23 C
Padang
Kamis, April 22, 2021
Beritasumbar.com

Moment Hardiknas di isi dengan ziarah
M

Kategori -

LIMAPULUH KOTA,Beritasumbar.com-Momen peringatan Hari Pendidikan Nasional di Limapuluh Kota turut ditandai kegiatan ziarah ke salah satu makam tokoh pendidikan di Tabekgadang, VII Koto Talago, Guguak. Bagi Pemkab Limapuluh Kota, Hardiknas kali ini dimaknai dengan keseriusan, sebagai momen menyalakan pelita, menerangkan cita-cita, mensejahterakan rakyat dengan penguatan daerah.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, dalam prosesi ziarah ke salah satu makam tokoh pendidikan asal Limapuluh Kota, Alm Syekh Abdul Wahid ASH, Senin (2/5) siang. Sebagai kalangan terdidik, tidak hanya pelajar dan kaum pendidik saja, para pejabat di pemerintah daerah juga diminta lebih menghargai, tokoh-tokoh yang sudah berjasa mengembangkan pendidikan di daerah.

“Kami atas nama pemerintah daerah, memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak keluarga dan Yayasan Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) di Tabek Gadang ini. Sebab, baru kali ini unsur pemerintah daerah bisa datang berziarah ke makam, Alm Syekh Abdul Wahid ASH,” kata Wabup Ferizal Ridwan, di hadapan pimpinan pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI), Mulyadi, para tokoh masyarakat serta ratusan siswa MTI.

Dalam kesempatan itu, Ferizal yang dikenal ‘ceplas-ceplos’ sempat menyentil, masih rendahnya inisiatif para pejabat untuk datang berziarah ke makam para tokoh pendidikan. Bahkan ia menyebut, pemerintah daerah bisa “kualat” jika sudah tidak menghargai para guru dan tokoh, yang dengan susah payah membangun kecerdasan melalui pendidikan.

Padahal, katanya, kegiatan ziarah ke makam pahlawan atau tokoh pendidikan menjadi agenda prioritas sesuai arahan Kemendiknas secara nasional, untuk memperingati Hardiknas tahun ini. “Saya rasa, ini yang perlu kita sadari bersama. Bagaimana, kita menghargai para pendahulu. Disamping itu, juga melalui kerja nyata, meningkatkan mutu pendidikan dan mengamalkannya, bagi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Putra Lareh Sago Halaban itu menyebut, akan menjadi sebuah keberkahan bagi pemerintah maupun masyarakat, jika terus mendo’akan dan mengenang jasa para pendahulu. Berbagai bencana yang terjadi di Limapuluh Kota, seperti banjir dan longsor bisa jadi akibat kealfaan semua unsur, karena tidak pernah memberi penghargaan atas jasa para tokoh dan pahlawan.

Ferizal menambahkan, pemaknaan hari pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei tahun ini, harus dimaknai dengan perbaikan harga diri, etos kerja sebagaimana wujud revolusi mental. Dalam kunjungannya itu, selain Wabup Ferizal, hadir Kepala Kemenag Gusman Piliang, Kabag Humas M Siebert serta sejumlah pejabat dinas pendidikan.

Pimpinan pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI), Mulyadi, mengaku sangat tersentuh, atas kunjungan ziarah perdana unsur pemerintah daerah yang dipimpin Wabup Ferizal ke makam, Alm Syekh Abdul Wahid ASH. Menurutnya, kepedulian pemkab saat ini, menjadi motivasi bagi pesantren MTI, mengembangkan mutu pendidikan kepada generasi penerus bangsa.

Tak hanya itu, keluarga besar dan pesantren bahkan berniat ingin menjadikan makam Syekh Abdul Wahid, menjadi kawasan wisata religi di Limapuluh Kota. “Jujur, saya tersentuh atas kepedulian kepala daerah saat ini. Kami sebenarnya sudah lama berniat ingin menjadikan tempat ini sebagai wisata religi. Dibuat museum. Dilengkapi fasilitasnya. Kami sudah menyusun draft proposal, untuk diajukan ke pusat,” tuturnya.

Draft proposal itu, katanya, akan dilayangkan ke Kemen PU-PR untuk usulan pembangunan perumahan pesantren di Tabekgadang. Begitu juga kepada, Kemenkes, buat pembangunan pos kesehatan. Tabekgadang, katanya, merupakan daerah lokomotif pendidikan dan pembangunan di Limapuluh Kota. “Warisan ini ingin kami kembangkan, untuk mambangkik batang tarandam,” tuturnya.

Bak gayung bersambut, Wabup merespon segala keinginan keluarga besar Syekh Abdul Wahid dan Pesantren MTI, dengan meminta dinas terkait merespon visi-misi tersebut. Ferizal juga berjanji, bakal membantu penambahan daya listik gedung pesantren dan laptop sebagai operasional. “Ini potensi bagi kita. Bagaimana menarik pengunjung jika disini punya tempat wisata religi. Sentral pendidikan itu disini, bukan di Ujung Batu sana,” selorohnya(humaspemkab)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ustadz Irsyad Safar Serahkan Bantuan Pemprov Sumbar Untuk Masjid Baitussalam

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Wakil Ketua DPRD Sumbar Ustadz Irsyad Syafar gelar safari Ramadan ke Masjid Baitussalam, Kelurahan Koto Baru Balai Janggo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sabtu malam (17/4).
- Advertisement -

Bersama Kajati Sumbar, Wako Bersafari Ramadhan Ke masjid Muhsinin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi bersama rombongan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat disambut hangat pengurus Masjid dan jamaah Masjid Muhsinin Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (17/4).

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

5 Bangunan Tak Berizin Di Segel Tim Penertiban Bangunan PUPR Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Sebanyak lima bangunan tak berizin dan melanggar peraturan perundang-undangan disegel oleh Tim Penertiban Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, Senin (19/04).

Dukung Rencana Pemko, Ini Agenda Hearing Pansus Aset DPRD Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, DPRD setempat menggelar Rapat Internal Panitia Khusus (Pansus) Aset yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Sabtu (17/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -