32 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Menag Resmikan Rusunawa PPM Al Kautsar Muhamadiyah Lima Puluh Kota
M

Sarilamak, Kab. 50 Kota–Ditengah kesibukannya dalam memberikan pelayanan terhadap umat sekaligus mengkoordinir pelaksanaan tugas di bidang agama dan keagamaan di jajaran Kementerian Agama Republik Indonesia, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin yang baru saja pulang menghadiri Tanwir I Nasyiatul Aisyiyah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (3/11) malam, siang ini Menteri Agama melanjutkan kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Barat.

Sebagaimana terlihat siang ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah di Sarilamak Kab. Lima Puluh Kota.Lukman Hakim yang hadir bersama Ny. Willy Lukman. Menag juga didampingi Direktur Pendis dan Kabiro Umum Kemenag RI. Menag Lukman Hakim Saifudin dalam kunjungan kerjanya di Kab. 50 Kota hari ini,  Sabtu (04/11) juga didampingi langsung Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat dengan pengawalan voreigder dari polri.

Pengguntingan pita oleh Menag, Lukman Hakim Saifudin didampingi Ny. Willy dan Forkopimda

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan  pengguntingan pita oleh Menag disaksikan Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu’thi, Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi, Kakanwil diwakili, Kabid Pakis, Kardinal, Kepala Kankemenag Kab. 50 Kota, Ramza Husmen, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber, Kapolres diwaliki Wakapolres, Eridal, serta tokoh agama, pengasuh pesantren, dan ratusan santri dan tamu undangan.

Menag Lukman menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga besar Muhammadiyah yang telah ikut menjalankan misi Kemenag agar kualitas kehidupan keagamaan dan pendidikan Islam, serta kerukunan semakin baik. Menurutnya, pendidikan sangat dan mendasar dalam meningkatkan kualitas masyarakat.

“Kuasai Kutub Al Mu’tabarah dan jaga kemampuan nalar agar teks senantiasa relevan dalam merespon kebutuhan zaman,” pesan Menag kepada para santri

“Jadilah 100 persen orang Indonesia dan 100 persen muslim,” sambungnya.

Sebelumnya, Abdul Mu’thi menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang baik antara Kemenag dengan Muhammadiyah. “Kehadiran Menag menjadi bukti bahwa sinergi berjalan baik,” tuturnya.

Menurut Mu’thi, pesantren kini menjadi bagian dari lembaga pendidikan Muhammadiyah. Dia mengaku bahwa Muhammadiyah masih relatif tertinggal dengan NU dalam pengembangan pesantren. Saat ini ada 200 pondok Muhammadiyah yang berkumpul dalam Ittihadul Ma’had Muhammadiyah (ITMAM).

“Pesantren Muhammadiyah bagian upaya kami meningkatkan kualitas generasi bangsa dalam bidang agama. Juga upaya untuk terus dapat membangun generasi yang memiliki kualitas ilmu umum dan agama,” katanya.

“Muhammadiyah harus banyak mengejar ketinggalan dalam ilmu agama, khususnya pesantren, karena ini wilayah baru,” sambungnya.

Pimpinan PP Al Kautsar Dafri Harweli menjelaskan, pembangunan rusunawa dimukai pada tahun 2016 atas bantuan Kemenpupr senilai Rp12miliar.

Rusunawa dibangun 3 lantai dengan luas bangunan 2.494 meter persegi. Tiap lantai ada 4 kamar. Terdiri dari 2 kamar besar dan 2 kamar sedang. Kamar besar dihuni 22 santri per kamar, sedang kamar sedang di huni 14 santri per kamar.

“Total kapasitas rusunawa lebih kurang akan dihuni 216 santri,” ujarnya.

Dafri Harweli menambahkan, PP Al Kautsar didirikan oleh H Lukman Harun (alm) sebagai Pusat Pengkaderan Ulama, Pemimpin, dan Pelanjut Perjuangan Muhammadiyah dan bangsa pada tahun 1989. Pesantren ini merupakan satu-satunya ponpes Muhammadiyah di Kab. Lima Puluh Kota.

Pesantren ini menyelenggarakan pendidikan MTs dan MA. Program unggulannya adalah Tahfizh Al Qur’an dengan sistem one day one ayat, Tahsinul Qira’ah (muwajjad dan murattal), serta Syarhil Qur’an tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab).

Penuh akrab, Bupati Irfendi Arbi serahkan cinderamata kepada Menag, Lukman hakim saifudin

Kesempatan ini juga dirangkai dengan penyerahan cinderamata oleh Bupati, Irfendi Arbi dan Mudir, Dafri Harweli kepada Menteri Agama yang disaksikan langsung Wagub, Nasrul Abit dan Anggota DPRD bersama Kepala kankemenag Liko, Ramza Husmen.

Ditempat yang sama, Kepala kankemenag Liko, Ramza Husmen menyampaikan ucapan terima kasih kepada menteri agama dan semua unsur yang terlibat dalam kelancaran peresmian rusunawa ini.

” Kami sangat berterima kasih kepada menag, Pemkab 50 kota, Jajaran kankemenag, PP Muhammadiyah dengan segenap unsur kepengurusan serta semua pihak terkait. Bahwa di jajaran kankemenag Liko saat ini ada 12 pondok pesantren. PPM Al Kautsar yang tampil sebagai ponpes world class education dengan berbagai penghargaan dan prestasi. Ponpes merupakan wadah pencetak kader ulama masa depan, dan PPM Al Kautsar dipimpin oleh mudir yang energik,” terang Ramza Husmen.ul

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)
- Advertisement -

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -