24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Niat Mandi Sunah Sebelum Sholat Jumat
N

Kategori -
- Advertisement -

Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan keberkahan. Di hari itu umat Islam dianjurkan banyak membaca zikir, doa, dan membaca surah-surah pilihan, seperti surah Yasin, surah Al-Kahfi, dan surah Al-Ikhlas.
Hari yang dinamakan juga sebagai Sayyidul Ayyam, tuannya hari, yang banyak Muslim juga melakukan kebaikan-kebaikan, seperti sedekah, slametan memberi nama pada anak, syukuran atas pencapaian seseorang, dan lain sebagainya.
Hal yang juga penting di hari ini seorang Muslim diharuskan melakukan salat Jumat sebagai ganti salat Zuhur. Sebelum melakukan salat Jumat, orang Islam disunahkan untuk mandi, atau yang disebut mandi salat Jumat.
Mandi salat Jumat secara lahiriah sama seperti dengan mandi pada umumnya. Hanya saja ada nilai pahala di dalamnya. Tentu jika dari awal itu sudah diniatkan sebagai mandi sunah yang dilakukan sebelum salat Jumat.
Untuk mendapatkan pahala sunah mandi sebelum salat Jumat harus mengetahui dulu doa yang harus dibaca sebelum mandi. Begini doanya:
Nawaitu al-ghusla lihudurul jum’ati sunnatan lillahi ta’aala
Saya niat mandi untuk menghadiri salat Jumat, sunah karena Allah ta’ala
Mandi ini tidak diwajibkan, akan tatapi disunnahkan. Jadi tidak ada keharusan untuk melakukannya. Lebih-lebih bagi mereka pekerja kantor yang sibuk dengan pekerjaannya. Maka minimalnya jika tidak mandi, badannya harus bersih dan suci dari semua najis dan hadats atau kotoran.
Dengan melakukan mandi sebelum salat Jumat, kita mendapatkan pahala kesunahannya. Sebab jika dilakukan di luar hari Jumat tidak mendapatkan pahala kesunahan tersebut, hanya di hari Jumat. Jangan sia-siakan. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img