24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Oknum Polisi Limapuluh Kota Ditetapkan Jadi Tersangka Penjabulan
O

Kategori -

Polres Lima­puluh Kota, akhirnya me­netapkan oknum polisi ber­inisial SR sebagai tersangka dalam kasus pencabulan terha­dap salah seorang pelajar SMP di Kecamatan Pangkalan. Pe­ne­tapan tersangka tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Limapuluh Kota bebe­rapa hari lalu.

“SR sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka ini dalam kasus pencabulan terhadap pelajar,” ujar AKBP Tri Wahyudi Ka­pol­res Limapuluh Kota serta Kasat Reskrim AKP Amral, Selasa (6/1) kemarin.

Dari keterangan sejumlah saksi dan korban pencabulan tersebut, menguatkan dugaan keterlibatan SR dalam asusila terhadap anak bawah umur, berinisial L (15) yang meru­pakan saksi kunci dalam kasus tersebut. L masih duduk di kelas IX di salah satu SMP di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Setelah L berhasil kita jemput paksa, dari sanalah keterlibatan SR terungkap. L mengakui, pernah berhu­bu­ngan badan dengan SR. Begitu juga keterangan dari saksi lainnya, sehingga me­nguat­kan dugaan kerterli­batan SR,”ujar AKBP Tri Wahyudi.

Keterangan L kepada pe­nyi­dik, setiap berhubungan badan, dirinya diberi uang oleh SR dengan jumlah bervariasi. Mulai dari Rp500 ribu hingga Rp600 ribu. “Meski suka sama suka, tetapi SR telah melang­gar undang-undang per­lin­dungan anak. L disetubuhi seba­nyak 2 kali oleh SR,” katanya lagi.

Mengapungnya kasus pen­­ca­bulan tersebut, berawal dari amukan warga di Nagari Mang­gilang hingga membakar rumah salah seorang pe­ngu­saha gam­bir di Kecamatan Pangkalan. Amukan warga tersebut dipicu tak kunjung adanya proses hukum terhadap pelaku pencabulan yang menimpa seorang gadis berinisial S (15) oleh petugas kepolisian. Gerah melihat pelaku berinisial R (45) yang berkeliran bebas, akhirnya warga membakar rumah pelaku tersebut.

Dengan adanya aksi massa dari warga serta desakan dari kelurga korban pencabulan, akhirnya ke­poli­sian Polres Limapuluh Kota mulai bergerak untuk menangani kasus tersebut. R sempat kabur dari panggilan polisi. Beberapa hari jadi target operasi, akhirnya R berhasil ditangkap.

Pengakuan dari R, dirinya me­nge­nal S dari L yang tak lain adalah teman S sendiri. L pun tak luput dari pemanggilan polisi, L yang meru­pakan saksi kunci dalam kasus ter­sebut sempat kabur hingga akhir­nya berhasil ditangkap di wilayah hukum Polres Dhamasraya. Dari keterangan L, dirinya malah sempat dicabuli oknum polisi SR. Beranjak dari sana, SR langsung ditetapkan tersangka.

“Dalam kasus pencabulan terha­dap pelajar ini, 2 tersangka sudah kita tetapkan. R seorang pengusaha dan SR anggota kepolisian. Kasus ini terus kita dalami,”kata AKP Amral.

Tak sampai di sana, dari penga­kuan korban S dan L, SR juga pernah menyodorkan narkoba jenis sabu kepada mereka. “Untuk kasus nar­ko­ba, kita belum cukup bukti. Karena barang bukti tidak kita temukan. Tetapi dari hasil urine, SR positif pengguna narkoba,”katanya.

Sebelum ditetapkan tersangka, SR juga telah menjalani sidang disiplin di Mapolres Limapuluh Kota. “Dalam kasus ini, kita tidak tebang pilih demi menegakkan hukum. Siapapun dia, hukum tetap berlaku walaupun dia anggota dari Polri sendiri,”tegas Tri Wahyudi.

“SR melanggar undang-undang perlindungan anak nomor 23 tahun 2002. SR terancam hukuman 13 tahun penjara dan terancam dipecat dari kesatuan Polri,” katanya.

R serta SR sudah mendekam di sel Mapolres Limapuluh Kota untuk penyidikan lebih lanjut. Sementara, pihak keluarga korban dari S turut senang atas ditangkapnya oknum polisi SR (Haluan)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.
- Advertisement -

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -