24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Menag Resmikan Rusunawa PPM Al Kautsar Muhamadiyah Lima Puluh Kota
M

Sarilamak, Kab. 50 Kota–Ditengah kesibukannya dalam memberikan pelayanan terhadap umat sekaligus mengkoordinir pelaksanaan tugas di bidang agama dan keagamaan di jajaran Kementerian Agama Republik Indonesia, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin yang baru saja pulang menghadiri Tanwir I Nasyiatul Aisyiyah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (3/11) malam, siang ini Menteri Agama melanjutkan kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Barat.

Sebagaimana terlihat siang ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah di Sarilamak Kab. Lima Puluh Kota.Lukman Hakim yang hadir bersama Ny. Willy Lukman. Menag juga didampingi Direktur Pendis dan Kabiro Umum Kemenag RI. Menag Lukman Hakim Saifudin dalam kunjungan kerjanya di Kab. 50 Kota hari ini,  Sabtu (04/11) juga didampingi langsung Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat dengan pengawalan voreigder dari polri.

Pengguntingan pita oleh Menag, Lukman Hakim Saifudin didampingi Ny. Willy dan Forkopimda

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan  pengguntingan pita oleh Menag disaksikan Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu’thi, Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi, Kakanwil diwakili, Kabid Pakis, Kardinal, Kepala Kankemenag Kab. 50 Kota, Ramza Husmen, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber, Kapolres diwaliki Wakapolres, Eridal, serta tokoh agama, pengasuh pesantren, dan ratusan santri dan tamu undangan.

Menag Lukman menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga besar Muhammadiyah yang telah ikut menjalankan misi Kemenag agar kualitas kehidupan keagamaan dan pendidikan Islam, serta kerukunan semakin baik. Menurutnya, pendidikan sangat dan mendasar dalam meningkatkan kualitas masyarakat.

“Kuasai Kutub Al Mu’tabarah dan jaga kemampuan nalar agar teks senantiasa relevan dalam merespon kebutuhan zaman,” pesan Menag kepada para santri

“Jadilah 100 persen orang Indonesia dan 100 persen muslim,” sambungnya.

Sebelumnya, Abdul Mu’thi menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang baik antara Kemenag dengan Muhammadiyah. “Kehadiran Menag menjadi bukti bahwa sinergi berjalan baik,” tuturnya.

Menurut Mu’thi, pesantren kini menjadi bagian dari lembaga pendidikan Muhammadiyah. Dia mengaku bahwa Muhammadiyah masih relatif tertinggal dengan NU dalam pengembangan pesantren. Saat ini ada 200 pondok Muhammadiyah yang berkumpul dalam Ittihadul Ma’had Muhammadiyah (ITMAM).

“Pesantren Muhammadiyah bagian upaya kami meningkatkan kualitas generasi bangsa dalam bidang agama. Juga upaya untuk terus dapat membangun generasi yang memiliki kualitas ilmu umum dan agama,” katanya.

“Muhammadiyah harus banyak mengejar ketinggalan dalam ilmu agama, khususnya pesantren, karena ini wilayah baru,” sambungnya.

Pimpinan PP Al Kautsar Dafri Harweli menjelaskan, pembangunan rusunawa dimukai pada tahun 2016 atas bantuan Kemenpupr senilai Rp12miliar.

Rusunawa dibangun 3 lantai dengan luas bangunan 2.494 meter persegi. Tiap lantai ada 4 kamar. Terdiri dari 2 kamar besar dan 2 kamar sedang. Kamar besar dihuni 22 santri per kamar, sedang kamar sedang di huni 14 santri per kamar.

“Total kapasitas rusunawa lebih kurang akan dihuni 216 santri,” ujarnya.

Dafri Harweli menambahkan, PP Al Kautsar didirikan oleh H Lukman Harun (alm) sebagai Pusat Pengkaderan Ulama, Pemimpin, dan Pelanjut Perjuangan Muhammadiyah dan bangsa pada tahun 1989. Pesantren ini merupakan satu-satunya ponpes Muhammadiyah di Kab. Lima Puluh Kota.

Pesantren ini menyelenggarakan pendidikan MTs dan MA. Program unggulannya adalah Tahfizh Al Qur’an dengan sistem one day one ayat, Tahsinul Qira’ah (muwajjad dan murattal), serta Syarhil Qur’an tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab).

Penuh akrab, Bupati Irfendi Arbi serahkan cinderamata kepada Menag, Lukman hakim saifudin

Kesempatan ini juga dirangkai dengan penyerahan cinderamata oleh Bupati, Irfendi Arbi dan Mudir, Dafri Harweli kepada Menteri Agama yang disaksikan langsung Wagub, Nasrul Abit dan Anggota DPRD bersama Kepala kankemenag Liko, Ramza Husmen.

Ditempat yang sama, Kepala kankemenag Liko, Ramza Husmen menyampaikan ucapan terima kasih kepada menteri agama dan semua unsur yang terlibat dalam kelancaran peresmian rusunawa ini.

” Kami sangat berterima kasih kepada menag, Pemkab 50 kota, Jajaran kankemenag, PP Muhammadiyah dengan segenap unsur kepengurusan serta semua pihak terkait. Bahwa di jajaran kankemenag Liko saat ini ada 12 pondok pesantren. PPM Al Kautsar yang tampil sebagai ponpes world class education dengan berbagai penghargaan dan prestasi. Ponpes merupakan wadah pencetak kader ulama masa depan, dan PPM Al Kautsar dipimpin oleh mudir yang energik,” terang Ramza Husmen.ul

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dokter Bek : Pasien Covid-19 Meninggal Kemarin, Hasil Swab Baru Keluar Hari Ini

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. BM, laki-laki (67), warga Padang Tangah Payobadar yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan gejala demam, batuk serta lemah anggota gerak dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.
- Advertisement -

Dukung Rencana Pemko, Ini Agenda Hearing Pansus Aset DPRD Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, DPRD setempat menggelar Rapat Internal Panitia Khusus (Pansus) Aset yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Sabtu (17/4).

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.
- Advertisement -

Wabup Limapuluh Kota Pimpin Rapat Pembahasan Geopark

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri Pimpin Rapat Pembahasan Geopark Senin ( 19/04/2021 ) di Ruang Rapat Bupati Limapuluh Kota.

Wawako Buka Pesantren Ramadhan Sagara Muhapa

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Dengan mengusung tema “perbanyak ibadah, ilmu bertambah, Ramadhan berkah”, Sagara Muhapa (semarak gema Ramadhan SMP Muhammadiyah Payakumbuh) gelar kegiatan pesantren Ramadhan tahun 2021, di Mesjid Ansharullah Muhammadiyah Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...

Hindari Dampak Lingkungan Saat Kelola SDA, Pemkab Sijunjung Buat KLHS

Sijunjung, beritasumbar.com - Kabupaten Sijunjung memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang banyak, seperti Batubara, Batu Kapur, Batu Mangan, Batu Marmar, Batu Granik, Emas dan...

Dokter Bek : Pasien Covid-19 Meninggal Kemarin, Hasil Swab Baru Keluar Hari Ini

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. BM, laki-laki (67), warga Padang Tangah Payobadar yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan gejala demam, batuk serta lemah anggota gerak dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Walikota dan Kapolres komit Atas Keputusan Pemerintah Menghadapi pengamanan Idul Fitri 1442 H

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berdasarkan surat telegram Kapolda Sumbar nomor : STR/1235/VI/OPS.1.1/2021 tanggal 20 April 2021, Polres Payakumbuh menerima undangan zoom meeting Rakor lintas sektoral Ops Ketupat SGL 2021.

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Pelatihan Rendang Go Digital Oleh Pertamina, Peserta Diberi Materi “Dagiangnyo Bana”

ayakumbuh,BeritaSumbar.com,- 40 orang pengusaha Randang telah mengikuti pelatihan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce dilaksanakan oleh BUMN Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh selama dua hari, bahkan mereka mendapat bantuan tabung LPG Bright Gas ukuran 5 Kg.

Asyik Mabuk Lem Konsumsi Miras, 5 Remaja Diamankan Pol PP

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di bulan suci ramadhan yang suci dan penuh berkah, Pemerintah Kota Payakumbuh terus membuktikan komitmen untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bebas dari segala bentuk maksiat dan penyakit masyarakat.

Hadiri Vaksinasi Kedua, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Selalu Patuhi Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama pada tanggal 23 Maret 2021 yang langsung disaksikan oleh walikota Riza Falepi, tepat pada hari Selasa (20/4/2021) kembali dilaksanakan proses vaksinasi kedua yang bertempat di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -