25.1 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Moment Hardiknas di isi dengan ziarah
M

Kategori -

LIMAPULUH KOTA,Beritasumbar.com-Momen peringatan Hari Pendidikan Nasional di Limapuluh Kota turut ditandai kegiatan ziarah ke salah satu makam tokoh pendidikan di Tabekgadang, VII Koto Talago, Guguak. Bagi Pemkab Limapuluh Kota, Hardiknas kali ini dimaknai dengan keseriusan, sebagai momen menyalakan pelita, menerangkan cita-cita, mensejahterakan rakyat dengan penguatan daerah.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, dalam prosesi ziarah ke salah satu makam tokoh pendidikan asal Limapuluh Kota, Alm Syekh Abdul Wahid ASH, Senin (2/5) siang. Sebagai kalangan terdidik, tidak hanya pelajar dan kaum pendidik saja, para pejabat di pemerintah daerah juga diminta lebih menghargai, tokoh-tokoh yang sudah berjasa mengembangkan pendidikan di daerah.

“Kami atas nama pemerintah daerah, memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak keluarga dan Yayasan Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) di Tabek Gadang ini. Sebab, baru kali ini unsur pemerintah daerah bisa datang berziarah ke makam, Alm Syekh Abdul Wahid ASH,” kata Wabup Ferizal Ridwan, di hadapan pimpinan pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI), Mulyadi, para tokoh masyarakat serta ratusan siswa MTI.

Dalam kesempatan itu, Ferizal yang dikenal ‘ceplas-ceplos’ sempat menyentil, masih rendahnya inisiatif para pejabat untuk datang berziarah ke makam para tokoh pendidikan. Bahkan ia menyebut, pemerintah daerah bisa “kualat” jika sudah tidak menghargai para guru dan tokoh, yang dengan susah payah membangun kecerdasan melalui pendidikan.

Padahal, katanya, kegiatan ziarah ke makam pahlawan atau tokoh pendidikan menjadi agenda prioritas sesuai arahan Kemendiknas secara nasional, untuk memperingati Hardiknas tahun ini. “Saya rasa, ini yang perlu kita sadari bersama. Bagaimana, kita menghargai para pendahulu. Disamping itu, juga melalui kerja nyata, meningkatkan mutu pendidikan dan mengamalkannya, bagi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Putra Lareh Sago Halaban itu menyebut, akan menjadi sebuah keberkahan bagi pemerintah maupun masyarakat, jika terus mendo’akan dan mengenang jasa para pendahulu. Berbagai bencana yang terjadi di Limapuluh Kota, seperti banjir dan longsor bisa jadi akibat kealfaan semua unsur, karena tidak pernah memberi penghargaan atas jasa para tokoh dan pahlawan.

Ferizal menambahkan, pemaknaan hari pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei tahun ini, harus dimaknai dengan perbaikan harga diri, etos kerja sebagaimana wujud revolusi mental. Dalam kunjungannya itu, selain Wabup Ferizal, hadir Kepala Kemenag Gusman Piliang, Kabag Humas M Siebert serta sejumlah pejabat dinas pendidikan.

Pimpinan pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI), Mulyadi, mengaku sangat tersentuh, atas kunjungan ziarah perdana unsur pemerintah daerah yang dipimpin Wabup Ferizal ke makam, Alm Syekh Abdul Wahid ASH. Menurutnya, kepedulian pemkab saat ini, menjadi motivasi bagi pesantren MTI, mengembangkan mutu pendidikan kepada generasi penerus bangsa.

Tak hanya itu, keluarga besar dan pesantren bahkan berniat ingin menjadikan makam Syekh Abdul Wahid, menjadi kawasan wisata religi di Limapuluh Kota. “Jujur, saya tersentuh atas kepedulian kepala daerah saat ini. Kami sebenarnya sudah lama berniat ingin menjadikan tempat ini sebagai wisata religi. Dibuat museum. Dilengkapi fasilitasnya. Kami sudah menyusun draft proposal, untuk diajukan ke pusat,” tuturnya.

Draft proposal itu, katanya, akan dilayangkan ke Kemen PU-PR untuk usulan pembangunan perumahan pesantren di Tabekgadang. Begitu juga kepada, Kemenkes, buat pembangunan pos kesehatan. Tabekgadang, katanya, merupakan daerah lokomotif pendidikan dan pembangunan di Limapuluh Kota. “Warisan ini ingin kami kembangkan, untuk mambangkik batang tarandam,” tuturnya.

Bak gayung bersambut, Wabup merespon segala keinginan keluarga besar Syekh Abdul Wahid dan Pesantren MTI, dengan meminta dinas terkait merespon visi-misi tersebut. Ferizal juga berjanji, bakal membantu penambahan daya listik gedung pesantren dan laptop sebagai operasional. “Ini potensi bagi kita. Bagaimana menarik pengunjung jika disini punya tempat wisata religi. Sentral pendidikan itu disini, bukan di Ujung Batu sana,” selorohnya(humaspemkab)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -