28 C
Padang
Minggu, Maret 7, 2021
Beritasumbar.com

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi
M

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Dengan tema “Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi”, Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kota Payakumbuh diwakili Kasi Olahraga Fiqih Rahmat. Turut hadir Wakil Ketua KONI Jondrizon, bertindak pemegang mandat Ketua ESI Kota Payakumbuh Ade Vianora, dan perwakilan tim/club E-Sport di Payakumbuh.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Muskot 1 Yaumil Qodri menyampaikan ESI merupakan cabang olahraga (cabor) baru yang berhimpun di KONI, Muskot 1 dilaksanakan mengacu kepada mandat langsung dari ESI Provinsi Sumatera Barat.

“Kita mencari Ketua Definitif ESI Payakumbuh 2021-2025. Semoga ESI dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi player gamers di Payakumbuh,” kata Yaumil.

Ketua ESI Payakumbuh Ade Vianora menyampaikan, dirinya selaku pemegang mandat dari ESI Sumbar pada akhir 2020 lalu diberi tugas membentuk kepengurusan ESI di tingkat Kota Payakumbuh dan membentuk struktur kepengurusannya.

Ade menyebut jauh hari, bentuk giat dari kegiatan ESI telah banyak terlaksana dengan beberapa kali iven pertandingan yang dilaksanakan oleh squad atau tim yang ada di Payakumbuh, hasilnya luar biasa. Namun, mereka belum punya wadah tempat berhimpun, yaitu cabang olahraga resmi.

“Kami memiliki harapan agar ESI bisa berjalan sebaik-baiknya, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang bisa bersaing di tingkat yang lebih tinggi, baik itu pemain maupun pelatih. Game online atau E-Sport adalah olahraga baru yang sangat dilirik oleh anak muda dan kaum milenial. Tidak cukup dengan hanya berkecimpung di klub saja, tapi perlu wadah seperti ESI,” kata Ade.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Kota Payakumbuh Jondrizal menyampaikan banyak hal yang bisa didapat dan dilakukan dengan kehadiran ESI. Perkembangan teknologi saat ini, dengan memegang perangkat elektronik, seakan berhadapan dengan sisi mata uang. Ada sisi positif dan sisi negatifnya.

“Kondisi pada saat ini pada penyuka game dan player. Bila melihat ini hobi sebagai rekreasi adalah yang selama ini sudah dilakukan. Tapi, meraih prestasi dari hobi, ini tidak bisa dipungkiri lagi. Pesepakbola saja di awal-awal dianggap menghabiskan waktu dan bukan profesi. Namun mereka mampu menjadikan hobi sebagai profesi dan berprestasi.

ESI hadir sebagai lembaga mewadahi, memandu, dan mengarahkan profesionalisme player. Banyak hal bisa diraih dengan perkembangan teknologi, apa yang bisa ditampung ESI sehingga muaranya ada atlet yang profesional.

Kasi Olahraga Disparpora Payakumbuh Fiqih Rahmat menyampaikan E-Sport dan game berbeda. E-Sport sudah masuk ke ASEAN Games dan SEA Games, diakui sebagai olahraga prestasi di tingkat internasional. Di Indonesia, pengukuhan E-Sport pada Agustus 2020 lalu dan masuk ke cabang olahraga prestasi.

“Selama ini game masuk ke olahraga kreasi, dinikmati untuk kesenangan saja, tapi sekarang sudah masuk ke cabang olahraga prestasi karena dilombakan di pentas internasional. Kedepan akan masuk ke cabang yang diperlombakan di Porprov,” ujarnya.

Fiqih juga menambahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga menyampaikan 3 substansi olharaga seperti sport science, sport tourism, dan sport industry. E-Sport lebih cenderung masuk ke kategori olahraga industri, tapi di Payakumbuh tidak menutup kemungkinan bisa masuk ke olahraga pariwisata.

“Stigma di masyarakat tentang game online masih banyak yang negatif karena edukasi yang belum optimal. Sementara pada pelaku gaming atau player, mereka bermain game online memang karena hobi saja. Rata-rata tim E-Sport bergenre, namun ada juga yang selalu prestasi di 1 genre,” ungkapnya.

Fiqih juga berpesan ESI jangan lupa nanti dengan masalah data seperti atlet, pelatih, wasit, sarana prasarana, dan klub E-Sport yang ada di Payakumbuh.

“Pemko mendukung ESI sebagai Cabor resmi di Payakumbuh, semoga terwujud apa yang menjadi moto pada Muskot 1 kali ini,” ujarnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Selama Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri Janji tak Akan Terpecah

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri berjanji tidak akan...
- Advertisement -

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Walinagari Serta Perangkat Di Tanah Datar Belum Menerima Gaji Selama Tiga Bulan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Sebanyak 75 orang Walinagari beserta Perangkat pemerintahan nagari di wilayah Kabupaten Tanah Datar belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir dari Pemerintah Daerah setempat.
- Advertisement -

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Usai Dilantik, Benny Dan Radi Serius Garap Pertanian Di Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Belum genap seminggu masuk kantor sejak dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung sudah bergerak cepat. Baik itu kunjungan, Rapat Program maupun acara undangan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...
- Advertisement -