25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Nasihat Keras dari Tangis Hakim Teguh untuk Politisi Muslim
N

Kategori -

[dropcap font=”0″]B[/dropcap]ergetar suara Ketua Majelis Hakim Teguh Satya Bhakti membacakan surat Ali Imron. Palu yang ada di hadapannya yang tergeletak di atas meja hijau menjadi saksi tertumpahnya air mata saat ayat yang menyerukan persatuan umat muslim dilantunkan dalam ruangan sidang itu.

“Umat Islam itu harus bersatu, bukan bercerai berai,” ujarnya dengan suara yang memenuhi ruang sidang PTUN. Kata-kata itu sejatinya begitu tajam menusuk hati para pengunjung dari kedua kubu yang bertikai, yaitu antara kubu Romahurmuziy (Romy)  dan Suryadharma Ali. Mereka tengah mendengarkan putusan pengadilan terkait pengesahan Kemenkumham terhadap kepengurusan PPP kubu Romahurmuziy.

Sungguh luar biasa kondisi emosional Hakim Teguh di hari itu, Rabu 25 Februari 2015. Melihat partai yang berlogo Kakbah, simbol persatuan umat Islam, didera pertikaian yang memperebutkan kekuasaan. Sementara Islam sendiri hadir dalam keindahan ukhuwah. Persaudaraan erat yang di atasnya terbangun perjuangan dakwah melawan kemunkaran.

Dalam surat Ali Imron yang dibacakan itu, pada ayat 103, Allah swt meminta hamba-Nya yang beriman agar tidak berpecah belah dan meresapi nikmat ikatan hati yang Allah swt hadirkan ke sanubari umat-Nya.

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

Hakim Teguh tentu menghayati benar firman Allah itu. Dan di hadapannya, tengah berjajar dua kubu yang sama-sama Islam, dinaungi dalam partai Islam, berlogo persatuan umat Islam, sama-sama paham dengan ayat yang menyerukan persatuan umat Islam, tetapi ironisnya mereka malah dalam keadaan berpecah belah. Dan Hakim Teguh harus mengeluarkan keputusan atas pertikaian itu, yang ia tahu apa pun keputusannya tak akan membuat kedua pihak serta merta puas dan berlapang dada.

Tangis Hakim Teguh sejatinya adalah nasihat bagi seluruh umat Islam, khususnya para politisi muslim yang terserak pada lebih dari satu partai politik dan saling bertikai satu sama lain. Bagaimana mungkin mereka bersikeras kembali ke “tepi jurang neraka”. Apakah mereka sengaja mengabaikan firman Allah swt dalam Ali Imron ayat 105.

“Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat.”

Persatuan hati, nikmat yang telah Allah turunkan kepada umat Islam, adalah pondasi bagi tegaknya sebuah kelompok di tengah umat manusia yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar.

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS Ali Imran: 104).

Partai yang berazas Islam idealnya menjadi representasi atas kelompok ini. Mereka hadir di tengah negara untuk merebut kekuasaan dan menyerahkannya kepada orang-orang yang mendirikan sholat dan menegakkan kalimat Allah di tengah persada. Dan perebutan kekuasaan ini tidak akan terjadi tanpa kekuatan, dan kekuatan tak ada tanpa persatuan.

Tangis Hakim Teguh adalah amanah bagi para politisi muslim. Karena tangisnya adalah tangis umat Islam melihat para pemimpinnya berseteru. Getaran hatinya adalah getaran umat Islam yang menginginkan adanya persatuan. Getar suara Hakim Teguh yang meminta partai Islam bersatu adalah getar suara umat Islam nusantara yang menginginkan partai Islam dan politisi muslim tak terpecah.

Maka, mari kita sampaikan tetesan air mata Hakim Teguh kepada semua politisi muslim di Nusantara ini.

 

Dilaporkan oleh: Mutsaqofatul Fikry
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).
- Advertisement -

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.

Kebakaran Di Ibuh, Damkar Payakumbuh Kerahkan Seluruh Armada

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Pemadam kebakaran (DAMKAR) Kota Payakumbuh segera bergerak meluncur setelah mendapat informasi dari warga via telepon kalau ada kebakaran rumah di Jalan Lampuang Kelurahan Ibuah, Kamis (6/5) sekitar pukul 13.00 siang.
- Advertisement -

Tidak Memiliki BPJS,Petani Nira Di Batu Bulat Yang Tersambar Petir Kesulitan Untuk Biaya Pengobatan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pasca Tersambar Petir Minggu 25/05/2021,Petani nira di Nagari Batu Bulat Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar tidak memiliki BPJS dan kesulitan untuk biaya pengobatan di RSUD M.Djamil Padang.

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -