26 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Mengembangkan Objek Wisata Solok Selatan Dengan Pengelolaan Public-Private Partnership
M

Oleh: Drs. Yufrizal, MM (Staff Bappeda Solok Selatan)

Siapa yang tak kenal Pulau Bali, bahkan gaungnya di mancaranegara tidak diragukan lagi. Bali lebih dikenal dari Indonesia sendiri. Bali merupakan daerah wisata berkelas Internasional yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

Di Indonesia belahan timur kita kenal pula dengan Wakatobi dengan kekayaan laut yang memanjakan mata. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kabinet SBY) Mari Elka Pangestu bahwa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki potensi luar biasa besar dan mampu menjadi destinasi utama karena menjual Wakatobi sebagai titik selam berkelas dunia. Wakatobi juga merupakan salah satu dari 16 Kawasan Strategi Nasional Pariwisata unggulan yang dikembangkan.

Berbagai manajemen dan kebijakan untuk pengembangan pariwisata dibuat. Ada dengan promosi yang gencar, dengan menggelar event-event pendukung seperti adanya lomba sepeda gunung, lomba arung jeram dan termasuk event terbesar di Sumatera Barat “ Tour De Singkarak” yang sudah mendunia.

Memang potensi alam Indonesia merupakan rahmat terbesar dari yang maha kuasa, setiap daerah memiliki potensi dan peluang untuk lebih meningkatkan pariwisata. Baik pariwisata alam, budaya, maupun wisata kuliner.

Kabupaten Solok Selatan terletak di selatan propinsi Sumatera Barat. Daerah ini dijajaran bukit barisan yang diapit oleh Taman Nasional “Kerinci Seblat” merupakan daerah yang amat kaya dari segi potensi alam, hasil bumi, kekayaan flora dan fauna, kekayaan dengan budaya. Daerah yang dikenal dengan negeri “Seribu Sungai”, karena disini terdapat banyak sungai besar berpotensi pula untuk pembangkit tenaga listrik PLTMH. Memiliki air terjun-air terjun yang sangat indah seperti air terjun timbulun, malanca, tangsi Ampek dll.

Budaya di Solok Selatan yang tertata baik, dengan ciri khas budaya Minang Kabau, dibuktikan dengan semboyan Negeri “Seribu Rumah Gadang” memiliki perkampungan tradisional yang masih menempati rumah adat. Rumah adat yang cantik bergonjong merupakan pemandangan yang indah dan penuh makna.

Besar harapan Solok Selatan mampu sejajar dengan daerah lain dalam pengembangan objek wisata. Tentu ada keinginan dan semangat wisata Solok Selatan dikenal seperti danau Toba, Wakatobi dsb. Dan ada mimpi besar menjadikan Solok Selatan sebagai daerah tujuan ( destinasi ) pariwisata nasional dan internasional tentunya.

Semua berpulang kepada komitmen pemerintah, masyarakat dan lembaga lain maupun para investor untuk dapat melihat peluang terbesar dari potensi wisata yang ada. Suatu waktu mungkin saja wisata Solok Selatan menjadi berkelas dunia seperti Bali, Wakatobi.

Permasalahan dalam pengembangan objek wisata sangat bervariasi antar daerah. Untuk Kabupaten Solok Selatan ada beberapa kendala yang dihadapi, sehingga perkembangan objek wisata belum maksimal.

Akses jalan utama dalam hal ini jalan propinsi yang menghubungkan Solok Selatan dengan Kota Padang masih belum maksimal untuk perjalanan yang menyenangkan.

Jalan propinsi yang menuju Solok Selatan yang melewati Kabupaten Solok sempit dan sering terjadi longsor dan banjir. Akses jalan alternatif atau jalan lintas yang menghubungkan Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten sekitarnya juga belum ada, sehingga kita ke Solok Selatan hanya melewati satu jalur jalan. Artinya, orang mengunjungi Solok Selatan benar-benar merupakan destinasi satu-satunya.

Padahal Solok Selatan berdampingan dengan Dharmasraya dan Pesisir Selatan yang juga memiliki wisata pantai yang indah, pantai “Carocok” Alam Solok Selatan dengan potensi terbesarnya berupa pemandangan air terjun, arena arung jeram Sumber Air Panas alami dan lainnya sebagian besar terletak dikawasan hutan lindung TNKS, diperlukan birokrasi dan perizinan yang cukup rumit. Ketebatasan investasi pemerintah. Dengan kondisi keuangan daerah sangat terbatas untuk dapat investasi dan membangun objek wisata karena Pendapatan Asli Daerah yang masih relative rendah.

Untuk itu, sangat dibutuhkan keterlibatan para investor dalam mengembangkan objek wisata dengan pola kemitraan dengan pihak swasta yang dikenal dengan system Public-Private Partnership ( PPP) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 67 tahun 2005 yang direvisi menjadi Peraturan Presiden No.13 tahun 2010 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Bidang Penyediaan Infrastruktur.

Dari beberapa kendala di atas, ada peluang terbesar kita untuk tetap mengembangkan objek wisata yang ada. Dengan lebih intensif memperkenalkan wisata Solok Selatan kepada para calon investor. Perlu lebih intensif menjalin kerja sama dengan pola Public-Private Partnership (PPP), melibatkan juga lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat di Perguruan Tinggi dalam pengembangan wisata yang mungkin dapat dikembangkan dengan baik.

Dengan pola ini pemerintah nantinya akan memperoleh Pendapatan Asli Daerah untuk meningkatkan perekonomian dan pembangunan didaerah, tanpa harus pula investasi berupa modal bergerak.

Tugas berat kita adalah, bagaimana mewujudkan kerja sama dengan lembaga swasta. Agar perusahaan swasta tertarik untuk bekerjasama dalam pengembangan wisata yang ada di Solok Selatan.

Memperkenalkan wisata dengan menggelar terlebih dahulu event-event yang berkelas regional atau internasional. Dengan begitu, dunia swasta akan melirik Solok Selatan dan menemukan peluang-peluang untuk kerjasama.

Suatu hal yang tak mustahil nantinya, area penerjunan “kayak” di Solok Selatan menjadi kalender kelas dunia. Atau bisa saja nantinya Solok Selatan merupakan destinasi semua paket wisata. Karena kita memiliki wisata alam yang kaya, wisata budaya, agro wisata, juga memiliki berjenis kuliner serta tanda mata yang beragam dan termasuk jalur pendakian gunung Kerinci. Semoga

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seluruh Jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Takbiran Virtual

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, beserta seluruh jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Semarak Malam Takbiran Idhul Adha Virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Senin (19/07/2021) Pukul 19.30 Wib secara Virtual via Zoom Meeting, Channel You Tube, Tv Nasional, dan Medsos Kementerian Agama Republik Indonesia
- Advertisement -

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -