29 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi
M

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Dengan tema “Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi”, Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kota Payakumbuh diwakili Kasi Olahraga Fiqih Rahmat. Turut hadir Wakil Ketua KONI Jondrizon, bertindak pemegang mandat Ketua ESI Kota Payakumbuh Ade Vianora, dan perwakilan tim/club E-Sport di Payakumbuh.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Muskot 1 Yaumil Qodri menyampaikan ESI merupakan cabang olahraga (cabor) baru yang berhimpun di KONI, Muskot 1 dilaksanakan mengacu kepada mandat langsung dari ESI Provinsi Sumatera Barat.

“Kita mencari Ketua Definitif ESI Payakumbuh 2021-2025. Semoga ESI dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi player gamers di Payakumbuh,” kata Yaumil.

Ketua ESI Payakumbuh Ade Vianora menyampaikan, dirinya selaku pemegang mandat dari ESI Sumbar pada akhir 2020 lalu diberi tugas membentuk kepengurusan ESI di tingkat Kota Payakumbuh dan membentuk struktur kepengurusannya.

Ade menyebut jauh hari, bentuk giat dari kegiatan ESI telah banyak terlaksana dengan beberapa kali iven pertandingan yang dilaksanakan oleh squad atau tim yang ada di Payakumbuh, hasilnya luar biasa. Namun, mereka belum punya wadah tempat berhimpun, yaitu cabang olahraga resmi.

“Kami memiliki harapan agar ESI bisa berjalan sebaik-baiknya, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang bisa bersaing di tingkat yang lebih tinggi, baik itu pemain maupun pelatih. Game online atau E-Sport adalah olahraga baru yang sangat dilirik oleh anak muda dan kaum milenial. Tidak cukup dengan hanya berkecimpung di klub saja, tapi perlu wadah seperti ESI,” kata Ade.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Kota Payakumbuh Jondrizal menyampaikan banyak hal yang bisa didapat dan dilakukan dengan kehadiran ESI. Perkembangan teknologi saat ini, dengan memegang perangkat elektronik, seakan berhadapan dengan sisi mata uang. Ada sisi positif dan sisi negatifnya.

“Kondisi pada saat ini pada penyuka game dan player. Bila melihat ini hobi sebagai rekreasi adalah yang selama ini sudah dilakukan. Tapi, meraih prestasi dari hobi, ini tidak bisa dipungkiri lagi. Pesepakbola saja di awal-awal dianggap menghabiskan waktu dan bukan profesi. Namun mereka mampu menjadikan hobi sebagai profesi dan berprestasi.

ESI hadir sebagai lembaga mewadahi, memandu, dan mengarahkan profesionalisme player. Banyak hal bisa diraih dengan perkembangan teknologi, apa yang bisa ditampung ESI sehingga muaranya ada atlet yang profesional.

Kasi Olahraga Disparpora Payakumbuh Fiqih Rahmat menyampaikan E-Sport dan game berbeda. E-Sport sudah masuk ke ASEAN Games dan SEA Games, diakui sebagai olahraga prestasi di tingkat internasional. Di Indonesia, pengukuhan E-Sport pada Agustus 2020 lalu dan masuk ke cabang olahraga prestasi.

“Selama ini game masuk ke olahraga kreasi, dinikmati untuk kesenangan saja, tapi sekarang sudah masuk ke cabang olahraga prestasi karena dilombakan di pentas internasional. Kedepan akan masuk ke cabang yang diperlombakan di Porprov,” ujarnya.

Fiqih juga menambahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga menyampaikan 3 substansi olharaga seperti sport science, sport tourism, dan sport industry. E-Sport lebih cenderung masuk ke kategori olahraga industri, tapi di Payakumbuh tidak menutup kemungkinan bisa masuk ke olahraga pariwisata.

“Stigma di masyarakat tentang game online masih banyak yang negatif karena edukasi yang belum optimal. Sementara pada pelaku gaming atau player, mereka bermain game online memang karena hobi saja. Rata-rata tim E-Sport bergenre, namun ada juga yang selalu prestasi di 1 genre,” ungkapnya.

Fiqih juga berpesan ESI jangan lupa nanti dengan masalah data seperti atlet, pelatih, wasit, sarana prasarana, dan klub E-Sport yang ada di Payakumbuh.

“Pemko mendukung ESI sebagai Cabor resmi di Payakumbuh, semoga terwujud apa yang menjadi moto pada Muskot 1 kali ini,” ujarnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).

2 Pelajar Asal Payakumbuh Wakili Sumbar Tampil Di Paduan Suara Peringatan HUT RI Ke 76 Di Istana Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dua pelajar asal Kota Payakumbuh yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam seleksi audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Terjadi Penambahan 8 Kasus Positif Covid-19 dan 3 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kembali terjadi penambahan masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif kasus Covid-19 sebanyak 8 orang, sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 137 kasus.

Peduli Anak Muda, Edward DF Bantu Bangun Lapangan Bola Voli Jorong Lareh Nan Panjang

Luak Limopuluah,BeritaSumbar.com,- Remaja Jorong Lareh Nan Panjang, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sedang giat-giatnya membangun Lapangan bola voli. Mereka hampir setiap hari melakukan gotong royong. Kalau tidak pagi, sore mereka turun ke lapangan mengerjakannya.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa(13/7)

Rakor Bersama Pengurus Masjid dan Tokoh Agama, ini pesan Walikota Riza Falepi untuk penanganan covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan telah terbitnya surat Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19, Pemko Payakumbuh melalui bagian Kesra Setdako laksanakan rapat koordinasi (Rakor), Selasa (13/7).

Evaluasi Penilaian Kota Sehat Tahun 2021, Kota Payakumbuh Siap Mempertahanankan Penghargaan Swastisaba Wistara Yang Ke 7.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Kota Payakumbuh telah 6 kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat pada tingkat swastisaba wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat, Hal ini dapat tercapai dengan bantuan dari instansi dan kelembagaan terkait dan kepedulian bersama dari masyarakat.
- Advertisement -