30 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Merasa Diabaikan Saat Melahirkan, Seorang Ibu Laporkan Bidan ke Polisi
M

Kategori -

Sijunjung, BeritaSumbar.com–Rintisan seorang ibu, merasa diabaikan ketika melahirkan bayi mungilnya, Syahri Ramadhona (35 th) melaporkan Bidan Erni Sumartides ke Polres Sijunjung.
Pelaporan ini dilakukan Syahri Ramadhana pada Selasa 9 Juni 2020 sekitar pukul13.30 WIB,dengan surat laporan nomor:STPLP/05/VI/2020/Res Sijunjung, Kata Syahri Ramadhona yang dampingi Suaminya dan Wahyu Damsi dari perwakilan Bakorwil KPK Tipikor Sijunjung dalam acara jumpa pers di vista Muaro Sijunjung Jumat (12/6).
Menurut Syahri Ramadhona, kami terpaksa membawa kasus ini ke jalur hukum, karena tidak ada niat baik dari Bidan Erni Sumartides sejak kematian bayi kami, minggu (19/4) lalu.
Adapun kronologis peristiwa memilukan yang dialami Syahri Ramadhona, pada hari Sabtu (18/4/20) dia melakukan persalinan di praktek mandiri bidan Erni Sumartides di nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung. Setelah bayi lahir, pada pukul 05.45 WIB, sekitar pukul 08.00 WIB, kondisi bayinya menghitam, lalu dilaporkan kepada asisten bidan Erni. Karena Bidan Erni tidak berada ditempat, menurut informasi yang bersangkutan lagi dinas di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung yang berjarak lebih kurang 15 kilometer dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), pada hari itu bukan hari kerja.jelas Syahri Ramadhona.
Menurut asisten bidan ini, kondisi bayi seperti ini, hal yang biasa, karena kipas angin.pada pukul 11.00 WIB dilaporkan lagi, sayang Bidan Erni juga tidak datang melihat kondisi bayi kami. Sampai kami di perbolehkan pulang sore itu, kemudian bayi kami diberinya Susu lactogen l. Pada hal Syahri Ramadhona mengatakan bahwa ASInya akan ada pada hari kedua setelah melahirkan, selama ini 3 orang anaknya selalu minum ASI, jelas Syahri ketika itu.
Yang kami sesalkan, sejak baru datang sang ibu tidak pernah diperiksa tensi, denyut nadi dan yang lainnya. Begitu juga setelah bayi lahir tidak mendapat perawatan dan perhatian dari bidan Erni.sehingga kondisi bayi tersebut semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia.
Akibat kelalaian bidan erni ini terpaksa kita laporkan ke polres Sijunjung, karena tidak ada indikasi dari pihak bidan erni yang juga kasi pelayanan kesehatan di dinas kesehatan Sijunjung, begitu juga kadis kesehatan untuk menyelesaikan masalah secara baik.
Para pejabat di dinas kesehatan merasa tidak bersalah, pada hal persoalan yang kami alami ini, jelas-jelas karena kelalaian bidan Erni dalam menjalankan tugasnya selaku membuka praktek.
Jangan sampai kematian bayi kami ini, sia-sia, dan bisa menimpa bayi-bayi lainnya, bila yang bersangkutan tidak dilakukan tindakan hukum, harap Syahri.(alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -