26 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mengoptimalkan kembali kinerja dokter kecil : KKN UNAND mengadakan pelatihan dokter kecil di SD N 05 Sungai Lansiangan, Malalak
M

Kategori -
- Advertisement -

Agam,Beritasumbar.com,-Mahasiswa/i KKN Universitas Andalas yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Ulfanora S.H., M.H. melakukan program kerja bidang kesehatan yaitu mengadakan pelatihan dokter kecil di SD N 05 Sungai Lansiangan, hari selasa (11/08/2023).

Dokter kecil merupakan salah satu program di sekolah yang bertujuan untuk melatih siswa-siswi terpilih sebagai contoh dan koordinator dalam pelayanan kesehatan sederhana di sekolah. Kegiatan dokter kecil antara lain membimbing dan memberikan penolongan pertama pada teman yang sakit ke UKS, pengamatan kebersihan, membantu guru terutama dalam hal kesehatan atau UKS sekolah dan lain sejenisnya. Hal ini menjadi landasan bagi mahasiswa/i KKN UNAND untuk mengoptimalkan kembali kinerja dokter kecil di SD N 05 Sungai Lansiangan.

Program kerja ini diketuai oleh Zifa Amanda Ulti, mahasiswi tahun ketiga jurusan Pendidikan Dokter Universitas Andalas, Zifa mengatakan “Dengan latar pendidikan yang sedang saya jalani, saya juga ingin berbagi ilmu dan semangat serta motivasi kepada adik-adik dokter kecil di SD N 05 Sungai Lansiangan, semoga dengan ilmu yang saya berikan dapat bermanfaat dan menjadi amal jariyah”.

Tambahan, Zifa juga menjelaskan bahwasanya untuk penyampaian materi mengenai dokter kecil ini juga disampaikan oleh Farhan Fadhil, mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat, Roza Armayuni mahasiswi jurusan Keperawatan, Dina Mardia Tarigan, mahasiswi jurusan gizi, dan Alykha Khairani Syarif mahasiswi jurusan Kedokteran Gigi. Dalam pelaksanaanya kegiatan ini juga dibantu oleh teman-teman KKN lainya.

Meski kegiatan pelatihan dokter kecil dilakukan pada siang hari seusai pulang sekolah, kegiatan ini disambut dengan penuh semangat oleh adik-adik dokter kecil, kegiatan ini dilakukan mulai dari pukul 10.30 hingga pukul 12.10, pelatihan ini ditujukan kepada 8 orang dokter kecil yang telah terpilih di SD N 05 Sungai Lansiangan. Kegiatan dokter kecil ini bertujuan untuk memantapkan pengetahuan dari adik-adik dokter kecil supaya mempunyai wawasan dan pengetahuan yang lebih lagi ketika menghadapi teman atau keluarga yang sakit. Untuk Materi yang diberikan antara lain :

1. Pengertian, tugas dan syarat dari dokter kecil.

2. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mandi, kebersihan pakaian, makanan yang seimbang, kebersihan gigi dan mulut, dan menciptakan lingkungan yang sehat.

3. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) seperti cara menangani orang pingsan dan kecelakaan dan cara membalut luka

4. Pencegahan penyakit menular : penyakit kulit, penyakit TBC, ISPA dan Diare

Untuk respon dari guru-guru dan wali murid serta adik-adik siswa-siswi SD 05 Sungai Lansiangan  sangat disambut baik. Untuk adik-adik siswa-siswi dokter kecil juga memperhatikan dengan baik terkait materi yang diberikan, lalu juga aktif bertanya diakhir kegiatan.

Ibu Yunerti. S.Pd selaku guru SD N 05 Sungai Lansiangan mengatakan, “Alhamdulillah kami kedatangan mahasiswa-mahasiswi kkn dari beragam jurusan  dan materinya disampaikan juga oleh kakak-kakak dari beragam jurusan kesehatan serta memberikan semangat yang lebih lagi kepada adik-adik dokter kecil, saya juga berharap diantara dokter kecil ini ada yang menjadi dokter suatu saat nanti, aamiin, sekali lagi terima kasih banyak ya”.

(Suwanda Alfasha/Mahasiswa KKN UNAND)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img