32 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Menuju Digitalisasi Madrasah, Guru MTsN 2 Solok Olah Nilai Siswa Gunakan ARD
M

Kategori -
- Advertisement -

Kabupaten Solok, beritasumbar.com –   Penilaian Akhir Semester Ganjil TP. 2022/2023 di MTsN 2 Solok telah usai. Saatnya guru-guru mulai disibukkan dengan  pengolahan nilai siswa. Guna mewujudkan digitalisasi madrasah, semester ganjil ini MTsN 2 Solok mulai melakukan pengolahan nilai dalam Aplikasi Raport Digital (ARD), Selasa (13/12).

Menurut Wakil Kurikulum MTsN 2 Solok, Dasmawati, S.Ag., nilai yang akan diolah meliputi penilaian pengetahuan, keterampilan, spiritual dan sosial siswa selama kegiatan belajar dalam satu semester.

“Untuk mengolah nilai rapor terlebih dahulu guru menyiapkan nilai yang akan dimasukkan kedalam aplikasi ARD.
Nilai ini meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, sikap sosial, dan Nilai PTS,” ungkapnya

Setelah nilai itu terkumpulkan, guru menginputkan nilai mata pelajaran masing-masing, jika sudah selesai menginputkan nilai dalam ARD langsung dikirim, setelah ity wali kelas sudah dapat melihat nilai bidang studi yang bersangkutan. Kemudian wali kelas mencetak Raport.

“Dengan adanya aplikasi ARD sangat memudahkan guru dalam mengolah dan mengirimkan nilai kepada wali kelas, begitu juga wali kelas, seluruh nilai bidang studi otomatis masuk ke dalam Aplikasi ARD wali kelas. Jadi, wali kelas tidak susah lagi menyalin nilai dari setiap guru mata pelajaran,” jelas Wakil Kurikulum itu

Menurut Kepala MTsN 2 Solok, H. Maidison, S.Pd sesuai dengan program Kementerian Agama yaitu Digitalisasi Madrasah, “Alhamdulillah MTsN 2 Solok menuju ke sana, dengan adanya Aplikasi Raport Digital memudahkan proses pengolahan nilai raport, baik bagi guru mata pelajaran maupun bagi wali kelas,” ujar Kemad.

“Alhamdulillah, madrasah-madrasah di Kabupaten Solok sudah menggunakan Aplikasi Raport Digital mulai semester ini. InsyaAllah ini lebih memudahkan bagi guru-guru madrasah dalam mengisi nilai siswa,” ungkap H. Zulkifli, Kakan Kemenag Kab. Solok saat dihubungi tim media. (Fitria)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img