebut dipicu tak kunjung adanya proses hukum terhadap pelaku pencabulan yang menimpa seorang gadis berinisial S (15) oleh petugas kepolisian. Gerah melihat pelaku berinisial R (45) yang berkeliran bebas, akhirnya warga membakar rumah pelaku tersebut.

Dengan adanya aksi massa dari warga serta desakan dari kelurga korban pencabulan, akhirnya ke­poli­sian Polres Limapuluh Kota mulai bergerak untuk menangani kasus tersebut. R sempat kabur dari panggilan polisi. Beberapa hari jadi target operasi, akhirnya R berhasil ditangkap.

Pengakuan dari R, dirinya me­nge­nal S dari L yang tak lain adalah teman S sendiri. L pun tak luput dari pemanggilan polisi, L yang meru­pakan saksi kunci dalam kasus ter­sebut sempat kabur hingga akhir­nya berhasil ditangkap di wilayah hukum Polres Dhamasraya. Dari keterangan L, dirinya malah sempat dicabuli oknum polisi SR. Beranjak dari sana, SR langsung ditetapkan tersangka.

“Dalam kasus pencabulan terha­dap pelajar ini, 2 tersangka sudah kita tetapkan. R seorang pengusaha dan SR anggota kepolisian. Kasus ini terus kita dalami,”kata AKP Amral.

Tak sampai di sana, dari penga­kuan korban S dan L, SR juga pernah menyodorkan narkoba jenis sabu kepada mereka. “Untuk kasus nar­ko­ba, kita belum cukup bukti. Karena barang bukti tidak kita temukan. Tetapi dari hasil urine, SR positif pengguna narkoba,”katanya.

Sebelum ditetapkan tersangka, SR juga telah menjalani sidang disiplin di Mapolres Limapuluh Kota. “Dalam kasus ini, kita tidak tebang pilih demi menegakkan hukum. Siapapun dia, hukum tetap berlaku walaupun dia anggota dari Polri sendiri,”tegas Tri Wahyudi.

“SR melanggar undang-undang perlindungan anak nomor 23 tahun 2002. SR terancam hukuman 13 tahun penjara dan terancam dipecat dari kesatuan Polri,” katanya.

R serta SR sudah mendekam di sel Mapolres Limapuluh Kota untuk penyidikan lebih lanjut. Sementara, pihak keluarga korban dari S turut senang atas ditangkapnya oknum polisi SR (Haluan)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -